Game & Teknologi

Mau Beli Iphone Bekas? Ketahui Dulu Deh, Istilah-Istilah Ini!

Ketika kita mau membeli sesuatu di marketplace, biasanya ada beberapa istilah yang digunakan oleh penjualnya untuk memberikan deskripsi atau keterangan. Akan tetapi, ada beberapa kata-kata yang jarang diketahui oleh para calon pembeli. Salah satunya yang sering kita lihat adalah istilah-istilah yang ada di keterangan produk Iphone bekas. Para penjual sering menggunakan istilah khusus yang jarang diketahui pembeli. Nah, biar gak salah beli dan malah bikin rugi, mending baca ini dulu deh!

1. Fullset OEM dan Batangan

Sumber Gambar : detik.net

Kalau membaca kata fullset, biasanya kita sudah paham akalu artinya adalah produk yang dijual ditawarkan dengan kelengkapan aksesoris yang lain. Mulai dari kepala charger, kabel charger, buku manual, handsfree, dan juga sticker original Apple. Tentunya, ini bukanlah sebuah istilah baru. Akan tetapi, jarang ada yang paham dengan istilah OEM.

Istilah OEM ini berarti bahwa seluruh aksesoris yang disediakan di dalam penjualan merupakan produk original dari Apple yang diproduksi oleh pihak ketiga. Nah, yang perlu kalian perhatikan lebih detail lagi adalah penggunaan kata OEM yang sering digunakan, namun ternyata sebenarnya KW, GenK.

Kalau istilah batangan sendiri, pasti udah banyak yang tau lah, ya? Istilah batangan ini berarti Iphone yang dijual hanya satuan unitnya saja tanpa ada kelengkapan aksesoris lain. Karena itu coba baca deskripsi terlebih dahulu sebelum membelinya ya

2. iCloud Kosong atau Bebas Reset

Iphone Bekas

Sumber Gambar : Grid.id

Berikutnya ada istilah keterangan iCloud kosong atau bebas reset. Kalau ada istilah yang satu ini berarti iPhone bisa tersambung dengan ID Apple yang kamu miliki. Seluruh fungsinya juga dapat digunakan secara normal. iCloud kosong juga menjadi salah satu indikasi bahwa iPhone yang dijual bukan hasil curian atau hasil barang black market.

3. Eks Internasional dan Eks iBox

Iphone bekas

Sumber Gambar : Venomku.com

Ini yang jarang diketahui sama kebanyakan calon pembeli nih. Istilah Eks internasional berarti iPhone yang dijual merupakan unit second dari luar negeri yang dibawa ke Indonesia untuk dijual lagi. Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan terutama dari segi garansinya.

Baca Juga :   Mengulik Progressive Web App, Rahasia Website Lebih Ngebut!

Sementara itu, eks iBox akan lebih mudah untuk klaim garansi karena garansi resmi Indonesia. Itulah kenapa, jika kamu ingin membeli unit yang bergaransi, ada baiknya untuk mencari iPhone eks iBox.

4. Battery health dan 3uTools hijau 100 persen

iphone bekas

Sumber Gambar : padandquill.com

Kalau istilah Battery health artinya adalah kesehatan baterai dari iPhone yang dijual. Semakin besar persentasenya dan mendekati 100 persen, semakin baik kondisi hp Iphone itu.

Sementara itu, 3uTools sebenarnya merupakan software yang umum dipakai untuk mengecek kondisi komponen iPhone yang telah direparasi atau diganti. Jika di kolom deskripsi produk terdapat penjelasan 3uTools hijau 100 persen, berarti iPhone yang ditawarkan belum mengalami penggantian komponen. Baik dari segi mesin, kamera, bateraidan sebagainya.

Sebaliknya, apabila dari deskripsi produk dan penjual tidak bisa menjamin 3uTools hijau 100 persen, ada kemungkinan bahwa Iphone yang ditawarkan merupakan barang KW atau rekondisi

5. IMEI dan Nomor Seri

Iphone Bekas

Sumber Gambar : Apple Support (ID)

Kalau IMEI pasti sudah tau kan? Ini merupakan sebuah kode produksi yang digunakan untuk melihat apakah unit yang ditawarkan sudah terdaftar di situs jaringan Kementerian Perindustrian. Jika IMEI tidak terdaftar, iPhone tidak akan bisa mengakses jaringan internet dengan data seluler.Sementara itu, nomor seri adalah nomor yang dapat mengidentifikasi bahwa iPhone merupakan produk orisinal Apple. Jika nomor seri tembus, artinya iPhone yang dijual merupakan produk asli.

Nah itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum membeli Iphone bekas. Intinya, tetap teliti dan jangan malu untuk bertanya sebelum membeli barang ya. supaya kalian juga tidak merasa rugi nantinya.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Rekomendasi Template Powerpoint Bertema Profesional Biar Presentasi Kamu Menarik!

Game & Teknologi

Serunya Fitur Collaboration Instagram, Udah Coba?

Game & Teknologi

5 Situs Virtual Exhibition yang Cocok Kamu Datengin Buat Ngilangin Penat!

Game & Teknologi

Apa Itu Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya untuk Keuntungan Bisnis?