Buku

Lebih dari 20 Tahun Berlayar, Benarkah Manga One Piece Segera Tamat?

Kamu pasti tahu One Piece kan? Tak terasa sudah puluhan tahun berlalu sejak pertama kali manga ini terbit melalui majalah Weekly Shonnen Jump. Walau sudah puluhan tahun berlalu, kepopuleran manga ini tetap masih terlihat bahkan masih ada banyak pembaca setia.  Terlebih hingga kini ceritanya juga masih terus berjalan dan makin membuat penasaran.

Dilansir Asian News Network, Eiichiro Oda yang merupakan pencipta manga One Piece menyatakan bahwa akhir dari petualangan Luffy dan kawan-kawan sudah semakin dekat. Walau demikian, pernyataannya tersebut juga sempat mendapat klarifikasi dari dirinya langsung dalam sebuah wawancara yang lebih baru dengan seorang Youtuber Jepang dan menyatakan jika manga tersebut akan berakhir dalam lima tahun ke depan.

Dengan segala spekulasi dan kerumitan plot serta nasib dari beberapa karakter yang ada dalam manga One Piece sejauh ini, akhir dari perjalanan Luffy dan kawan-kawan dalam menemukan harta karun One Piece yang telah ditinggalkan oleh Gol D. Roger tentu semua bergantung dari tangan sang pencipta sendiri. Dibandingkan harus memusingkan dan berspekulasi tentang kapan manga ini akan berakhir, lebih baik simak beberapa fakta dari manga tersebut sekaligus mencari tahu apakah kamu benar penggemar manga populer ini?

manga one piece

Manga One Piece. (Sumber: Anime Maru).

Eiichiro Oda, pencipta One Piece

Eiichiro Oda pertama kali memulai kariernya sebagai komikus pada tahun 1992, diusianya yang ke-17. Sebelum menjadi seorang komikus profesional dan manga One Piece menjadi populer di tahun 1997, Oda terlebih dahulu telah membuat sebuah manga koboi yang berjudul Wanted! dan meraih juara kedua dalam ajang bergengsi Tezuka Manga Awards.

Hal lain yang unik dari pencipta manga One Piece ini adalah Oda merupakan seorang penggemar Dragon Ball. Dirinya terpacu menjadi seorang seperti Akira Toriyama, sang idola yang juga merupakan komikus pencipta manga populer lainnya, Dragon Ball.

Oda juga memiliki ketertarikan dengan dunia bajak laut sejak masih kecil. Ketertarikannya itu muncul berkat serial animasi lawas berjudul Vicky the Viking yang menjadi tontonan kesukaannya saat kecil. Jadi jangan heran jika cerita manga One Piece ini berisi berbagai kisah keseruan perjalanan Luffy dan kawan-kawan sebagai bajak laut.

Inspirasi karakter dalam manga One Piece

Jika membicarakan manga One Piece, tentu tak akan lengkap jika tak membahas para karakternya.  Walau Monkey D. Luffy menjadi karakter utama dalam cerita, tapi ada banyak karakter lain yang memiliki keunikan untuk dibahas. Beberapa karakter dalam manga ini bahkan ternyata bukan hanya bajak laut fiktif, loh! Walau karya ini termasuk fiktif, tapi tidak dengan beberapa karakter yang menjadi kawan ataupun lawan dari Luffy, misalnya Jewelry Bonney yang terinspirasi dari Anne Bonny; Bellamy dari Samuel Bellamy; hingga Magellan dari Ferdinand Magellan dan masih banyak lagi.

Selain mengambil referensi dari sejarah bajak laut asli, Oda  juga mendapatkan ide dari berbagai karya klasik. Satu diantaranya adalah musuh Luffy, Donquixote Doflamingo yang terinspirasi dari The Ingenious Nobleman Mister Quixote of La Mancha karya Miguel de Cervantes Saavedra seorang penulis dari Spanyol.

 

one piece

Manga One Piece. (Sumber: Gramedia).

Kesuksesan One Piece

Tak hanya di Jepang, kesuksesan manga One Piece ini bahkan telah mendunia sejak lama bahkan hingga ke Indonesia. Uniknya, beberapa nama karakter manga ini juga berasal dari berbagai negara yang juga disesuaikan dengan bahasa setempat. Beberapa contoh diantaranya adalah Monkey D. Luffy (Monkey D. Rufy), Roronoa Zoro (Lorenor Zoro), Portgas D. Ace (Portgaz D. Trace) dan lainnya.

Kesuksesan manga One Piece ini juga dibuktikan dengan diraihnya penghargaan dari Guinness World Records sebagai serial komik yang paling banyak dicetak oleh seorang komikus tunggal di tahun 2015 lalu. Saat mendapat penghargaan tersebut, manga ini telah tercetak sebanyak 320.866.000 eksemplar di seluruh dunia dan tentunya angka ini masih akan terus bertambah.

Berkat kepopuleran manganya, Oda bahkan memperolah pendapatan yang sangat besar setiap tahunnya. Total ada US$ 25 juta atau lebih dari Rp 372 miliar yang bisa Oda dapatkan dari manga buatannya tersebut. Tak hanya dari penjualan manga, pendapatannya ini juga diperoleh dari berbagai royalti mulai dari anime, game, artbook, figure hingga berbagai official merchandise One Piece lainnya. Wow, sungguh fantastis bukan?

Melihat dari berbagai fakta yang ada, sungguh pantas jika manga One Piece ini dapat dikatakan sebagai salah satu manga populer di dunia, bukan? Dan bagi kalian sendiri, bagaimana pendapatmu soal manga ini?

About author

Related posts
Buku

8 Genre Buku Fiksi yang Harus Diketahui Penulis Novel Fiksi, Jangan Sampai Salah Pilih, Ya!

Buku

Love In Heart

Buku

Cara Bersikap Asertif Ala Judy Murphy (Part 2)

Buku

Cara Bersikap Asertif Ala Judy Murphy (Part 1)