Fotografi

Mengenal 5 Jenis Lensa Kamera HP dan Fungsinya

lensa kamera hp

Mau memotret dengan ponsel tapi hasilnya malah ngeblur. Coba deh kenalan dengan 5 jenis lensa kamera HP berikut. Memotret dengan ponsel jadi tidak kalah dengan fotografer andal. Ayo baca penjelasannya di sini! Lensa clip-on yang digunakan untuk smartphone memang sedang populer beberapa tahun belakangan. Kedatangan teknologi baru ini membawa angin segar untuk dunia fotografi, karena menghadirkan serangkaian pilihan hasil foto yang menarik untuk pengguna iOS dan Android.

lensa kamera hp 1

Contoh lensa tambahan (sumber: digitaltrends.com)

Dengan menggunakan lensa eksternal yang portabel seperti ini, kamu dapat memotret layaknya profesional. Wah terbayang gak tuh hasilnya? Namun tak dapat dipungkiri bahwa ada harga ada rupa. Kamu perlu merogoh kocek untuk mendapatkannya. Jadi, jangan sampai uang yang sudah kamu keluarkan terbuang sia-sia karena salah pilih jenis dan merek. Nah, ikutin nih bahasan perihal jenis-jenis lensa kamera HP. Silakan dibaca penjelasannya satu per satu.

Jenis-Jenis Lensa Kamera HP

Nah, buat kamu yang masih kurang puas dengan hasil jepretan kamera ponsel, tidak ada salahnya menggunakan lensa tambahan guna menunjang hasil foto yang apik. Yuk, cek dulu beberapa pilihan lensa kamera HP berikut ini!

1. Lensa Macro

lensa kamera hp 2

Lensa makro di ponsel (sumber: blackeyelens.com)

Kami mulai pembahasannya dari lensa macro. Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang macro photography untuk kamera DSLR, tapi bagaimana jadinya kalau ingin memotret macro dengan ponsel? Pada dasarnya, lensa macro adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek dengan jarak yang sangat dekat supaya mendapatkan detail fokus yang tinggi tanpa harus menggunakan alat pembesar pada objek utama foto. 

Lensa yang satu ini sangat cocok untuk mengambil objek yang berukuran kecil, contohnya seperti serangga yang hinggap di dedaunan. Hal ini dikarenakan lensa macro memiliki rasio 1:1 yang menyebabkan besar gambar saat memotret akan sama dengan ukuran objek yang asli. 

Dengan menggunakan lensa macro dalam bentuk clip-on tentunya akan lebih praktis. Karena kamu bisa menghasilkan gambar yang detail tanpa perlu takut ngeblur seperti saat menggunakan lensa bawaan dari ponselmu. 

Baca Juga :   Mengenal Macam-Macam Lensa Kamera, Anak Fotografi Wajib Baca

2. Lensa Wide

lensa kamera hp 3

Lensa wide di ponsel (sumber: shopmoment.com)

Suka memotret panorama alam? Coba gunakan lensa wide. Untungnya, sekarang kamu bisa menggunakan lensa ini di ponsel genggam milikmu. Jadi kamu tidak perlu ribet untuk gonta-ganti lensa ketika hunting foto. Cukup jepit lensa ini di sudut ponsel dan voila! Gak pakai lama, kamu bisa langsung memotret lanskap dengan hasil yang cetar.

Eh, tunggu dulu. Tahukah kamu apa itu lensa wide? Persis seperti namanya, lensa wide adalah lensa yang digunakan untuk mencakup pengambilan gambar dengan jangkauan sudut yang luas. Sehingga lensa ini memungkinkan kamu untuk memotret suatu area yang luas dalam satu bingkai foto.

Landscape photography merupakan jenis fotografi yang acap kali menggunakan lensa wide sebagai tools keramat sang fotografer saat memotret. Mereka menggunakan lensa ini karena ingin menangkap begitu banyak informasi dalam sekali jepret. 

Akan tetapi diperlukan keahlian khusus atau “photographer sense” untuk menciptakan foto lanskap yang apik. Realitanya, ketika kamu menggunakan lensa ini, gambar jadi cenderung penuh dan terkesan “sibuk” sehingga subjek inti malah kehilangan makna. 

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet

Leave a Reply

Your email address will not be published.