Hobi & Kriya

Tak Cuma Unik dan Cantik, Makrame Bisa Kamu Buat Sendiri Lho!

makrame

Hiasan satu ini juga memberikan kesan hangat dan menjadikan rumah terasa sangat homey. Makrame sendiri dibuat dari tali yang dirangkai dengan berbagai model simpul cantik. Tak hanya untuk hiasan dinding, namun benda satu ini juga bisa digunakan untuk gantungan pot bunga kesayangan kamu. Kalau beli, harga makrame memang tak murah karena semuanya dibuat dengan tangan. Jadi apa salahnya kamu coba bikin sendiri? Yuk simak cara pembuatannya berikut ini!

Pilih Jenis Tali Makrame Yang Tepat!

makrame

sumber: piqsels.com

Dalam membuat hiasan satu ini bahan utama yang kamu butuhkan pastinya adalah tali. Dalam memilih tali kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal, jangan sampai tali yang kamu pilih terlalu kecil atau bahkan terlalu besar. Ada banyak sekali bahan tali yang bisa kamu gunakan mulai dari nylon, katun, rami hingga linen. Jika kamu masih pemula, kamu bisa menggunakan tali dengan bahan dasar nylon karena bahan satu ini cukup mudah untuk dilepas kembali ketika kamu salah mengikat.

Pastikan juga untuk memilih tali dengan ukuran yang cukup. Beli ukuran yang panjang dan kualitas tali yang baik supaya hiasan yang kamu buat kuat dan tahan lama. Dan yang terpenting dalam memilih tali adalah pastikan tekstur tali yang kamu pilih aman dan nyaman disentuh, karena pastinya akan membantu kamu ketika membuat simpul pada tali.

Siapkan Peralatan Pendukung

makrame 2

sumber: pikrepo.com

Setelah tali, masih ada lagi beberapa peralatan pendukung lain yang perlu kamu siapkan. Adapun bahan-bahan lain yang harus kamu miliki antara lain tongkat kayu, gunting, dan juga meteran. Untuk tongkat kayu sendiri kamu harus menyesuaikan juga dengan ukuran hiasan yang akan kamu buat. Bentuk tongkat kayunya bisa yang lurus atau yang menyerupai cabang pohon, tergantung suasana apa yang ingin kamu dapatkan dari makrame.

Untuk tongkat kayu, kamu bisa membelinya di toko kerajinan tangan. Tapi tak menutup kemungkinan juga kalau kamu mau memanfaatkan kayu pohon di depan rumah. Jangan lupa lapisi dengan pernis supaya warnanya lebih mengkilat dan juga tahan lama serta tak dimakan rayap.

About author

Related posts
Hobi & Kriya

7 Tips&Trick Mengelola Limbah Masker Menjadi Pot Untuk Hiasan Ruangan

Hobi & Kriya

Tips Membuat Area Belajar Anak Menjadi Nyaman, Agar si Kecil Betah Belajar

Hobi & Kriya

Ciptakan Fasilitas Belajar Unik untuk Anak di Rumah Berbahan Eceng Gondok

Hobi & Kriya

Ide Vas Bunga Tanah Liat Yang Wajib Kamu Coba Buat!