Quiz

Mau Bikin Copywriting Lebih Menarik? Ada 5 Formula Rahasianya

copywriting

Buat kamu yang biasa bikin copywriting, udah semestinya memahami prinsip membuat copy tersebut. Bukan minuman kopi loh, yang dimaksud copy dalam copywriting merupakan tulisan berisikan informasi serta pesan untuk pemasaran brand. Maka dari itu, tentu ada ciri-ciri copy yang baik.

Ciri-Ciri Copywriting yang Baik

copywriting

Sumber Gambar : thoughtco.com

Copywriting yang baik itu pasti:

  • Efektif dengan sedikit kata yang emang diperlukan aja dan to the point.
  • Jelas serta ringkas dalam menyampaikan pesan bisa dipahami.
  • Tepat sasaran sesuai dengan target audiens yang dituju.
  • Informatif jadi meskipun beriklan tapi tetap bisa menarik pembaca.
  • Bikin penasaran sehingga audiens mau baca copy tersebut sampai habis.
  • Memberikan solusi di mana ini menjadi tugas copywriter buat mengolah copy.
  • Kredibel atau bisa dipercaya dengan berdasarkan fakta yang benar-benar ada.

Itu tadi ciri tulisan copy yang baik. Sekarang kita bisa langsung intip formulanya.

5 Formula Copywriting Paling Umum

Sumber Gambar : snexplores.org

Ada lima formula copywriting yang paling sering dipakai, yaitu:

  1. AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)

Formula ini bisa dibilang paling populer dipakai para copywriter. Dimulai dengan Attention yaitu sesuatu yang menarik perhatian pembaca. Dilanjutkan dengan Interest yaitu sesuatu yang menarik minat dan rasa penasaran. 

Kemudian, berlanjut dengan Desire yaitu menawarkan jawaban dan solusi yang dicari pembaca. Terakhir, tutup dengan Action yaitu mengarahkan pembaca buat mengambil tindakan sesuai dengan harapan atau tujuan copy tersebut.

2. PAS (Problem, Agitate, Solution)

copywriting

Sumber Gambar : oxfordsummercourses.com

Kalau formula yang ini bisa dikatakan simpel dalam menerapkannya. Pertama berikan Problem yaitu mengajak pembaca buat menyadari sebuah permasalahan. Selanjutnya berikan Agitate yaitu kaitan permasalahan tersebut dengan pembaca.

Terakhir, tuliskan Solution berupa solusi untuk permasalahan tadi sekaligus bikin pembaca yakin serta percaya diri buat take action.

3. IDCA (Interest, Desire, Conviction, Action)

Di formula copywriting ini pembaca langsung diajak ke topik inti yang bikin penasaran, nggak pakai menarik perhatian seperti formula AIDA. Jadi, pertama tulis Interest atau sesuatu yang memancing rasa penasaran pembaca. Selanjutnya Desire yakni memberi jawaban serta solusinya.

Kemudian, berikan Conviction yaitu mengajak pembaca supaya mau dan pede untuk take action. Terakhir yaitu Action dengan mengarahkan pembaca buat ambil tindakan sesuai harapan dan tujuan copy itu sendiri.

4. ACCA (Awareness, Comprehension, Conviction, Action)

Sumber Gambar : unsplash.com

Formula yang ini fokus terhadap masalah yang dialami audiens, terus masuk ke solusi yang bisa ditawarkan. Pertama tulis dulu Awareness dengan mengajak pembaca sadar akan suatu masalah. 

Selanjutnya, tulis Comprehension yaitu menyampaikan hubungan masalah ini dengan pembaca serta jelaskan kalau kamu ada solusinya buat permasalahan tersebut. Kemudian, berikan Conviction yang membuat pembaca yakin dan akhirnya mau untuk take action.

Terakhir, tulis kalimat-kalimat Action yang mengajak pembaca buat mengambil tindakan seperti yang diharapkan atau sesuai dengan tujuan copy tersebut.

5. QUEST (Qualify, Understand, Educate, Stimulate, Transition)

Sumber Gambar : glints.com

Untuk formula copywriting yang ini bisa dibilang beda. Formula ini dimulai dengan memaparkan fakta menarik atau bisa langsung masuk ke inti copy-nya. Pertama, kamu menulis Quality yang menjelaskan informasi seperti apa yang bakal dibaca audiens.

Selanjutnya, masuk ke bagian Understand yaitu berusaha melihat dari sudut pandang pembaca dan memahami mereka dengan menunjukkan empati. Lalu, berlanjut dengan Educate yaitu memberi solusi untuk masalah yang dibahas ke pembaca.

Selanjutnya adalah Stimulate yaitu memengaruhi pembaca buat pakai solusi yang udah kamu berikan. Kemudian terakhir adalah Transition yakni mengarahkan pembaca buat menjadi pelanggan dari solusi yang kamu beri. Jadi, ajak pembaca buat daftar atau subscribe.

Itulah tentang copywriting dan formula untuk bikin tulisan copy yang baik. Siapa tahu bisa jadi referensi biar copy-mu semakin oke.

About author

Related posts
Quiz

Website Gratis untuk Aset Desain yang Selalu Jadi Jujugan Desainer Internasional

Quiz

Seberapa Siap Kamu dalam Mengembangkan Bisnismu?

Quiz

Seberapa Paham Kamu Tentang Business Relationship?

Quiz

Seberapa Paham Kamu Tentang Strategi Membangun Branding? Cek disini!