GenK LIFE

Lagi Cemas? Ini 9 Teh Herbal yang Ampuh Usir Stres dan Kecemasan!

Aroma khas teh panas emang efektif banget untuk memberikan efek menenangkan ketika pikiran suntuk dan batin terasa lelah dengan segala aktivitas duniawi. Selain mengusir stres, menghirup teh di pagi hari juga bisa meningkatkan produktivitasmu, lho. Teh juga bisa diandalkan, lho, untuk mengusir stres yang datang berbarengan dengan kecemasan yang bikin kesehatan fisik serta mentalmu terganggu. Berikut ini adalah 9 jenis teh herbal yang efektif menghilangkan stres maupun kecemasan yang datang menyerang di saat-saat tak terduga:

Teh Chamomile

teh herbal

Sumber Gambar : toiimg.com

Nggak perlu dipertanyakan lagi manfaat yang ditawarkan teh herbal satu ini. Efek menenangkan dan menyejukkan yang terkandung di dalam bunga chamomile sangat bagus untuk mengurangi stres, kecemasan, depresi, bahkan mengatasi insomnia. Cocok banget untuk kamu-kamu yang sering kesulitan untuk tidur di malam hari, nih, guys. So, pastikan kamu punya persediaan teh chamomile di rumah, ya.

Teh Lavender

teh herbal

Sumber Gambar : Pinterest

Udah sejak lama lavender digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai produk perawatan karena kemampuannya yang efektif menstabilkan mood serta menenangkan emosi. Kamu akan mendapatkan manfaat menakjubkan yang sama ketika meminum teh herbal yang terbuat dari bunga lavender. Teh ini juga ampuh mengatasi stres dan kecemasan, serta efektif juga untuk mengobati insomnia.

Teh Peppermint

teh herbal

Sumber Gambar : thelist.com

Bahan herbal satu ini juga nggak kalah ampuh untuk menghilangkan stres dan kecemasan yang kamu rasakan, lho. Efek menenangkan dalam daun peppermint karena adanya ekstra mentol, berperan untuk melemaskan otot-ototmu yang tegang karena stres. Minum dan menghirup aroma teh peppermint dan yang segar sekaligus menenangkan bisa jadi obat ampuh untuk menghilangkan kecemasan.

Teh Hijau

teh herbal

Sumber Gambar : insider.com

Kaya akan kandungan asam amino yang disebut I-theanine, teh hijau dipercaya dapat meningkatkan neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin yang efektif mengurangi stres serta kecemasan secara signifikan. Berkat manfaatnya yang hebat, teh hijau sekarang ini sudah jadi bagian nggak terpisahkan dari healthy lifestyle modern, lho.

Baca Juga :   Ini 10 Jenis Human Feeling yang Sering Kita Rasakan Tapi Jarang Diketahui

Teh Rosemary

Sumber Gambar : squarespace

Nah, kalau daun herbal yang ini dikenal dengan aroma harum dan berbagai khasiatnya untuk kesehatan, nih. Berkat kemampuannya memicu bagian otak yang berkaitan dengan stres dan kecemasan, yups, rosemary ampuh banget membantu meningkatkan kinerja kognitif. Meminum teh rosemary bisa meningkatkan suasana hatimu yang lagi down banget.

Teh Akar Valerian

Sumber Gambar : doctoroz.com

Ekstrak akar valerian ini diperkaya dengan kandungan asam isovaleric, asam valeric dan juga tinggi antioksidan. So, nggak perlu diragukan lagi, kalau kamu minum teh akar valerian, tingkat kecemasanmu dijamin menurun. Selain itu, kualitas tidurmu pun bakalan meningkat, karena teh herbal yang bisa kamu temukan di supermarket ini akan membantu menenangkan pikiran dan membuatmu lebih rileks, guys.

Teh Bunga Markisa

Sumber Gambar : squarespace

Pernah dengar teh bunga markisa belum, nih, guys? Bunga markisa ternyata termasuk salah satu tanaman herbal yang nggak kalah ampuh mengusir stres dan kecemasan, lho. Bunga markisa mengandung flavone Chrysin yang punya efek sedatif dan ansiolitik yang efektif menghilangkan stres disertai kecemasan ketika kamu meminumnya.

Teh Kava

Sumber Gambar : thelist.com

Asal tanaman Kava ini dari Kepulauan Pasifik. Dan teh herbal Kava belakangan ini mulai populer di Asia karena sifatnya yang ampuh mengobati kecemasan. Bahkan menurut penelitian terbaru, mengkonsumsi seduhan Kava sangat bagus untuk wanita perimenopause karena bisa membantu meningkatkan mood, terutama yang berhubungan dengan emosi negatif. Wow!

Teh Krisan

Sumber Gambar : bonteacafe.com

Dan tanaman herbal berikutnya yang sama efektifnya dalam menurunkan gejala kecemasan adalah air seduhan bunga krisan. Teh krisan punya efek mendinginkan serta menenangkan. Jadi, ketika kamu menghirup aroma dan juga air seduhan bunga krisan, rasa cemas dan gejala stres pada pikiran dan tubuh bisa langsung pergi.

 

Itulah 9 teh herbal yang wajib banget ada di lemari dapurmu karena manfaatnya yang oke banget untuk mengatasi gejala kecemasan.

About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Diet Pegan, Tren Unik yang Lagi Hits di Tahun 2021

GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!