Kuliner

4 Makanan Khas Ramadan di Berbagai Negara, Wajib Coba Nih

3. Pakora, India & Pakistan

Sumber: cookpad.com

Bertandang ke India, ada satu makanan khas Ramadan yang bakal terasa dan terlihat sangat familiar nih, yaitu pakora. Memiliki bentuk dan tampilan yang hampir menyerupai bakwan di Indonesia, kudapan gurih ini terbuat dari campuran adonan tepung, bawang, bayam, terong, sawi, bayam, hingga keju. Agar rasanya semakin nikmat, sejumput kecil garam, lada, dan rempah lainnya akan ditambahkan ke dalam adonan pakora. Dalam penyajiannya, adonan yang telah tercampur rata akan digoreng di dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Kemudian, pakora akan dihidangkan bersama dengan cocolan yoghurt, kuah kari, atau sambal pedas khas India.

4. Ful Medames, Mesir & Iran

Sumber: cookpad.com

Ful medames atau disingkat fūl adalah hidangan khas Ramadan asal Mesir dan Iran  yang terbuat dari kacang fava yang dimasak dengan minyak sayur, jintan putih, ditambah dengan potongan peterseli, bawang putih, bawang bombay, perasan lemon, dan cabai. Ful medames merupakan makanan pokok di Mesir, khususnya di kota-kota utara Kairo dan Giza. Namun, ful medames juga digemari masyarakat Lebanon, Suriah, Palestina, Yordania, Sudan, Yaman, dan Arab Saudi.

Makanan ini biasanya dimakan oleh warga Mesir untuk sarapan. Namun, saat Ramadhan, lebih populer untuk menu berbuka. Ful medames biasanya dilengkapi dengan roti pita, acar sayuran, dan rempah daun segar yang diletakkan di sisi piring. Tekstur sajian ini tampak kental dengan sensasi rempah yang kuat bercampur dengan gurihnya kacang fava. Cukup mengenyangkan dijadikan hidangan pembuka.

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya