GenK LIFE

7 Manfaat Bermain Piano Ini Sungguh Ajaib Mengubah Warna Hidupmu!

manfaat bermain piano

Melihat deretan tuts piano atau mendengar denting piano mungkin akan membuatmu tergerak untuk segera memainkannya. Walalupun hanya sekedar memencet satu tuts, hal tersebut bisa membuatmu sedikit lega. Namun ternyata, jika kamu memainkannya lagi maka akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Manfaat ini bisa berupa fisik maupun jiwa. Apa saja sih manfaat bermain piano itu? Yuk, simak yang berikut ini.

1. Melatih Kekuatan Otot Tangan

bermain piano melatih otot tangan

sumber: unsplash.com

Salah satu anggota tubuh secara fisik cukup mendominasi saat bermain piano adalah tangan meski tidak dipungkiri ada yang lain yaitu kaki untuk menginjak pedal. Ketika menekan tuts piano, kamu tidak bisa sembarangan menekan untuk bisa menghasilkan suara piano yang indah. Ada tingkat penekanan yang akan bisa kamu rasakan untuk itu. Kemudian, semua jari tangan akan bekerja sehingga cukup menjadi olahraga yang baik untuk melatih kekuatan otot tangan baik lengan maupun jari.

2. Melatih Koordinasi Anggota Tubuh

melatih koordinasi badan

sumber: unsplash.com

Koordinasi anggota tubuh ternyata sulit untuk dilakukan tanpa latihan khusus. Ketika duduk di depan piano. Kamu akan memandang lembaran partitur, tangan bersiap di atas tuts piano, dan kaki di posisi siap menginjak pedal. Saat memainkannya pun demikian, kamu harus mengkoordinasikan hal ini untuk bisa berjalan bersama. Kalau kamu juga bernyanyi, mengingat lirik lagu, nada, dan penjiwaan saat bernaynyi juga menjadi perhatian untuk dikoordinasikan. Ditambah lagi jika kamu sedang berada di panggung yang terdapat banyak penonton. Kamu juga harus memerhatikan mereka dengan memandang beberapa kali untuk lebih mendapatkan jiwanya.

Baca Juga :   4 Manfaat Musik, Dari Bikin Semangat sampai Membantu Diet

3. Mampu Mengekspresikan dan Menyampaikan Emosi

bermain piano untuk mengekspresikan emosi

sumber: unsplash.com

Piano cukup ekspresif dalam membantu menyalurkan emosi pemain dan penontonnya. Kamu tentu pernah melihat alunan piano yang lembut menyentuh jiwa hingga yang kuat menyimpan emosi, bukan? Biasanya ekspresi emosi dari piano bisa kamu dapatkan saat pertunjukan piano. Kamu sebagai pemain piano bisa menyampaikan dan mengekspresikan emosi dalam lagu melalui bantuan tuts. Semakin kamu menjiwai permainan pianomu maka peluang emosi yang sampai ke penonton juga akan lebih besar.

About author

Related posts
GenK LIFE

Buat Pecinta Tanaman, Ini Dia Tanaman Pembersih Udara yang Bikin Sehat!

GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!