Arsitektur & Interior

Maksimalkan Fungsi Hunian Minimu Dengan Transformable Furniture

Merasa kurang nyaman beraktivitas di tempat tinggal karena perabot tidak memadai ataupun ruangan yang tidak cukup luas untuk diletakkan banyak perabot. Masalah tersebut pasti tidak asing untuk Anda yang tinggal di hunian mini seperti apartemen, kos, maupun perumahan kecil.

Sebenarnya solusinya cukup sederhana yaitu dengan memanfaatkan perabot yang memiliki lebih dari satu fungsi. Dalam desain perabot sendiri ada banyak mekanisme konstruksi yang berkonsep multifungsi seperti compact furniture yaitu terdapat beberapa perabot dalam satu perabot, mixed fungtion yaitu sebuah perabot dengan beberapa fungsi, ataupun Transformable furniture yaitu perabot yang dapat berubah bentuk, ukuran, dan fugsinya.

Transformable furniture memiliki kelebihan dibanding konstruksi lainnya karena sifatnya yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan manusia serta bentuk ruangannya. Berikut beberapa keuntungan menggunakan Transformable furnitur:  

Keuntungan Menggunakan Transformable Furniture 

Sumber Gambar : bramblefurniture.com

  1. Menghemat tempat: Dengan transformable furniture kita hanya membutuhkan sebuah perabot untuk dapat memenuhi beberapa kebutuhan selain itu ukurannya yang dapat diubah sesuai fungsi yang dibutuhkan membuat perabot ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan ukuran ruangan di rumahmu. Dengan begitu ruangan akan terasa lebih luas dengan sirkulasi yang lebih maksimal. 
  2. Menghemat budget: Transformable furniture memberikan beberapa fungsi dalam satu perabot sehingga membuat kita tidak perlu lagi menghabiskan uang untuk membeli banyak perabot. Meskipun biasanya memiliki harga yang lebih mahal daripada perabot biasa, namun bila dibandingkan dengan membeli beberapa perabot, perabot jenis ini dapat dibilang jauh lebih murah.
  3. Desain yang unik: Desain transformable furniture biasanya unik dan berbeda dari yang lain. Perabot ini kebanyakan menghadirkan tampilan modern atau futuristik sehingga cocok untuk dikombinasikan dengan hunian modern di perkotaan.

Contoh transformable furniture 

Tempat penyimpanan menjadi meja kerja 

Sumber Gambar : shopify.com

Meja kerja biasa tentu memakan tempat yang besar untuk dapat berfungsi secara maksimal, namun dengan meja kerja transformable dapat diputar menjadi tempat penyimpanan yang praktis dan ramping.  Perabot ini sangat cocok digunakan untuk ruang yang sempit karena dapat diletakan sejajar dengan dinding sehingga tidak menganggu jalan. 

Tempat tidur menjadi sofa 

Transformable Furniture

Sumber Gambar : Pinterest.com

Perabot ini sangat cocok bila kamarmu berukuran kecil namun sering kedatangan teman untuk nongkrong. Dengan cara dilipat, tempat tidur dapat beralih fungsi mejadi sofa yang nyaman untuk menghabiskan quality time bersama teman maupun saudara. 

Kitchen set dengan meja makan 

Transformable Furniture

Sumber Gambar : Pinterest

Makan bersama keluarga adalah aktivitas yang penting untuk menjalin hubungan yang lebih erat, namun bila ukuran dapur dan ruang makan tidak memadai, perabot transformable ini dapat menjadi solusinya. Meja makan dapat dengan mudah ditarik keluar dari kitchen set sehingga sangat menghemat tempat. 

Kursi menjadi tempat penyimpanan 

Transformable Furniture

Sumber Gambar : Pinterest

Bila kamu sering berkumpul atau mengadakan acara di rumah tentu akan membutuhkan banyak tempat duduk yang akan menghabiskan ruang. Dengan perabot transformable ini kamu dapat dengan mudah menumpuk kursi – kursi tersebut menjadi tempat penyimpnan yang menghemat tempat. 

Kesimpulannya, transformable furniture sangat membantu memaksimalkan fungsi ruang dengan kelebihan yang ditawarkan.

Dengan fitur yang dimiliki, perabot ini sangat cocok digunakan masyarakat jaman sekarang yang menyukai kemudahan. Perabot ini sangat adaptif  dan fleksible untuk ruangan dengan ukuran yang kecil sehingga dapat menghemat tempat. Bermacam fungsi yang ditawarkan juga memberi kebebasan bagi penggunanya untuk beraktivitas. 

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.