Fotografi

Fotografer Pemula Wajib Tahu Fungsi Lens Hood, Yuk Cek Di Sini!

fungsi lens hood

Dalam fotografi, kamera itu menjadi perlengkapan yang paling penting. Apalagi, lensa kameranya. Nah, kamu pernah mendengar lens hood? Ini adalah hood lensa yang biasanya dipasang di ujung lensa kameramu. Tidak jarang fotografer pemula masih belum memahami pentingnya lens hood ini. Padahal, lebih dari sekadar aksesori, hood lensa ini bisa membuat kualitas jepretan fotomu jadi lebih baik lagi. Yuk, simak saja fungsinya!

Fungsi Lens Hood dalam Fotografi

Umumnya hood lensa paling dibutuhkan untuk kamu saat memotret di luar ruangan, atau di mana pun itu yang cahayanya sangat terang. Berikut kegunaan hood lensa dalam fotografimu:

1. Menghalangi Cahaya yang Berlebihan

lens hood berfungsi untuk

sumber: adorama.com

Tujuan utama dari hood adalah untuk menghalangi atau mengurangi pantulan cahaya yang terlihat menyilaukan dalam foto, dengan berfungsi sebagai cap pelindung lensa kameramu.

Pantulan cahaya ini biasanya mengenai lensa dari sudut di luar frame, sehingga membuatmu sulit melihat fotonya, seperti ketika kamu keluar ruangan lalu silau terkena cahaya matahari.

Biasanya ini terjadi ketika kamu menggunakan filter low-quality atau yang sudah lama dan tidak punya lapisan pelindung anti-glare terbaru.

Pantulan cahaya bisa menjadi elemen yang menarik di dalam foto, tapi juga dapat mengganggu, apalagi kalau itu menutupi subjek penting dalam fotomu. Di sinilah kegunaan hood lensa untuk mengurangi pantulan cahaya tersebut.

About author

Related posts
Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!

Fotografi

8 Tren Fotografi yang Populer Tahun 2022, Keren dan Estetik!

Fotografi

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay untuk Konten yang Ciamik

Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!