Game & Teknologi

Makin Eksis dengan Cara Live Streaming Instagram dari Laptop dan PC yang Anti Ribet

Hari gini, siapa, sih, yang nggak punya akun Instagram, GenKs? Dengan platform media sosial satu ini kita bisa berbagi konten, baik foto maupun video dengan cara yang lebih menarik. Apalagi sekarang Instagram menawarkan beragam pilihan fitur menarik sebagai sarana komunikasi antar user. Mulai dari Stories, Reels, IGTV hingga Instagram Live. Well, Instagram Live emang bukan fitur baru. Tapi sampai sekarang masih menjadi favorit pengguna yang ingin berbagi konten dengan para followers-nya. Selama ini yang kita tahu, fitur Live di Instagram cuma bisa digunakan dengan smartphone. Padahal ada cara live Instagram dari laptop atau PC, lho, guys. Nah, penasaran, kan, gimana cara live streaming Instagram lewat laptop dan PC? Nggak pake lama, yuk, langsung aja simak tutorialnya berikut ini:

Cara Live Instagram dari Laptop dan PC

Cara Livestreaming Instagram

  1. Pertama-tama, kamu perlu menginstall OBS Studio melalui situs website http://obsproject.com di perangkatmu, bisa di laptop atau desktop PC. Baru setelah itu, pilih OS yang kamu pakai di laptop. Ada tiga opsi OS yang bisa kamu pilih, yaitu Windows, macOS dan Linux.

Cara Livestreaming Instagram

2. Jika sudah, kamu bisa langsung masuk ke menu File OBS, kemudian pilih Setting dan klik pada opsi Video. Lalu atur agar dua bagian resolusi seperti di gambar menjadi resolusi 1080 X 1920 dan menggunakan mode portrait seperti gambar di atas.

Cara Livestreaming Instagram

 

  1. Langkah selanjutnya adalah mengakses situs instafeed.me seperti pada gambar di atas, guys.

2. Nah, di sini kamu bakal diminta mengisi username dan password untuk masuk ke akun Instagram-mu. Eits, sebelum lanjut, pastikan dulu akun Instagram kamu nggak di-private. Pasalnya, kalau akunmu di-private, maka instafeed.me nggak bakal bisa menjalankan fitur LIVE, guys.

Info Penting:

  • FYI, kamu hanya punya 5 kali kesempatan untuk trial streaming di instafeed.me. So, pastikan kamu memanfaatkannya sebaik-baiknya, GenKs.
  • Selain itu, batasan untuk melakukan live streaming di Instagram adalah maksumal 60 menit.

Live Instagram dari Laptop dan PC

  1. Sebelum itu, kamu harus menginstall OBSProfile dulu, GenKs. Gimana caranya? Kamu tinggal menekan tombol OBS, setelah itu men-download OBSProfile. Kemudian copy-lah tiga file seperti yang terlihat di gambar di atas ke file OBS > Studio dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan, lalu ketik %appdata%.
  2. Nah, jika sudah login, artinya kamu sudah siap untuk live streaming di Instagram. Kamu cukup menekan tombol Start Broadcast dan di layar akan muncul kode server dan stream key secara otomatis. Di sini kamu harus meng-copy link server juga stream key dan menyalinnya di OBS Studio di opsi File > Setting > Stream.

  1. Segera ubah server dan stream key sesuai dengan yang tertera di situs web Instafeed di atas ke OBS Studio seperti gambar di bawah, ya, GenKs.

Live Instagram dari Laptop dan PC

  1. Langkah terakhir dalam cara live Instagram dari laptop atau desktop PC adalah menekan tombol Start Streaming yang ada di OBS Studio.
  2. Dan setelah mengikuti semua panduan di atas, kamu sudah bisa melakukan siaran langsung di Instagram lewat laptop atau PC, deh, guys.

Wah, ternyata cara live Streaming Instagram lewat PC atau laptop nggak seribet yang kita bayangkan selama ini, ya, guys. Selamat mempraktekkan cara live Instagram dari laptop, ya!

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Rekomendasi Template Powerpoint Bertema Profesional Biar Presentasi Kamu Menarik!

Game & Teknologi

Serunya Fitur Collaboration Instagram, Udah Coba?

Game & Teknologi

5 Situs Virtual Exhibition yang Cocok Kamu Datengin Buat Ngilangin Penat!

Game & Teknologi

Apa Itu Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya untuk Keuntungan Bisnis?