GenK LIFE

Meningkatkan Kualitas Hidup, Ternyata Ada Banyak Manfaat Jadi Single

manfaat single

Hey, are you single? Pertanyaan satu ini kerap bikin sakit hati mereka yang jomblo dari lahir. Menjomblo emang nggak selalu mudah. Apalagi kalau banyak film dan acara televisi yang mengelu-elukan konsep “kamu belum benar-benar ‘lengkap’ sampai menemukan pasangan sejati and live happily ever after”. Well, kehidupan sebagai orang jomblo sering digambarkan seperti kutukan nan menyiksa yang harus ditanggung hingga mereka berhasil menemukan belahan jiwa.

Sebegitu hinanya menjadi seorang lajang, sampai-sampai dalam sebuah studi yang diterbitkan European Journal of Social Psychology pada tahun 2008 ditemukan fakta mengejutkan kalau orang lajang acapkali dianggap nggak bahagia oleh orang lain. Nyesek banget nggak, sih. Tapi jangan kecewa dan berduka dulu, hai, kamu para jomblowan dan jomblowati. Karena ternyata ada sangat banyak manfaat single yang bisa kamu rasakan dibanding mereka yang punya kehidupan asmara.

1. Being Single Bisa Jadi Skenario Terbaik, lho!

menjadi single

sumber: mocah.org

Terlibat dalam hubungan percintaan nggak selamanya jadi pilihan terbaik, lho. Perlu kamu ketahui kalau kebahagiaan itu nggak melulu tentang asmara. Kamu bisa merasa bahagia melalui jalinan persahabatan yang kuat. Dengan menjomblo, kamu juga jadi bisa punya banyak kebebasan. Kalau kamu menghabiskan hari-hari hanya dengan merenung tentang pertemuan dengan someone special atau apa yang salah pada dirimu, kebahagiaan itu akan menjauh dari hidupmu.

2. Kesehatan Mentalmu Terjaga dengan Baik

manfaat single untuk kesehatan mental

sumber: googleusercontent.com

Percaya atau enggak, ternyata memiliki pasangan bisa mengganggu kesehatan mental seseorang, lho. Di kepala orang-orang yang punya pasangan dipenuhi dengan keintiman dan pasangan. Hal tersebut bisa bikin pikiran lelah. Itu nggak bakal kamu alami kalau jomblo! Kamu nggak perlu mengkhawatirkan apa pun tentang pasangan merenungkan pertengkaran-pertengkaran kecil atau meragukan cinta si dia. Ah, betapa indahnya hidup tanpa harus membuang tenaga untuk semua pikiran ‘kotor’ itu.

Baca Juga :   Seberapa Bucin Kamu? Cari Tau Dengan Ikut Kuis Ini

3. Mandiri dan Nggak Bergantung secara Finansial

mandiri dan independen

sumber: defendernetwork.com

Salah satu keistimewaan yang sering dikaitkan dengan hidup berpasangan adalah kemampuan kedua orang tersebut untuk saling berbagi tanggung jawab dan beban keuangan. Tapi hidup melajang artinya kamu nggak perlu berbagi pengeluaran dengan orang lain. Karena itu kamu dituntut untuk lebih mandiri dan tidak bergantung secara finansial. Tahu nggak, kalau ini bisa menjadi sesuatu yang sangat bagus untuk karier dan hidupmu, lho.

4. Lebih Terbuka untuk Segala Kesempatan

single membuka banyak kesempatan

sumber: weebly.com

Ketika seseorang sendiri, mereka dituntut untuk lebih mandiri. Memang terdengar seolah kamu nggak punya pilihan lain. Akan tetapi dengan tanpa adanya pasangan di sampingmu, manfaat single yang bisa kamu rasakan adalah mampu mengejar mimpi dan ambisi dengan bebas. Nggak ada yang menghalangimu. Orang-orang yang lajang juga lebih berani untuk mengambil resiko. Mereka memiliki kebebasan untuk berpetualang dan mencicipi banyak hal baru di sepanjang perjalanan hidup. Menyenangkan, bukan?

5. Single Membuat Tingkat Kepercayaan Diri Bisa Meroket!

percaya diri

sumber: projecthotmess.com

Nggak jarang bagi mereka yang terlibat dalam hubungan cinta mengandalkan pasangannya lebih daripada yang sebenarnya dibutuhkan. Itulah kenapa mereka jadi nggak mandiri dan sering kurang percaya diri. Sebaliknya, melajang berarti kesempatan untuk membentuk kekuatan batin seseorang yang bisa menumbuhkan kepercayaan diri mereka. Karena kesendirian melahirkan refleksi diri. Kepercayaan diri bisa berkembang karena refleksi diri itu. Nggak heran banyak orang single yang kuat.

Bagaimana, dengan mengintip 5 manfaat single di atas, kamu udah nggak sedih dan kecewa lagi cuma gara-gara belum dipertemukan dengan the one and only, kan? Kalau kamu tetap ingin merasakan memiliki pasangan seperti teman yang lainnya, kamu bisa mencari tahu tipe pasangan yang cocok denganmu terlebih dahulu. Jika ingin lebih mendalami calon pasangan idaman kamu, kamu bisa mencari pasangan yang sesuai dengan tipe MBTI atau tipe kerpibadian yang sesuai dengan tipe kamu, lho. Apapun pilihanmu, menjadi single atau tidak, kebahagiaan tetap bisa kamu peroleh sendiri ya, bukan diharapkan dari orang lain!

Editor: Isyhari Maheswar

Baca Juga :   Tipe yang Manakah Kamu: Independen, Kodependen atau Interdependen?
About author

Related posts
GenK LIFE

5 Rekomendasi Podcast Lucu Indonesia yang Ampuh Banget Ngilangin Stres

GenK LIFE

Mengenal “Duck Syndrome”, Kamu yang Ambisius Sering Mengalaminya

GenK LIFE

Mengenal Apa Itu Cancel Culture, Tren Toxic Memboikot Orang Beramai-Ramai

GenK LIFE

Kamu Ngerasa Ragu Dengan Prinsip Hidupmu? Coba Pahami Hal Ini!