GenK LIFE

Mengontrol Mimpi lewat Lucid Dream

lucid-dream-adalah

Lucid dream adalah kemampuan untuk mengontrol mimpi yang sedang kamu alami. Contoh, malam itu kamu bermimpi pergi ke hutan belantara. Semuanya gelap. Hanya ada cahaya rembulan yang menerangi kabut malam. Kemudian otakmu memerintah untuk membuat api unggun dan anehnya di dalam mimpi itu, kamu benar-benar membuat api unggun.

Kamu mengontrol mimpimu sendiri. Memilih jalan cerita yang bakal kamu lalui selanjutnya.  Menjadi sutradara di dalam mimpi sendiri.

Ini nggak horor, kok. Biasanya saat bermimpi kamu melakukan semuanya secara nggak sengaja. Apapun jalan cerita yang kamu dapatkan benar-benar di luar kuasamu. Terus apa jadinya kalau bisa mengontrol mimpi? Fenomena seperti ini disebut dengan lucid dream. Pasti kamu punya banyak pertanyaan tentang mimpi yang satu ini. Jika penasaran, yuk, simak penjelasan singkatnya!

Apa Itu Lucid Dream?

pengertian-lucid-dream

Ilustrasi lucid dream (Sumber: mkkb.info)

Lucid dream adalah sebuah kemampuan mengamati dan mengendalikan mimpi kamu sendiri secara sadar. Dengan kata lain, kamu bisa mengontrol mimpimu sendiri. 

Saat lucid dream, kamu dapat memilih kapan ingin bangun dari tidur. Tapi siapa yang mau cepat-cepat bangun dari mimpi yang bisa kamu kendalikan? Di sana kamu dapat bebas menjelajahi cara kerja pikiran bawah sadar dengan kesadaran total. Wah keren banget kan? Akan tetapi nggak semua orang berhasil melakukan mimpi ini.

Lucid Dream Sudah Terbukti Secara Sains

mengontrol-mimpi-kita-sendiri

Ilustrasi yoga mimpi (Sumber: wanderlust.com)

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, apakah lucid dream benar adanya atau hanya halusinasi saja? Apalagi sejak zaman dahulu kala, mimpi sangat erat kaitannya dengan dunia magis. Sehingga ada pembatas yang sangat tipis antara nyata dan semu.

Berdasarkan filosofi Yoga Mimpi, para biksu di Tibet sebenarnya telah melakukan kontrol mimpi selama lebih dari seribu tahun loh. Namun, istilah lucid dream belum ada sampai tahun 1800-an, ketika suatu hari seorang peneliti mimpi bernama Marquis d’Hervey de Saint-Denys yang mulai memperkenalkan istilah tersebut.

Baca Juga :   5 Aplikasi Ini Kembalikan Kualitas Tidur dari Insomnia

About author

Related posts
GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.