Kuliner

Ini Dia 4 Makanan Sunda yang Wajib Kamu Coba

3. Empal Gepuk Daging Sapi

Sumber: sumber.com

 

Empal atau gepuk daging sapi adalah makanan yang sangat terkenal di daerah Sunda, Jawa Barat. Makanan ini bahkan menjadi salah satu menu makanan wajib yang banyak tersaji di restoran-restoran Sunda. Sesuai namanya, makanan ini dibuat dari sayatan tipis daging sapi yang dipukul-pukul alias digepuk sampai gepeng dan dimasak bersama lumuran bumbu bercita rasa manis. 

Setelah daging gepeng dan dibumbui, proses berikutnya adalah dengan mengungkep daging hingga bumbu meresap sampai ke tiap serat daging. Daging yang telah diungkep biasanya memiliki tekstur yang empuk. Setelah daging bertekstur empuk, empal akan digoreng hingga kering atau bisa langsung disantap tanpa harus digoreng lagi.

4. Mi Kocok 

Sumber: sumber.com

 

Mi kocok adalah makanan khas Sunda yang dibuat dari bahan dasar mi kuning yang dihidangkan bersama kuah yang terbuat dari kaldu sapi. Makanan ini banyak ditemukan di kawasan Bandung. Mi kocok umumnya tersaji bersama tauge yang sudah direbus, bakso, irisan kikil, jeruk nipis, dan taburan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Untuk menambah kelezatannya, bisa juga ditambahkan babat. Asal mula nama mi kocok adalah dari proses memasaknya. Mi ini dimasak dengan cara mengocok-ngocok mi nya dalam wadah khusus sembari dicelupkan ke dalam air panas. Mi kuning yang digunakan mempunyai ukuran yang pipih dengan tekstur lembut.

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya