Creativepreneur and Career

Ini Alasan Kenapa Promosi Produk Wajib Pakai Strategi Marketing Micro Influencers

Hayo, ngaku deh, bisa nggak, sih, kalau kamu harus melalui beberapa menit saja dalam sehari tanpa mengintip akun media sosial melalui smartphone yang ada di tanganmu? Hmm, kayaknya hal itu mustahil banget dilakuin, ya, guys. Karena emang nggak dipungkiri, social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube hingga TikTok sudah menjadi bagian dari aktivitas harian kita. Nah, berbekal alasan tersebutlah, para pemilik bisnis, baik yang sudah punya nama maupun yang baru aja didirikan, mulai melirik strategi marketing baru, yakni strategi marketing micro influencers, untuk menyasar target yang lebih luas lagi.

Strategi marketing micro influencers, apa lagi itu? Kenapa akhir-akhir ini begitu penting dan banyak diminati oleh para pebisnis masa kini?

Kekuatan Strategi Marketing Micro Influencers

Micro Influencers

Sumber Gambar : WordPress

Mulai dari merek-merek besar hingga pengusaha kecil dan pemula merasa perlu menggandeng tokoh penting atau selebriti terkenal untuk mempromosikan produk-produk mereka. Nah, bedanya adalah, jika brand-brand besar sanggup menggelontorkan biaya besar demi bisa memunculkan wajah-wajah populer di akun medsos mereka, yang jadi tantangan para pemilik bisnis kecil adalah anggaran yang terbatas.

Eits, tapi jangan berkecil hati dulu, guys, karena ingatlah, selalu ada jalan untuk orang-orang yang mau berusaha. Kamu hanya harus lebih kreatif dan mencari mikro-influencer yang tepat untuk menyampaikan pesan brand-mu kepada audiens.

Kalau kamu masih ragu, berikut ini adalah 5 alasan kenapa harus pakai strategi marketing micro influencers untuk ajang promosi produk-produkmu:

Fee yang Sangat Bersahabat

Sumber Gambar : talkcmo.com

Ada dua kesulitan utama yang menjadi rintangan para pemilik bisnis pemula, yakni keterbatasan di sektor sumber daya manusia dan anggaran dana. Dan seperti yang kita tahu, untuk meningkatkan kepopuleritasan kamu di media sosial, pastinya butuh banyak uang serta waktu. Apalagi kalau kamu pemula banget di urusan per-media-sosial-an. Hingga bisa mencapai reach yang dibutuhkan, menjadi viral dan banyak pengikut di platform media sosial tanpa biaya besar itu sangat memakan waktu.

Baca Juga :   Promosikan Jualanmu di Online Shop dengan Trik Media Sosial

Opsi micro influencer adalah jawabannya.

Target Audiens yang Jelas

Sumber Gambar : taplink.cc

Tanpa punya target audiens yang jelas dalam marketing, mustahil kamu bisa mempraktekkan strategi marketing digital. Sementara dengan menggandeng micro influencer yang pastinya sudah punya audiens serta follower yang lebih terfokuskan, kamu akan lebih mudah menjangkau target audiens yang tepat.

Otentik dengan Gayanya Sendiri

Micro Influencers

Sumber Gambar : WordPress

Kelebihan yang dimiliki micro influencer adalah otentik dengan gaya mereka sendiri. Mereka bisa menjual karena terlihat sebagai bukti yang nyata serta bisa dipercaya di mata para audiens serta followers-nya.

Mereka adalah pilihan terbaik untuk memasarkan produk kamu sesuai dengan target pasar bisnismu, guys.

Bayangkan, jika kamu menjual aksesoris imut khusus remaja ABG, tapi yang memasarkan produkmu adalah om-om. Bandingkan dengan influencer mikro dengan pembawaan ceria dan style yang fashionable abis, yang berbagi tips OOTD casual dengan mengenakan produk jualanmu. Mana yang lebih menjual?

Bisa Dapat Feedback Lebih Baik

Micro Influencers

Sumber Gambar : piccolopr.com

Respon dan tanggapan dari customer adalah bukti bahwa strategi pemasaran yang kamu jalankan berhasil dengan baik. Cara untuk mendapatkan feedback dari mereka adalah dengan lebih peka terhadap apa yang dibutuhkan targetmu. Namun bagi pemilik bisnis pemula, untuk melakukan itu adalah hal yang sulit dicapai. Nah, di sinilah peran micro influencer, guys. Karena mereka adalah ahli di bidangnya, sehingga gampang banget untuk mengumpulkan feedback dari follower mereka yang kamu butuhkan agar bisa lebih mengembangkan bisnismu.

 

Gimana, tertarik menerapkan strategi marketing micro influencers untuk mempromosikan produk-produkmu?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Kulik-Kulik tentang Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan dan Kiat Menjalankannya

Creativepreneur and Career

Cara Mudah Membuat Curriculum Vitae untuk Freelancer Agar Lebih Menarik

Creativepreneur and Career

Panduan Hemat dan Anti Ribet Bikin Lookbook untuk Brand Fashionmu

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis Makanan Terbaik yang Dijamin Makin Cuan Tahun 2022