Buku

Lebih dari 20 Tahun Berlayar, Benarkah Manga One Piece Segera Tamat?

Inspirasi karakter dalam manga One Piece

Jika membicarakan manga One Piece, tentu tak akan lengkap jika tak membahas para karakternya.  Walau Monkey D. Luffy menjadi karakter utama dalam cerita, tapi ada banyak karakter lain yang memiliki keunikan untuk dibahas. Beberapa karakter dalam manga ini bahkan ternyata bukan hanya bajak laut fiktif, loh! Walau karya ini termasuk fiktif, tapi tidak dengan beberapa karakter yang menjadi kawan ataupun lawan dari Luffy, misalnya Jewelry Bonney yang terinspirasi dari Anne Bonny; Bellamy dari Samuel Bellamy; hingga Magellan dari Ferdinand Magellan dan masih banyak lagi.

Selain mengambil referensi dari sejarah bajak laut asli, Oda  juga mendapatkan ide dari berbagai karya klasik. Satu diantaranya adalah musuh Luffy, Donquixote Doflamingo yang terinspirasi dari The Ingenious Nobleman Mister Quixote of La Mancha karya Miguel de Cervantes Saavedra seorang penulis dari Spanyol.

 

one piece

Manga One Piece. (Sumber: Gramedia).

Kesuksesan One Piece

Tak hanya di Jepang, kesuksesan manga One Piece ini bahkan telah mendunia sejak lama bahkan hingga ke Indonesia. Uniknya, beberapa nama karakter manga ini juga berasal dari berbagai negara yang juga disesuaikan dengan bahasa setempat. Beberapa contoh diantaranya adalah Monkey D. Luffy (Monkey D. Rufy), Roronoa Zoro (Lorenor Zoro), Portgas D. Ace (Portgaz D. Trace) dan lainnya.

Kesuksesan manga One Piece ini juga dibuktikan dengan diraihnya penghargaan dari Guinness World Records sebagai serial komik yang paling banyak dicetak oleh seorang komikus tunggal di tahun 2015 lalu. Saat mendapat penghargaan tersebut, manga ini telah tercetak sebanyak 320.866.000 eksemplar di seluruh dunia dan tentunya angka ini masih akan terus bertambah.

Berkat kepopuleran manganya, Oda bahkan memperolah pendapatan yang sangat besar setiap tahunnya. Total ada US$ 25 juta atau lebih dari Rp 372 miliar yang bisa Oda dapatkan dari manga buatannya tersebut. Tak hanya dari penjualan manga, pendapatannya ini juga diperoleh dari berbagai royalti mulai dari anime, game, artbook, figure hingga berbagai official merchandise One Piece lainnya. Wow, sungguh fantastis bukan?

Melihat dari berbagai fakta yang ada, sungguh pantas jika manga One Piece ini dapat dikatakan sebagai salah satu manga populer di dunia, bukan? Dan bagi kalian sendiri, bagaimana pendapatmu soal manga ini?

About author

Related posts
Buku

8 Genre Buku Fiksi yang Harus Diketahui Penulis Novel Fiksi, Jangan Sampai Salah Pilih, Ya!

Buku

Love In Heart

Buku

Cara Bersikap Asertif Ala Judy Murphy (Part 2)

Buku

Cara Bersikap Asertif Ala Judy Murphy (Part 1)