GenK LIFE

Cara Simpel Bikin Tambah Pintar dengan 8 Latihan Otak Ini

Si otak kanan yang super kreatif dan si otak kiri yang pintar banget. Ada yang bilang jika setiap orang pasti punya bagian otak yang lebih dominan dibanding lainnya. Eits, tapi jangan salah, kamu bisa melakukan latihan otak simpel dan ampuh untuk membantu menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri loh. Kamu bisa langsung coba dan praktekkan sendiri di rumah.

1. Eight Game 

Latihan otak pertama dikenal dengan nama Eight Game. Pura-puralah menulis angka delapan tidur atau simbol di udara dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan. Cobalah dan teruskan permainan ini setelah sarapan, selama 2 menit setiap hari.

2. Thumb Game 

Acungkanlah jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan. Sebaliknya, acungkanlah jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri. Permainan simpel ini bertujuan untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan. Cobalah dan teruskan permainan ini bersama teman-teman setelah makan siang, selama dua menit setiap hari.

3. Pattern Game 

Untuk latihan otak selanjutnya ini kamu memerlukan bantuan kertas dan pena nih. Gambarlah pola-pola tertentu di atas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, ke arah dalam, luar, atas dan bawah. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan, permainan unik ini juga dapat menggali potensi visual. Cobalah permainan ini selama 2 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

4. Left-Handed Writing 

Sumber: pexels.com

Tulislah nama panggilanmu dengan tangan kiri di atas kertas kosong. Cobalah kebiasaan ini minimal 10 kali sehari, minimal 14 hari berturut-turut. Setelah rutin melakukan latihan otak ini, dijamin kamu akan jadi lebih mahir menulis dengan tangan kiri yang sebelumnya mungkin sulit dilakukan. Nah, buat kamu yang kidal, caranya masih sama dengan menggunakan tangan kanan.

5. Specific Crawl 

Gerakan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Kemudian balas lah, gerakan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. Idealnya, siku tangan menyentuh lutut. Iringi pula dengan lagu favorit. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan saraf motorik kiri dan saraf motorik kanan, gerakan ini juga dapat membuat pikiran terbuka terhadap hal-hal baru. Lakukan gerakan latihan otak ini selama 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

6. Specific Posturing

Bertumpulah di lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sementara itu, kaki kanan diluruskan ke belakang dan tangan kiri diluruskan ke depan. Posisi ini bertujuan untuk mengaktifkan saraf-saraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus. Cobalah posisi ini selama 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

7. Rotated Reading

Balikkan sebuah tulisan (atas bawah), lalu bacalah tulisan tersebut dari kanan ke kiri. Cobalah dan teruskan kebiasaan baru ini selama 2 menit setiap hari.

8. Belajar Meditasi 

Sumber: pexels.com

Latihan otak selanjutnya adalah dengan belajar meditasi. Dengan melakukan meditasi, kita dapat mengurangi stres, mengatasi rasa cemas yang berlebihan, dan mengaktifkan pusat kontrol otak untuk kebahagiaan dan kepuasan. Meditasi merupakan cara yang tidak hanya efektif untuk menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan, tapi juga sangat baik untuk menenangkan diri dari berbagai pikiran negatif. 

Demikian tadi beberapa latihan otak super simpel yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Lakukanlah latihan pilihanmu dengan rutin agar hasil yang kamu inginkan bisa tercapai. Selamat mencoba!

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya