GenK LIFE

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan & Tips Ampuh Melakukannya Untuk yang Sering Kesiangan!

You Can Wake Up Early And Have A Productive Day-45142603

Bangun pagi adalah salah satu kebiasaan yang sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang, namun bagi sebagian lainnya kebiasaan ini merupakan rutinitas yang dapat dilakukan tanpa beban. Banyak orang cenderung untuk tidur lebih malam dan bangun lebih siang. Padahal bangun di pagi hari lebih memberikan efek yang baik bagi kesehatan kita baik fisik maupun mental dibandingkan tidur larut malam. Mengawali hari dengan bangun di pagi hari memiliki manfaat yang berpengaruh pada aktivitas kamu sepanjang hari, mulai dari efektivitas waktu sampai perasaan hati atau mood kamu dalam menjalani hari tersebut. Apa aja sih manfaat bangun pagi untuk kesehatanmu? Simak ulasan singkat berikut ini!

  1. Meningkatkan Produktivitas

Sumber Gambar : kompas.com

Orang yang bangun lebih pagi memiliki waktu yang lebih banyak untuk menyesuaikan diri dalam mengerjakan sesuatu, dimana hal ini dapat meningkatkan produktivitas kamu loh.

Dengan memiliki waktu yang lebih banyak, kamu dapat menyelesaikan tugas lebih awal dan/atau mencoba hal-hal baru, selain itu kamu juga dapat lebih fokus untuk mengerjakan tugas – tugas penting yang dimiliki karena masih memiliki lebih banyak energi.

  1. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Sumber Gambar : alimustikasari.com

Menurut Penelitian di Inggris, pada pagi hari, tepatnya pukul 9 sampai dengan 11 siang otak cenderung lebih memiliki hormon stress (kortisol hormone) yang cukup, sehingga hal tersebut dapat memfokuskan pikiran kita. Pada waktu–waktu inilah baik bagi kita untuk belajar serta mengerjakan tugas yang membutuhkan analisa dan konsentrasi.

  1. Membuat Suasana Hati Lebih Bahagia

Manfaat Bangun Pagi

Sumber Gambar : liputan6.com

Secara tidak langsung, suasana hati yang lebih bahagia  seseorang dapat diciptakan dari kebiasaan bangun di pagi hari yang dimiliki. Penelitian menunjukan bahwa para manula cenderung lebih bahagia dibandingkan dengan anak-anak muda karena lebih sering bangun pagi.

Anak-anak muda dan dewasa yang sering bekerja dan bermain hingga larut malam serta memiliki kebiasaan bangun siang cenderung memiliki suasana hati yang lebih buruk setiap harinya.

Tidak hanya itu, dilansir dari eachnight, seseorang yang bangun di pagi hari memiliki pikiran yang lebih positif, sehingga terlihat lebih optimis dan menyenangkan.

  1. Memiliki Tubuh yang Lebih Sehat dan Bugar

Manfaat Bangun Pagi

Sumber Gambar : doktersehat.com

Pagi hari identik dengan suasana senang, semangat baru dan udara yang masih segar. Dengan bangun lebih pagi, seseorang dapat lebih bersemangat untuk berolahraga dan menjalani hari. Ketika berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung dan paru-paru.

Kondisi ini menyehatkan sistem kardiovaskular, meningkatkan sistem imun, dan stamina secara keseluruhan. Maka dari itu, bagus loh untuk berolahraga pagi karena dapat membuat kamu berenergi sepanjang hari.

Dengan berolahraga pagi juga, kamu bisa meningkatkan fokus saat bekerja disiang hari nanti. Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine menyatakan bahwa olahraga pagi dapat meningkatkan daya tangkap, visual dan kemampuan pengambilan keputusan.

Dengan kata lain, berolahraga pagi dapat meningkatkan kemampuan kognitif kamu sepanjang hari. Namun, akan lebih maksimal jika olahraga tersebut dibarengi dengan istirahat yang cukup.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat Bangun Pagi

Sumber Gambar : kompas.com

Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang, lho. Menurut Dr. Lim Li Ling, Presiden Singapore Sleep Society, kekurangan tidur yang berkepanjangan dan gangguan pola tidur dapat mengakibatkan masalah Kesehatan yang serius.

