Creativepreneur and Career

Langkah dan Alasan Kenapa Kamu Perlu Membuat Business Plan

Memang nggak mudah untuk memulai suatu bisnis. Ada banyak perencanaan dan juga persiapan yang harus kamu lakukan. Maka dari itu, kamu memerlukan business plan, dan ini nggak hanya untuk bisnis berskala besar aja. Apapun bidang bisnis kamu dan terlepas dari skala bisnismu, business plan berfungsi sebagai panduan, supaya usahamu tersebut bisa berjalan lancar. Langsung aja kita simak langkah-langkah untuk membuat perencanaan bisnis ini.

Melakukan Riset

Sumber Gambar : Unsplash

Dalam membuat business plan yang baik, riset diperlukan sebagai dasar untuk rencana bisnismu. Ketika melakukan riset, perhatikan hal-hal detail. Sesuaikan juga dengan selera konsumen di pasaran. Jangan lupa, yang penting adalah menganalisa produkmu dan mencari tahu apa yang dilakukan kompetitor. Hasil riset akan membuatmu tahu tentang kemungkinan kendala yang akan terjadi. Kamu juga bisa mengembangkan produk serta memperluas jaringan bisnis.

Menentukan Target Bisnis

Sumber Gambar : unsplash

Tentukan dulu target bisnis kamu. Ini berarti tujuan bisnismu. Target penting untuk dijadikan acuan dalam membuat latar belakang dan jenis bisnis serta strategi penjualan yang mau kamu gunakan. Target bisnis merupakan tujuan yang berupa harapan yang ingin kamu dapatkan dari bisnismu. Dengan menentukan target, maka bisnismu bisa berjalan dengan terarah. Karena ada tujuan pasti, kamu bisa membuat keputusan berdasarkan target yang ingin dicapai.

Merancang Company Profile

Sumber Gambar : Unsplash

Company profile wajib ada di dalam business plan. Umumnya, kamu mencantumkan company profile di halaman depan sendiri, supaya bisa langsung mengenalkan bisnismu. Jadi, bikin company profile yang detail dan jelas. Tujuan utamanya agar dapat ditampilkan pada presentasi untuk pendanaan. Dengan begitu, calon investor dapat melihat bisnismu secara langsung. Sebab, penjelasan kamu udah lengkap dan juga detail. Kamu juga bisa cantumkan, gimana caramu mendirikan bisnismu, produk atau jasa apa yang kamu tawarkan, siapa yang jadi target pasarmu, dan sumber daya yang dipunya.

Baca Juga :   Startup vs Corporate: Mana yang Harus Kamu Pilih?

Mencatat Transaksi Keuangan

business plan

Sumber Gambar : unsplash

Saat waktunya tiba, business plan kamu bakal mendapatkan dana dari investor. Ketika itu, pastikan kamu cantumkan arus keuangan bisnismu. Penting banget mencatat semua transaksi keuangan terkait bisnis kamu, baik itu jumlahnya besar maupun kecil. Ini karena calon investor tentu ingin tahu  mengenai bisnismu, sebelum memberi pendanaan. Yang paling utama yaitu arus keuangan. Kalau arus keuanganmu lancar, pasti investor nggak akan ragu buat memberikan dana.

Membuat Strategi Marketing

business plan

Sumber Gambar : Unsplash.com

Kamu perlu membuat strategi marketing yang terencana. Jadi, harus ada perencanaan matang biar rencana marketing-mu nggak sia-sia. Bikin strategi marketing yang bisa membawa dampak positif serta memberi manfaat untuk bisnismu. Coba buat timeline supaya kamu bisa lebih teratur, saat mau kasih promo atau mengenalkan produk baru.

Pentingnya Business Plan untuk Memulai Bisnis

business plan

Sumber Gambar : unsplash

Kenapa harus bikin business plan? Melalui perencanaan bisnis ini, kamu jadi punya dokumen tertulis tentang ide bisnismu secara keseluruhan. Selain itu, kalau perencanaan ini terperinci, kamu akan terbantu dalam mengubah dan mengembangkan ide bisnis, di kemudian hari. Kemudian, kamu bisa tahu apa aja pencapaian bisnismu, dan apa yang harus diperbaiki. Kamu pun dapat memahami struktur bisnis, meningkatkan operasional, hingga mengenal kompetitor. Satu lagi, kamu bisa menyamakan persepsi dengan calon mitra bisnismu, sehingga memudahka kerja sama.

Jadi, seperti itulah gambaran tentang business plan. Kamu juga sudah menyimak cara untuk membuat perencanaan bisnis tersebut. Semoga bermanfaat!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengen Sukses Berbisnis Tanpa Perang Harga? Simak Tipsnya Disini

Creativepreneur and Career

Ingin Pikat Pembaca Lewat Copywriting? Ini Cara Bikin Headline yang Menarik!

Creativepreneur and Career

Kuatkan “Mind, Body, and Soul” Kamu Dengan Berjalan-jalan dan Berbelanja di Virtual World Creatifest 2021

Creativepreneur and Career

Step-by-Step Strategi Launching Produk Baru di Media Sosial