Creativepreneur and Career

Manajemen Aset From A to Z, Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu

Manajemen Aset

Apa sih, hal paling penting bagi perusahaan? Aset, bisa berupa peralatan atau perlengkapan, warehouse maupun lainnya. Yups, aset merupakan aspek yang nggak boleh disepelekan dalam perusahaan. Karena itulah aset harus dijaga dengan baik. Dan untuk memastikan agar kondisi aset bisa terjaga, perusahaan butuh metode yang tepat.

Nah, manajemen aset atau asset management yang merupakan salah satu bagian dari pengelolaan dan siklus aset suatu perusahaan inilah metodenya. Melalui manajemen aset yang baik dan maksimal, perusahaan diharapkan bisa mencapai tujuan dan mendapatkan keuntungan dengan lebih cepat, guys.

Manajemen Aset, Apa Itu?

Manajemen Aset

Manajemen Aset (Sumber : Istockphoto.com)

Pengertian manajemen aset sendiri merupakan sebuah proses sistematis yang bertujuan untuk mempertahankan, memperbaharui, menghemat semua aset milik perusahaan agar bisa mencapai bisnis yang efektif serta efisien. Setiap perusahaan harus banget melacak asetnya, guys. Dengan begitu, para pemegang saham pun bisa tahu aset apa aja yang ada dan apa aja yang bisa didayagunakan untuk memberikan keuntungan optimal.

Aset dalam dunia bisnis dibagi dalam dua kategori, yakni aset lancar (current asset) atau aktiva lancar, dan aset tetap (fixed asset) atau aktiva tetap. Aset tetap mengacu pada segala aset yang didapatkan untuk penggunaan jangka panjang. Sementara aset lancar adalah aset yang bisa diubah menjadi uang tunai dalam waktu singkat.

Kenapa Asset Management Harus Diperhatikan

Manajemen Aset

Ada beberapa alasan kenapa sebuah perusahaan berkewajiban untuk memperhatikan manajemen aset. Di antaranya adalah memungkinkan perusahaan untuk mengawasi semua asetnya, membantu menjamin keakuratan tarif amortisasi, membantu mengidentifikasi dan mengelola risiko serta menghapus aset hantu di dalam daftar inventaris perusahaan.

Cara Mengembangkan Rencana Aset Manajemen Strategis

Aset Management

Kepemilikan aset merupakan bagian dari perusahaan publik maupun swasta. Dan untuk bisa mengelola aset secara efektif, pemilik perusahaan perlu mengembangkan rencana strategis.

Baca Juga :   Asah Jiwa Kepemimpinan dengan 5 Hal Ini dan Raih Kesuksesanmu

Caranya?

Diawali dengan melengkapi daftar inventaris aset, menghitung biaya siklus hidup, menetapkan tingkat layanan dan membuat perencanaan keuangan jangka panjang. Semua proses ini wajib banget dipenuhi kalau kamu sebagai pemilik perusahaan ingin mengelola aset bisnisnya secara optimal.

Manfaat Manajemen Aset

Manajemen Aset

Guys, tahu nggak kamu, kalau ada cukup banyak manfaat dari mempraktekkan strategi manajemen aset?

Pertama adalah meningkatkan akuisisi dan penggunaan. Karena dengan mengawasi aset perusahaan sepanjang siklus, pemilik perusahaan bisa meningkatkan teknik mereka dalam memperoleh dan menggunakan aset.

Yang kedua adalah meningkatkan kesadaran. Instansi pemerintah, organisasi nirlaba dan perusahaan diharuskan memberikan laporan lengkap tentang gimana mereka mendapatkan, memanfaatkan dan membuang aset. Nah, untuk memudahkan proses pelaporan, sebagian besar dari mereka mencatat setiap informasi aset yang mereka miliki di database pusat. So, pada saat mereka harus menyusun laporan keuangan akhir tahun, mereka bisa dengan mudah mengakses semua informasi yang dibutuhkan.

Asset Management Individu

Aset Management

Nggak cuma aset perusahaan saja, lho, karena sebuah perusahaan juga pasti punya aset individu yang merupakan milik dari pemilik perusahaan, guys. Nah, mengenai asset management individu secara kasar identik dengan manajemen kekayaan. Asset management individu mengacu pada pengelolaan investasi atau kekayaan individu.

Akhir kata, manajemen aset sebenarnya hanya merupakan sistem yang membantu perusahan melacak semua aset mereka. Seperti kendaraan, peralatan dan juga investasi. Mengawasi aset bisa membantu memudahkan operasional, terutama yang berkaitan dengan penjualan atau pelepasan aset.

Proses manajemen aset juga mengurangi risiko kemungkinan perusahaan merekam aset hantu, karena semua aset yang ada telah dicatat dengan baik.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Kulik-Kulik tentang Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan dan Kiat Menjalankannya

Creativepreneur and Career

Cara Mudah Membuat Curriculum Vitae untuk Freelancer Agar Lebih Menarik

Creativepreneur and Career

Panduan Hemat dan Anti Ribet Bikin Lookbook untuk Brand Fashionmu

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis Makanan Terbaik yang Dijamin Makin Cuan Tahun 2022