GenK LIFE

Lagi Fokus Ngerjain Skripsi? Ini Tips Biar Lebih Semangat Lagi!

Ngerjain Skripsi

Bagi para mahasiswa semester akhir, skripsi adalah salah satu tahapan yang wajib dilalui sebelum dapat menyelesaikan tahap perkuliahan. Ada berbagai cara yang dilakukan dalam menyelesaikan skripsi. Mulai dari riset, konsultasi dengan dosen pembimbing, pengolahan data, hingga mengetik skripsi dengan format yang sudah ditentukan oleh institusi atau kampus. Secara tidak sadar, terkadang hal ini malah membuat para mahasiswa jadi kehilangan mood karena terlalu fokus di dalam menyusun skripsi hingga akhirnya malah menunda untuk pengerjaan skripsi itu. Nah, kalau kamu sedang merasa kurang semangat di dalam mengerjakan skripsi, kamu datang di tempat yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menambah semangat dan menjadi lebih fokus di dalam ngerjain skripsi. Simak artikel ini sampai selesai, Ya.

Berikan Self Reward Ketika Kamu Sudah Menyelesaikan 1 Tahap

Sumber Gambar : Kredivo

Disaat sedang menyusun skripsi, ada beberapa bagian yang wajib dikerjakan secara berurutan. Mulai dari pengenalan atau latar belakang, permasalahan, landasan teori, metodologi, dan lain sebagainya. Di dalam mengerjakan bagian-bagian tersebut, pasti kamu memerlukan cara pengerjaan yang berbeda satu sama lain. Nah, jika kamu mulai merasa bosan atau baru mau mulai menyusun skirpsi, ada baiknya kamu mencoba memberikan self-reweard bagi dirimu sendiri. Kamu dapat memberikan diri kamu berbagai macam hal

Kalau Sudah Lelah, Istirahatlah

Sumber Gambar : TopCareerID

Masing-masing orang tentunya memiliki kapasitas yang berbeda satu sama lain. Jadi apabila kamu sudah mulai lelah mengerjakan skirpsi, cobalah untuk mengistirahatkan tubuhmu. Jangan sampai, kamu malah memaksakan diri hingga membuat kondisi fisik dan mentalmu menjadi drop. Jika kondisi sudah drop, mau tidak mau, semangat juang kamu di dalam mengerjakan skripsi pasti akan mulai hilang.

Baca Juga :   Buat Yang Hobi Minum Es Teh Manis, Coba Baca Ini, Deh!

Tapi ada hal yang harus kamu ingat juga. Jangan terlalu lama istirahat, Ya. ingat kalau kamu masih harus menyelesaikan semua tugasmu.

Kerjakan di Tempat Yang Nyaman

Sumber Gambar : Fastwork.id

Yang namanya mahasiswa, pasti identik dengan kamar kos. Nah biasanya karena masalah Pandemi atau karena masalah budget, ada banyak mahasiswa yang mengerjakan skripsi mereka di dalam kamar kos secara terus  menerus. Agar semangat kamu nambah, kamu boleh sekali-kali pergi ke tempat yang lebih nyaman untuk mengerjakan tugas-tugasmu. Seperti di  Cafe, atau tempat-tempat lain yang dapat membuat segar mata dan pikiran.

Tapi kamu harus pergi kesana dengan niat ngerjain skripsi dan harus fokus. Kan rugi, kalau kamu sudah mengeluarkan uang lebih tapi malah akan sia-sia karena tidak ngerjain skripsi secara maksimal

Sesekali, Ngerjain Skripsi Bersama Teman Juga Oke

Ngerjain Skripsi

Sumber Gambar : Querja

Apabila semangat kamu di dalam mengerjakan skripsi sudah mulai menghilang, cobalah sesekali untuk berkumpul dengan teman-temanmu yang juga memiliki niat untuk mengerjakan skripsi. Karena terkadang, berkumpul bersama dengan orang yang memiliki tujuan yang sama dapat menambah semangat kamu.

Pikirkan Keberhasilanmu Ketika Sudah Lulus

Ngerjain Skripsi

Sumber Gambar : Hipwee

Setelah lulus kuliah, biasanya para mahasiswa akan mulai terjun ke dalam dunia kerja. Tentunya ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri apabila kamu sudah memiliki penghasilan sendiri, bukan? Akan tetapi, hal ini tidak akan cepat terjadi apabila kamu tidak menyelesaikan skripsimu. Nah, biar kamu bisa semangat ketika sedang mengerjakan skripsi, kamu bisa mencoba untuk memikirkan semua keberhasilan yang bisa kamu raih setelah lulus dari kuliah. Ini bisa jadi suntikan moral yang ampuh untuk menambah semangat loh.

 

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika kamu mulai merasa capek dan lelah saat sedang ngerjain skripsi. Semoga bermanfaat.

About author

Related posts
GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!

GenK LIFE

Jangan Percaya Dengan Kabar Hoax! Ini Fakta Dan Mitos Vertigo

Leave a Reply

Your email address will not be published.