Kuliner

Ini Dia 4 Makanan Khas Korea yang Gak Boleh Kamu Lewatkan

Makanan khas Korea 4

Kamu pecinta makanan khas Negeri Ginseng seperti kimchi, bulgogi, atau kimbab? Cita rasa unik dari percampuran berbagai bumbu dan bahan dari kuliner Korea memang bisa membuat siapa saja langsung jatuh cinta dan ketagihan. Tapi jangan salah, masih banyak makanan khas Korea lainnya yang gak kalah lezat untuk kamu coba loh. Berikut ini beberapa pilihan yang sudah kami siapkan khusus untukmu!

1. Nakji Bokkeum 

Makanan khas Korea 1

Sumber: cookpad.com

Setelah bekerja seharian, orang Korea biasanya mencari pelampiasan dengan kuliner yang enak dan pedas. Salah satu dari sekian banyak makanan khas Korea yang dijadikan incaran adalah nakji bokkeum. Apa itu nakji bokkeum? Nakji bokkeum adalah hidangan berbahan dasar gurita yang digoreng sampai kering. Penyajian udang goreng kering biasanya dilakukan bersama tumisan sayur atau dijadikan menu pendamping untuk mie khas Korea. Nakji bokkeum menyimpan karakteristik sebagai panganan Korea. Rasanya yang pedas bisa menggugah selera makan agar semakin lahap menyantapnya. Rasa pedas yang dimiliki merupakan hasil dari penggunaan pasta cabe yang membumbui gurita dan tumisan sayur. Untuk mereka yang tak terbiasa dengan masakan Korea menganggap makanan satu ini sangatlah pedas. Jadi tak jarang dari mereka yang mencampur nakji bokkeum dengan nasi agar pedasnya bisa berkurang.

2. Tteokbokki 

Makanan khas Korea 2

Sumber: cookpad.com

Makanan khas Korea ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena rasanya pun sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Di Korea, makanan ini merupakan makanan yang dijual di berbagai warung-warung sederhana sampai ke restoran pun ada juga yang menjualnya. Karena makanan ini memang begitu dicintai oleh masyarakat Korea. Makanan ini berupa kue beras atau tteok yang kemudian dicampur dengan saus khas Korea dan terkadang ada yang mencampurnya dalam ramyeon atau pun dicampur dengan sosis dan daging. Makanan ini rasanya pedas dan manis. Bisa dikatakan tteokbokki ini adalah sejenis makanan ringan yang berasal dari Korea.

3. Sup Seolleongtang

Makanan khas Korea 3

Sumber: cookpad.com

Kebiasaan orang Korea dalam kegiatan santap saji adalah menyiapkan hidangan berkuah, khususnya sup, pada meja makan. Dari kebiasaan tersebut, negara Korea dikenal akan supnya yang beragam. Dari sekian banyak sup khas Korea, ada satu yang cukup terkenal. Namanya sup seolleongtang yang menggunakan bahan dasar tulang-tulang dan bagian dalam tubuh sapi. Karena menggunakan bahan dasar daging, sup seolleongtang dimasak dalam waktu yang lama. Seolleongtang sendiri adalah hidangan yang konon ketika dahulu dijadikan santapan rakyat yang dipersembahkan oleh Raja Joseon setelah melaksanakan upacara selamatan di sebuah tempat yang dinamakan sonyongdan. Biasanya, seolleongtang dimakan bersama nasi putih yang dicampurkan ke dalam sup. Untuk menambah kekayaan bahannya, orang Korea memberikan lauk tambahan seperti kimchi sawi dan lobak.

4. Jjampong 

Makanan khas Korea 4

Sumber: cookpad.com

Semua orang tahu kalau Korea merupakan negara empat musim yang rata-rata di setiap musimnya pasti dingin. Mungkin berangkat dari kondisi iklim yang ada, masyarakat Korea lebih banyak menyajikan masakan berkuah dengan cita rasa yang pedas. Salah satu makanan khas Korea yang memiliki kriteria semacam itu adalah jjampong. Jjampong atau champong adalah olahan mie kuah yang disajikan bersama sayur dan produk laut. Soal rasanya, jjampong sudah cukup untuk menantang kemampuan lidah dengan tingkat kepedasan yang dimilikinya. Untuk diketahui, meskipun jjampong adalah makanan yang terkenal di Korea, namun makanan ini sebenarnya adalah pengaruh dari Jepang dan Tiongkok. Orang Korea biasa menyantap jjampong untuk menghangatkan perut.

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya