Creativepreneur and Career

Lighting Designer, Profesi Menjanjikan yang Jarang Diperhatikan

lighting designer

Kita semua pasti punya artis idola. Idola dapat berasal dari berbagai kalangan, misalnya aktor, aktris, penari, maupun yang paling umum, penyanyi. Untuk dapat berkomunikasi dengan fans nya, tak jarang para artis menggelar acara-acara seperti konser. Tentu saja saat kita menghadiri konser kita ingin mendengar idola kita membawakan lagu-lagu andalannya, menghabiskan waktu dengan idola, dan berkomunikasi dengan mereka. Namun apakah kalian tahu, dibalik acara konser yang keren dan megah ternyata ada sosok yang sangat berjasa? Sosok tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah lighting designer.

Apa sih lighting designer itu?

Sesuai namanya, lighting designer berperan dalam mendesain pencahayaan untuk berbagai macam acara, salah satunya konser. Pernahkah kalian sadari bahwa pencahayaan di dalam venue konser sangat berpengaruh pada penilaian kita terhadap konser tersebut?

Misalnya, ketika lampu-lampu nyala mati dengan liar, kita juga akan merasa bersemangat, bukan? Terlebih saat lagu yang dibawakan idola kita adalah lagu dengan tempo cepat. Disinilah peran desainer pencahayaan diperlukan, untuk menyesuaikan lagu dan suasana yang ingin diberikan kepada kita para penonton.

Nah, apa saja sih yang perlu didesain oleh desainer pencahayaan?

  1. Jenis Lampu Dan Tata Letaknya

Lighting designer

Sumber Gambar : Wikipedia

Seperti yang kita tahu, fungsi utama cahaya adalah untuk menjadi penerang dalam sebuah ruangan, tidak terkecuali ruangan untuk konser. Desainer pencahayaan harus menentukan apa saja jenis lampu yang dipakai dan berapa jumlahnya supaya dapat menerangi hall konser dan membantu penglihatan kita para penonton.

Sumber Gambar : archdaily.com

Setiap jenis lampu memiliki fungsinya masing-masing, sehingga desainer pencahayaan harus mampu menempatkan masing-masing lampu di tempat yang tepat agar berfungsi dengan maksimal.

2. Warna Lampu

Sumber Gambar : freepik.com

Warna cahaya bisa mempengaruhi mood kita juga, lho! Contohnya, berada di ruangan dengan lampu berwarna biru dapat membuat kita merasa emosional, sensitif, dan terkadang sedih. Bertolak belakang dengan lampu berwarna merah yang memberi kita semangat dan bahagia.

Desainer pencahayaan juga harus menentukan warna apa saja yang digunakan di setiap lagu, agar sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan artis pada para penontonnya dan sesuai dengan konteks lagu.

3. Arah Lampu

Sumber Gambar : Prg.com

Desainer pencahayaan juga perlu untuk mengatur masing-masing lampu akan menyorot ke arah mana. Contohnya, saat idola kita membawakan lagu dengan tempo lambat sambil memainkan piano, maka lampu harus menyorot kea rah artis dan piano agar fokus kita tertuju pada artis.

Sumber Gambar : scarycow.com

Jika lampu menyorot ke arah lain selain penyanyi, maka kita akan susah fokus dan tidak bisa menghayati lagu dengan maksimal. Contoh lain yaitu ketika penyanyi membawakan lagu bersama backdancer atau penari latar. Desainer pencahayaan harus berpikir bagaimana agar bisa tetap membuat penyanyi menonjol daripada penari latar, salah satu caranya dengan mengarahkan lampu sorot dari atas ke arah penyanyi saja.

Baca Juga :   Ide Usaha Digital Marketing dengan Peluang Bisnis Paling Menjanjikan

Tiga poin di atas adalah beberapa tugas dari desainer pencahayaan. Lalu kalau jadi desainer pencahayaan, bisa kerja di mana sih?

  1. Lighting Designer for Wedding Event

Sumber Gambar : instagram.com/projectartplus

Acara resepsi pernikahan di Indonesia makin berkembang dan masyarakat berlomba-lomba untuk mengadakan acara pernikahan yang mewah.

Salah satu peran desainer pencahayaan pada acara penikahan adalah mengatur jenis lampu yang digunakan dan bagaimana cahaya dapat memberikan pengalaman berbeda untuk para tamu undangan. Contohnya, kita lihat dari pernikahan Crazy Rich Surabaya, Jusup dan Clarissa, yang digerlar tahun 2018 silam.

Pada foto terlihat desainer menggunakan hanging tubelamp pada plafon untuk memberi efek cahaya yang jatuh di dalam negri dongeng. Selain itu ketika pasangan muncul garis cahaya tegas berwarna biru muncul di belakang mereka untuk memberi efek elegan, formal, dan kemegahan pasangan.

2. Lighting Designer for Concert Event

Sumber Gambar : taylorpictures.net

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pencahayaan pada acara konser mempengaruhi bagaimana kita menilai acara tersebut. Peran desainer pencahayaan adalah bagaimana lampu dapat menerangi venue dan membantu penyampaian pesan yang ada dalam sebuah lagu.

Contohnya, pada konser Taylor Swift tahun 2018 silam, salah satu lagu yang dibawakan Taylor pada saat itu adalah “New Years Day”

Yang mana lagu tersebut memiliki arti yang dalam untuk Taylor dan penggemar. Pada saat lagu itu dibawakan, suasana pada venue menjadi gelap dan hanya satu lampu yang menyala mengarah ke Taylor, membuat mood menjadi mellow, intimate, dan terfokus pada Taylor.

3. Lighting Designer for Theater

Lighting Designer

Sumber Gambar : instagram.com/iskandarloedin_design

Salah satu desainer pencahayaan senior asal Indonesia, Iskandar Loedin, mendedikasikan dirinya sebagai desainer pencahayaan untuk teater dan panggung pertunjukan seni rupa. Hampir sama dengan pencahayaan pada konser, tata cahaya pada suatu pertujukan memberikan efek visual untuk penonton, dan juga mempengaruhi emosi sehingga pesan dapat tersampaikan.

Salah satu hal penting dalam tata cahaya pertunjukan adalah warna cahaya harus sesuai dengan emosi pemeran, serta pemeran harus disorot ketika ada adegan-adegan penting. Misalnya pertunjukan Scenography for Srintil di Teater Salihara pada tahun 2019 silam.

Walaupun belum banyak diperhatikan dan masih belum banyak SDM untuk profesi ini di Indonesia, tapi permintaan pasarnya besar dan banyak, lho! Bagaimana, apakah tertarik untuk menjadi desainer pencahayaan?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Simak Trik Pemasaran Kpop Buat Branding Bisnis Kamu

Creativepreneur and Career

Potensi Bisnis Maggot (Belatung) Bikin Kamu Dapetin Untung Besar

Creativepreneur and Career

Cara Daur Ulang Konten Biar Blog Kamu Kebanjiran Pengunjung

Creativepreneur and Career

Cara Menganalisa Peluang Usaha Buat Pebisnis Pemula