Creativepreneur and Career

Lagi Work From Home? Ini Dia Tips Untuk Membuat Kerja Tim Tetap Lancar

Kerja Tim Tetap Lancar

Siapa yang kalau di rumah suka bosen dan kesel kalau dapat tugas kerja ataupun tugas kelompok? Pekerjaan yang berkaitan mengenai sekolah, pekerjaan kantor ataupun tugas kuliah. Di masa pandemi seperti ini kita dituntut untuk melakukan pekerjaan dari rumah bahkan belajarpun juga harus dari rumah. Walaupun begitu hal tersebut bisa jadi tantangan tersendiri loh! Apalagi kalau dapat teman kerja yang nggak enak, males dan juga sering ilang-ilangan. Bukannya kelar tugas tapi malah jadi beban. Nah, maka dari itu beberapa tips ini cocok banget dilakukan agar kerja tim tetap lancar!

Bagi Tugas Dengan Anggota Kerja Lainnya

Sumber Gambar : afahrurroji.net

Kerja tim yang harusnya dikerjain bareng-bareng malah kamu yang ngerjain sendirian, jelas itu nggak fair. Kerja tim harus dilakukan bersama, nah maka dari itu kamu bisa membagi tugas dengan merata jadi tidak ada yang merasa berat sebelah. Seperti anggota pertama mencari materi, anggota kedua menyusun presentasi, anggota ketiga menyusun makalah, anggota keempat bisa membantu mengedit dan tugas lainnya. Pastikan setiap anggota mendapat tugas secara adil, agar semua bisa ikut berkontribusi. Hal ini juga memberikan kelebihan agar hasil yang dikerjakan bisa maksimal.

Komunikasi Dengan Tim Harus Tetap Jalan

Singes.Info

Nggak mau, kan kalau tim kamu sering ilang-ilangan? Maka itu tetap jaga komunikasi dengan baik. Kerja kelompok ya harus dilakukan secara kelompok. Jangan egois dan mau enak sendiri dengan melepas tanggung jawab. Supaya hal yang kayak gitu nggak terjadi maka yang harus dilakukan yaitu menjaga komunikasi dengan anggota kelompok, kalau ada yang tidak dimengerti bisa ditanyakan, kalau diajak berdiskusi bersama agar sama-sama aktif dalam memberikan pendapat. Walaupun dari rumah, tanggung jawab tetap terjaga terutama pada pekerjaan.

Baca Juga :   Tips Mengatasi Penolakan Saat Interview, Bersedih Secukupnya Saja!

Mengecek Tugas Secara Berkala

Kerja Tim Tetap Lancar

Sumber Gambar : Hbr.org

Selanjutnya adalah tetap melakukan cek secara berkala mengenai tugas dan progress pengerjaan. Pastikan bahwa anggota kelompok ada satu orang mengingatkan atau mem follow up tugas ke anggota lainnya. Pengecekan secara berkala dapat dilakukan secara harian dengan telepon, video, groub dan platform lain yang mendukung. Pokoknya antara kamu dengan anggota lain harus sering sering berkoordinasi dan terus menjaga komunikasi. Jangan sampai lost contact, nanti bahaya! Karena itu akan mempengaruhi hasil pekerjaan kalian.

Memanfaatkan Teknologi Saat Ini

Kerja Tim Tetap Lancar

Sumber Gambar : powerofpositivity.com

Di zaman yang serba modern saat ini, semua bisa lebih mudah dengan menggunakan teknologi saat ini. Kita nggak harus repot-repot keluar rumah namun tetap bisa bekerja dengan cerdas. Kerja efektifpun bisa tetap jalan dengan selalu memanfaatkan teknologi saat ini.

Dengan menggunakan aplikasi google meeting ataupun zoom untuk rapat dan aplikasi penunjang lainnya pekerjaan tim atau kelompok bisa cepat terselesaikan. Asal kita mau menggunakan teknologi yang ada.

Membantu Anggota Satu Kelompok

Kerja Tim Tetap Lancar

Sumber Gambar : CIPD

Kerja kelompok ya harus sekali diselesaikan bersama-sama tidak boleh seenaknya sendiri. Dengan membantu anggota lain, nggak bakal memperberat kamu kok justru pekerjaan ataupun tugas malah cepat selesai. Jangan malah bertindak pasif atau diem aja. Maka dari itu sesama anggota kelompok wajib membantu dan bisa bekerja sama dengan anggota lainnya. Apabila ada anggota atau teman yang males saat bekerja, coba diingatkan kembali karena pekerjaan merupakan tanggung jawab bersama dan semua juga harus terlibat aktif.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan walaupun sedang bekerja dari jarak jauh ataupun WFH agar kerja tim tetap lancar.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran

Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?

Leave a Reply

Your email address will not be published.