Creativepreneur and Career

Manfaat Virtual Event untuk Bisnis, Penting Banget

Sejak munculnya pandemi, kegiatan pertemuan jadi beralih ke virtual meeting. Jadi, meeting dilakukan dengan menggunakan media aplikasi video call seperti Zoom salah satunya. Mungkin nggak begitu disadari, tapi sebenarnya ada banyak manfaat virtual event untuk bisnis, termasuk meeting juga. Jadi, sebaiknya nggak perlu membatasi kegiatan tersebut, karena tetap bisa dilakukan online. Berikut manfaatnya:

Jumlah Peserta Lebih Banyak

Sumber Gambar : smarteye.id

Nggak seperti apa yang sering dikira orang, virtual event udah terbukti dihadiri lebih banyak peserta, daripada pertemuan tatap muka secara langsung. Soalnya, event yang virtual lebih mudah diakses dan efisien, sehingga orang nggak bakal merasa malas karena harus on the way ke tempat event

Lebih Fleksibel dan Bermanfaat untuk Peserta

Virtual event bikin peserta lebih mudah saat mengikuti interaksinya. Peserta mudah memahami topik yang dibahas, dan bisa belajar lebih banyak dari event tersebut. Udah gitu, hasil dari meeting tersebut masih tersedia full lengkap dan biasanya bisa diakses sampai 12 bulan. 

Menjadi Sumber Data Analitik

Melalui virtual event, penyelenggara bisa mengumpulkan lebih banyak data peserta, dibandingkan event dengan tatap muka langsung. Kalau di pertemuan langsung, biasanya lebih ribet untuk dapetin data peserta, seperti misalnya alamat dan nomor telepon mereka. Kalau di virtual event, tentunya peserta wajib mengisi data selengkap-lengkapnya buat registrasi.

Sumber Gambar : ekrut.com

Nggak Ada Lagi Batasan Geografis

Dengan mengadakan virtual event, nggak akan ada batasan geografis lagi. Daripada mengunjungi satu per satu kota tempat peserta berada, cukup mengadakan satu event yang bisa meng-cover semua wilayah. Bahkan, nggak terbatas oleh ruang dan waktu. Beda negara dan zona waktu nggak masalah. 

Mengurangi Biaya Buat Peserta

Manfaat virtual event untuk bisnis ini sangat menarik. Soalnya, udah jelas virtual event nggak mengharuskan peserta buat datang langsung. Jadi udah hemat biaya perjalanan, hemat waktu juga. Dobel hematnya. Makanya, peserta bakal lebih banyak yang hadir untuk mengikuti event tersebut.

manfaat virtual event

Sumber Gambar : cleancomedians.com

Masih Tetap Balik Modal Tinggi

Meskipun memangkas biaya cukup banyak, tapi kamu bisa dapetin balik modal. Manfaat tersebut juga signifikan buat sponsor event. Soalnya, sponsor nggak perlu keluar biaya buat menyambut tamu yang datang. Juga nggak ada biaya buat pembicara, tim logistik, dan untuk venue event.

Efektif untuk Membangun Jaringan

Platform virtual bisa bikin peserta event terhubung antar invididu dan dengan grup, via chat, video call, forum dengan topik yang spesifik, dan sesi obrolan. Jadi ada kesempatan gede banget bagi peserta buat membangun relasi dengan banyak orang penting. 

manfaat virtual event

Sumber Gambar : arkadin.com

Banyak Keuntungan untuk Sponsor

Kalau kamu mengadakan virtual event, maka sponsor kamu juga bakal diuntungkan karena ada engagement yang lebih tinggi dengan peserta event. Jadi, sponsor juga bisa dapetin data peserta, konten yang paling banyak disuka, dan topik favorit. Ini bisa menjadi bagian penting dalam pemasaran mereka ke depannya.

Ramah Lingkungan 

Kok bisa? Karena event ini diadakan secara virtual. Semuanya online. Jadi, secara nggak langsung kamu berkontribusi, ikut mengurangi penggunaan logistik untuk event fisik, seperti keperluan transportasi, hotel, konsumsi energi listrik, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pembuangan karbondioksida berkurang dan memberikan efek baik untuk lingkungan.

manfaat virtual event

Sumber Gambar : penmenpress.com

Banyak banget manfaat virtual event untuk bisnis. Jadi, nggak perlu ragu buat ngadain event secara virtual. Biar kamu juga tetap terhubung dengan sponsor, konsumen, serta pelanggan setia kamu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!