Creativepreneur and Career

Manfaat Facebook Creator Studio dalam Social Media dan Digital Marketing

Facebook Creator Studio

Ada banyak banget cara yang bisa kamu explore dalam melakukan social media and digital marketing. Salah satunya adalah dengan mencoba Facebook Creator Studio, fitur baru Facebook yang dirancang khusus bagi marketer, sehingga mereka bisa menerbitkan konten maupun iklan gratis di platform Facebook dan Instagram, serta mengelolanya agar bisa dilakukan monetisasi.

Berbeda dengan Facebook Business Manager yang fungsinya adalah untuk mengelola banyak page dan akun iklan tanpa membagikan kredensial login akun pribadimu, Facebook Creator Studio itu semacam pusat konten, di mana kamu bisa memposting, menjadwalkan, menerbitkan, memantau hingga melacak semua konten dengan fokus pada format video.

Ini cocok banget buat kamu-kamu video content creator atau pebisnis yang lagi berjuang mengembangkan proses promosi lewat digital video production.

Di bawah adalah 8 fitur dan manfaat yang ditawarkan Facebook Creator Studio dalam social media dan digital marketing, GenKs:

  1. Membuat dan Memposting Konten di Facebook

Sumber Gambar : mcm.click

Yups, seperti namanya, Facebook Creator Studio itu bisa membantumu melakukan banyak hal yang penting dalam digital marketing. Seperti misalnya, memposting beberapa video dalam sekali waktu, meng-crossposting konten ke beberapa platform media sosial, mengelola konten menjadi playlist dan juga mengatur jadwal posting konten atau menyimpan postingan sebagai draft.

2. Tab Beranda

Sumber Gambar : converve.de

Kamu bisa nemuin postingan dari page tertentu di tab beranda Facebook Creator Studio, GenKs. Selain itu ada juga beberapa informasi dasar terkait kontenmu. Dan  tersedia pula komposer yang bisa kamu gunakan untuk bikin konten serta memungkinkanmu mempostingnya ke semua halaman.

3. Galeri Konten

Sumber Gambar : myseldon.com

Kalau fitur beranda berisi postingan dari halaman tertentu, fitur galeri konten isinya adalah ringkasan lengkap tentang video, foto, link dan postingan teks dari halaman mana saja yang kamu kelola. Di fitur ini kamu juga bisa melihat insight, melakukan proses editing, termasuk juga mempromosikan hingga menghapus postingan, lho, guys.

4. Insight

Sumber Gambar : research.com

Lanjut ke fitur penting dari Facebook Creator Studio ada insight yang merupakan bagin paling berguna dan juga menarik dalam penerapan strategi marketing digital. Pada tab menu ini, kamu akan mendapatkan insight terkait kinerja konten yang sudah dibagikan, baik secara keseluruhan maupun konten yang di-crossposting. Selain itu, fitur ini juga akan menunjukkan berapa jumlah pendapatan yang berhasil kamu kantongi dari semua page Facebook.

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

5. Kotak Masuk

Sumber Gambar : sekawanmedia.co.id

Manfaat dari fitur inbox alias kotak masuk di Facebook Creator Studio adalah untuk memberitahukan kepada user tentang pesan, komentar dan likes yang diberikan postingan kontenmu di Facebook dan Instagram.

6. Monetisasi

Facebook Creator Studio

Sumber Gambar : sosmedit.com

Eits, Facebook Creator Studio nggak cuma membantumu menjalankan online marketing campaign doang, lho, GenKs, tapi juga membantumu mendapatkan penghasilan yang cukup menjanjikan. Dengan mengizinkan iklan tampil sebelum, sesudah termasuk di tengah-tengah konten, kamu bisa melakukan page monetization.

Tapi untuk memonetisasi akun ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi dulu, guys. Selain itu, Facebook juga menyediakan panduan dan tips lain untuk mendukungmu mencapai sealigus mempertahankan monetisasi. Wah, keren, ya?

7. Rights Manager

Facebook Creator Studio

Sumber Gambar : tubefilter.com

Creator Studio juga bisa berfungsi untuk mengelola hak cipta lewat tab Rights Manager. Fitur ini akan secara otomatis mendeteksi konten, baik audio maupun video yang hak ciptanya adalah milikmu, guys. Jadi kamu nggak perlu lagi mencemaskan kekayaan intelektual setiap konten video Facebook dan Instagram-mu, deh. Selain itu, kamu pun dapat memposting file referensi yang akan dianalisis oleh Rights Manager untuk dibandingkan dengan konten-konten lain guna mendeteksi plagiarisme.

8. Sound Collection

Facebook Creator Studio

Sumber Gambar : lifewire.com

Yang terakhir ada fitur Sound Collection yang dapat memberikan akses ke musik-musik legal dan efek suara gratis untuk dipakai dalam pembuatan konten video digital marketing. Kemudian kamu bisa membagikan hasil akhirnya di Facebook dan Instagram. Ada ribuan rekomendasi musik dari para musisi terkenal dan berbagai efek suara menarik yang jumlahnya nggak terbatas untuk kamu gunakan, GenKs.

Itulah fitur dan manfaat yang akan kamu dapatkan dari Facebook Creator Studio dalam social media dan digital marketing. Cukup menggiurkan, kan?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Simak Trik Pemasaran Kpop Buat Branding Bisnis Kamu

Creativepreneur and Career

Potensi Bisnis Maggot (Belatung) Bikin Kamu Dapetin Untung Besar

Creativepreneur and Career

Cara Daur Ulang Konten Biar Blog Kamu Kebanjiran Pengunjung

Creativepreneur and Career

Cara Menganalisa Peluang Usaha Buat Pebisnis Pemula