Fotografi

Mengenal Macam-Macam Lensa Kamera, Anak Fotografi Wajib Baca

lensa kamera

4. Short Telephoto Lens (70mm-135mm)

Lensa kamera 5

Hasil foto short telephoto lens (sumber: digital-photography-school.com)

Lanjut ke tipe lensa berikutnya yang paling cocok untuk menghasilkan gambar portrait paripurna. Berbekal focal length antara 70-135mm, kamu bisa mendapatkan foto dengan objek yang terlihat lebih menonjol bahkan dengan background yang blur sekalipun. Mau mengambil foto candid ala model juga pas banget dengan lensa ini, GenK. 

5. Telephoto Lens (135mm-300mm)

Lensa kamera 6

Telephoto lens untuk wildlife photography (sumber: the-digital-picture.com)

Lensa telephoto punya spesialisasi pengambilan gambar jarak jauh yang sesuai untuk keperluan wildlife photography atau sport photography di mana objek foto tidak dapat dihampiri terlalu dekat. Misalnya saat ingin menangkap tampilan singa yang sedang kelaparan di tengah sabana. 

Namun, kelemahan utama dari lensa ini adalah pada penggunaannya yang tidak praktis dikarenakan beratnya yang bisa membuat seketika pegal saat mengambil gambar. Maka dari itu, telephoto lens biasa dipakai dengan bantuan tripod supaya hasil fotonya tetap stabil, GenK. 

6. Super Telephoto Lens (>300mm)

Lensa kamera 7

Kamera dengan super telephoto lens (sumber: borrowlenses.com)

Versi upgrade dari lensa telephoto ini punya kemampuan menangkap gambar dari jarak yang lebih jauh, GenK. Dengan memboyong focal length yang super besar, kamu dapat mengabadikan keindahan bintang dan benda-benda langit lainnya di malam hari menggunakan kamera ini loh

Tangkap indah galaksi Bimasakti di malam hari atau cantiknya burung yang terbang di penghujung sore dengan memanfaatkan super telephoto lens. Sama seperti jenis lensa kamera sebelumnya, kamu perlu usaha ekstra untuk membawa super telephoto lens karena beratnya yang bisa mencapai 1-2 kilogram, GenK. Wah, bisa jadi gym dadakan deh

7. Macro Lens (50mm-200mm)

Lensa kamera 8

Hasil foto macro lens (sumber: bwallpapers.com)

Buat para pecinta dunia fotografi alam yang gemar mengambil gambar objek berukuran super kecil, seperti serangga atau tumbuhan, macro lens merupakan pilihan terbaik yang akan membantumu mengambil foto paripurna dari benda-benda mungil di lingkungan sekitar. 

Dengan rentang focal length antara 50mm sampai 200mm, macro lens dapat menangkap tampilan objek berukuran kecil dan tetap mempertahankan kualitas foto yang super tajam, GenK. Alhasil, visual objek akan tampak berukuran life-size layaknya benda di dunia nyata. 

About author

Related posts
Fotografi

Low Light Photography Hacks untuk Dapatkan Hasil Jepretan yang Mengesankan

Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!

Fotografi

8 Tren Fotografi yang Populer Tahun 2022, Keren dan Estetik!

Fotografi

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay untuk Konten yang Ciamik

Leave a Reply

Your email address will not be published.