GenK LIFE

Masih Terlalu Peduli pada Perkataan Orang? Intip 4 Tips Ini Yuk!

Terlalu Peduli Pada Perkataan Orang

Pasti diantara kamu pernah ngerasa terlalu peduli pada perkataan orang, sampai akhirnya muncul nih kecemasan-kecemasan kaya “Orang nganggap aku aneh enggak ya?” “Aku cocok enggak sih pakai baju ini?” dan masih banyak yang lainnya. Iya apa iya nih?  

Kamu juga, pasti nih sering denger kalimat ini “Manusia adalah makhluk sosial”. Nah pada dasarnya, manusia sebagai makhluk sosial punya hasrat untuk bisa diterima oleh lingkungannya itu cukup tinggi lho! Jadi wajar banget kalau kita sebagai makhluk sosial sering mempertimbangkan opini dari orang lain. Dan emang dalam beberapa kesempatan pun, kita butuh juga baik itu saran dan kritik dari orang lain dengan tujuan untuk berkembang. 

Tapi lain hal nih, kalau kamu terlalu memperdulikan perkataan dari orang lain. Mungkin tengah malam tiba-tiba random mikirin apa kata teman mu tadi siang sampai nggak bisa tidur. Nah itu yang nggak baik untuk kesehatan mental dan fisikmu. Terlalu terikat dan mikirin apa kata orang, ternyata bisa buat kamu kehilangan jati diri lho!

Coba deh kamu atur kecemasan kamu, supaya kecemasanmu itu bisa selalu berada dalam batas wajar. Terus kecemasan kaya gimana sih yang dianggap berlebihan itu? Sebenernya, mikirin masukan dan kritikan dari orang lain itu wajar. Terutama kalau masukan itu benar- benar bisa membangun kamu untuk berkembang.

Nah sebaliknya nih, kalau opini atau masukkan orang tersebut bisa berdampak negatif, seperti menimbulkan kecemasan yang bisa menggoyahkan pendirian dan keinginan kamu. Coba deh, buat tarik napas dalam-dalam dan bilang “Ini hidupmu and don’t let others define who you are”.

Gimana dong caranya supaya bisa bersikap bodo amat atau tidak mempedulikan omongan orang?

Nah untungnya aku udah rangkum beberapa tips buat kamu yang masih terlalu peduli dan ingin coba bersikap bodo amat sama perkataan orang lain. Yuk di intip apa sih aja tipsnya!

1. Coba Ubah Mindset Kamu

Terlalu peduli kata orang

Sumber Gambar : Pexel.com

Mungkin saat ini kamu masih terlalu fokus sama apa yang orang lain pikir, sampai kamu lupa kalau mereka juga lagi mikirin apa sih yang sebenarnya lagi kamu pikirin. Ketika kamu lagi ngerasa insecure dan cemas, percaya deh di dunia ini enggak ada yang spesial.

Baca Juga :   7 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Menstruasi! Para Wanita Wajib Tau!

Mungkin aja, ketika kamu cemas orang lain pun sedang melakukan dan memikirkan hal yang sama. Jadi, coba untuk berpikiran positif, belajar cuek dan hindari berpikiran yang aneh-aneh dulu ya!

2. Buat Mereka, Kamu Hanya Angin Lalu

Terlalu Peduli Pada Perkataan Orang

Sumber Gambar : Pexel.com

Tahu nggak sih, kalau orang-orang sebenarnya enggak sepeduli itu sama orang lain. Mungkin awalnya mereka notice sama entah kesalahan kamu, tapi percaya deh pada akhirnya perlahan mereka bakalan lupa. Jadi, tetap fokus sama diri kamu sendiri dan coba buat hiraukan omongan orang dulu ya karena apa yang orang omongin ke kamu pada akhirnya ya mereka juga bakalan lupa.

3. Coba untuk Lebih Kenal dengan Diri Sendiri

Sumber Gambar : Pexel.com

Pernah berpikir enggak sih, apa yang udah kamu lakukan selama ini, atau mungkin apa yang kamu cita-citakan itu punya tujuan untuk impress orang lain, atau emang karena kamu mau melakukan itu karena dirimu sendiri?

Coba deh renungkan dan pikirin pertanyaan itu. Karena, pada akhirnya, kalau kamu terus melakukan sesuatu karena ingin memuaskan orang-orang ya nggak bisa. Bahkan berujung kamu nggak bakalan pernah puas. Jadi, coba deh luangkan waktumu sebentar aja.

4. Akan Selalu Ada Orang yang Tidak Menyukai Kamu

Terlalu Peduli Pada Perkataan Orang

Sumber Gambar : Pexel.com

Percaya deh mau sebaik dan sepintar apapun kamu, pasti akan selalu ada yang tidak menyukai kamu. Karena balik lagi, enggak ada manusia yang sempurna. Jadi pastikan kemanapun kamu pergi, cuman diri kamulah tempat kamu pulang. Jadi nggak perlu lagi deh pusing-pusing mikirin apa kata orang lain Nah gimana, buat kamu yang masih sering terlalu peduli pada perkataan orang dan tanpa sadar itu berakibat nggak baik buat kesehatanmu.

Yuk coba perlahan praktekin tips-tips di atas. Dan selalu ingat ya kalau “This is your life and you are in charge of your own happiness”.

About author

Related posts
GenK LIFE

Atasi Stres Pakai Lingkaran Kendali Bernama Circle of Control

GenK LIFE

Menerapkan Danshari ala Orang Jepang untuk Hidup Lebih Bahagia

GenK LIFE

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menurunkan Berat Badan!

GenK LIFE

Gimana sih Cara Agar Bisa Menghentikan Kebiasaan Berhutang?