Penelitian menunjukan bahwa minimnya waktu tidur dapat mengakibatkan depresi, gangguan kardiovaskular serta memburuknya Kesehatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes dan obesitas. Maka dari itu, dengan menjaga kualitas tidur kamu dengan baik ternyata berpengaruh juga pada kesehatan dan kehidupanmu kedepan.

  1. Memiliki Waktu Untuk Sarapan Pagi

Sumber Gambar : honestdocs,id

Orang yang bangun lebih pagi akan memiliki waktu yang lebih luang untuk sarapan pagi. Kamu bisa memasak sendiri sarapanmu dengan memilih bahan-bahan yang dapat menyehatkan badan.

Sementara itu orang-orang yang bangun siang cenderung terburu-buru dan makan makanan yang cepat saji yang tak sehat, bahkan tak jarang melewatkan sarapan.

Padahal sarapan pagi penting lho, karena menjadi sumber energi bagi tubuh, kamu harus mengembalikan energi yang telah dipakai setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong. Apabila tidak sarapan, dapat membuat perutmu cepat lapar disiang hari sehingga akan membuatmu ingin makan apapun tanpa terkontrol.

Itulah manfaat-manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki kebiasaan bangun pagi setiap hari. Sekarang saatnya kamu mempraktikkannya. Berikut ini adalah beberapa upaya yang bisa dilakukan agar bisa tidur dengan berkualitas dan berhasil bangun pagi.

  1. Mengetahui Jam Tidur yang Dibutuhkan

Berapa Jam sebenarnya Waktu Tidur yang Baik?

Sumber Gambar : klikdokter.com

Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7 sampai 9 jam per hari. Jika berencana untuk bangun di pagi hari maka kamu perlu merencanakan dengan memperkirakan waktu tidur yang cukup untuk mencapai waktu tidur yang ideal tersebut. Jadi, sesuaikanlah waktu tidur yang cukup agar kamu bisa bangun pagi namun tetap memiliki waktu tidur yang cukup.

  1. Gunakan Bantuan Alarm

Bangun Pagi

Sumber Gambar : kumparan.com

Kamu dapat menggunakan bantuan alarm untuk bangun pagi. Namun jangan sampai seteleah alarm berbunyi kamu justru mematikannya, ya! Usahakan untuk langsung bangun Ketika sudah berhasil bangun. Cobalah untuk letakkan alarm agar jauh dari kasurmu, sehingga saat alarm bunyi badanmu harus bangun untuk mematikkannya, dengan itu badanmu akan terasa lebih segar.

  1. Niat Bangun Pagi Saat Mau Tidur

Bangun Pagi

Sumber Gambar : cnnindonesia.com

Jika ingin bangun pagi, malam sebelum itu kamu harus berniat untuk bangun di pagi kepada diri sendiri, berikan afirmasi kepada diri sendiri bahwa kamu dapat bangun tepat pada jam yang kamu inginkan dirimu untuk bangun.

Dengan itu, alam bawah sadarmu akan menangkap niat dan afirmasi yang diberikan. Ingat apa niatmu untuk bangun pagi sehingga akan memberikan semangat bagimu untuk menjalankan alasan mengapa kamu ingin bangun pagi.

  1. Jangan Begadang

Bangun Pagi

Sumber Gambar : suara.com

Begadang menjadi salah faktor utama mengapa banyak orang tidak dapat bangun pagi. Efek begadang sendiri sangat berpengaruh pada kualitas tidur dan kebutuh waktu istirahat seseorang, maka wajar saja apabila seseorang yang suka bergadang akan sulit untuk bangun pagi.

Jika kamu ingin bangun lebih pagi, cobalah untuk tidur pada jam yang tepat yang tidak terlalu malam.  Sehingga waktu tidur kamu akan terjaga dan kamu memiliki tidur yang berkualitas.

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat baik dari bangun di pagi hari dan tips agar kamu bisa melakukannya. Jangan lupa untuk dipraktekkan, ya!

Jadikan tips ini menjadi kebiasaan agar kamu dapat merasakan manfaat yang besar bagi dirimu dan kesehatanmu. Walaupun sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang, namun bangun lebih pagi sangat baik untuk diterapkan pada hidupmu demi menciptakan kesehatan dan kehidupan yang lebih baik dan berkualitas.

Semoga teman-teman semua  dapat mempraktikkannya dan mendapatkan manfaat dari bangun di pagi ini ya! Salam sehat, kaya dan bahagia!

About author

Related posts
GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD