Game & Teknologi

Laptop Mulai Lemot? Ini Dia Tanda Untuk Re-Install Laptop!

Pasti risih banget kan kalau laptop udah mulai nggak enak di pakai, apalagi sering keluar masuk, error dan macam lainnya. Jadi, sebagai pelajar atau mahasiswa yang sedang membutuhkan sekali laptop pasti jadi kurang nyaman bisa sering menemui kendala tersebut. Banyak yang menjadi penyebab turunnya kinerja laptop, mungkin karena sudah berumur, banyak file sampah ataupun memori yang penuh. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah Re-Install ulang laptop anda agar membuat kinerja laptop jadi normal kembali. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah tanda-tanda yang harus kamu ketahui saat laptop mulai lemot dan harus Re-Install Laptop!

Not Responding

Sumber Gambar : Eventkampus.com

Jika laptop kamu sering mengalami not responding atau tiba-tiba saat buka file terdapat sebuah dialog box atau pemberitahuan yang berisikan “Not responding” bagaimana perasaan kamu? Tentunya sangat kesal dan pingin marah bila hal itu terjadi. 

Sistem akan memunculkan “Not Responding” apabila sumber daya sistem tidak cukup. Apabila sampah tidak dibersihkan, bug yang ada di software karena membuka beberapa program sekaligus. Apabila laptop sering memunculkan notifikasi “not responding” maka sia-siap kamu harus melakukan Re-install ulang supaya laptop jadi lancar kembali ketika digunakan. 

Mengalami Restart Secara Berulang

Sumber Gambar : laptopnesia.com

Faktor yang jadi penyebab laptop sering mengalami restart ulang biasanya sulit diketahui. Tapi mungkin saja karena sistem operasi pada laptop yang sering dijalankan sedang tidak beres atau sedang ada indikasi sistem operasi laptop sedang tidak bekerja dengan baik. Maka dari itu, perlu dilakukannya install ulang pada laptop. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, laptop perlu mulai restart sendiri dan diselesaikan dengan menginstall ulang laptop. Maka dari itu, kinerja sistem laptop jadi lebih stabil dan mulai kembali bekerja normal.  

Aplikasi Sering Membuka Dan Menutup Sendiri

Sumber Gambar : Lockheartlondon.com

Kesel nggak sih jika tiba-tiba laptop kamu sering terbuka kemudian menutup dengan sendirinya? Pasti hal itu sangat mengesalkan. Aplikasi yang sering mengalami buka tutup sendiri tersebut disebabkan oleh sistem operasi laptop yang terinfeksi oleh virus. Virus tersebut menyebabkan autorun, untuk itu sebaiknya kamu harus mere-install ulang laptop kamu. 

Lemot atau Loading Lama

re-instal laptop

Sumber Gambar : nesabamedia.com

 Sering mengalami lemot atau loading yang sangat lama. Nah, loading yang lama inilah yang menjadi salah satu penyebab saat membuka file jadi begitu lama. Hal ini karena program yang bekerja pada belakang layar begitu banyak sekali. Jadi, tanpa kamu sadari file jadi begitu lemot yang sebenarnya cara untuk mengatasinya adalah re-install laptop. Walaupun sebenarnya wajar karena kamu membuka banyak aplikasi tapi jika tidak parah kamu tidak perlu untuk menginstall ulang. 

Booting Lama

re-instal laptop

Sumber Gambar : Aoglamedia.com

Proses booting yang lama jadi salah satu faktor yang membuat kamu harus install ulang aplikasi kamu. Booting adalah proses saat laptop sedang memeriksa hardware yang akan membuat sistem operasi sehingga laptop nantinya siap digunakan. Proses booting ini diperlukan laptop sampai muncul layar desktop pada laptop.

Proses booting ini sebenarnya tidak memerlukan watu yang lama, tapi jika laptop kamu mengalami proses booting yang lama maka sebaiknya kamu perlu mengeceknya. Penyebab lamanya booting karena terdapat berbagai program yang dijalankan pada startup.  Kamu harus mere-install laptop kamu jika proses booting tersebut terlalu lama. 

Jadi, itu tadi alasan mengapa kamu harus melakukan Re-install atau penginstalan ulang pada laptop kamu. Dengan melakukan install ulang, laptop diharapkan tidak lagi mengalami gangguan tersebut!

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Membeli Laptop Sesuai Budget!

Game & Teknologi

Makin Eksis dengan Cara Live Streaming Instagram dari Laptop dan PC yang Anti Ribet

Game & Teknologi

Ini Rekomendasi Aplikasi Asah Otak Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

Game & Teknologi

Virtual Tour & Exhibition: Jangan Ngaku Kekinian Kalau Belum Kenal Teknologi Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.