Arsitektur & Interior

Mau Rumahmu Terlihat Lebih Minimalist dan Bersih? Simak Tips Ini!

Gaya desain Minimalist merupakan sebuah gaya desain yang sering kali digunakan dalam kalangan masyrakat belakangan ini, terutama dalam mendesain sebuah desain interior bagi tempat tinggal mereka. Tidak sedikit dari orang-orang yang ingin mengubah ataupun me re-desain tempat tinggal mereka untuk menjadi lebih minimalist. Hal ini dikarenakan desain minimalist dan bersih merpakan 2 hal yang saling berkaitan.

Style desain interior ini dapat membuat rumah ataupun tempat tinggal menjadi lebih berkesan bersih, nyaman dan santai. Yang dimana, kesan ini dapat membuat seseorang yang tinggal menjadi betah untuk berlama-lama di rumah.

Tidak hanya itu saja, style minimalist ini dapat mempermudah pengguna ruang dalam hal maintenance dan juga dalam hal menjaga kebersihan ruang. Selain dari pada itu, gaya minimalist ini dapat membantu permasalahan keterbatasan lahan. Karena gaya interior minimalist ini dapat memanfaatkan ruang secara efektif dan juga efisien.

Tetapi, mungkin masih banyak dari teman-teman yang bingung apa itu minimalist dan juga bagaimana cara menerapkannya dalam tempat tinggalmu. Oleh sebab itu, yuk kita kupas lebih dalam lagi style minimalist ini!

  1. Apa itu Style Minimalist?

What is minimalist interior design style? | Tarkett

Sumber Gambar : Home-tarkett.net

Dalam interior, minimalist adalah sebuah style desain yang di mulai pada abad ke 20, sekitar tahun 1920-an. Yang dimana  Van der Rohe, yaitu arsitek terkemuka pertama yang menggunakan prinsip dan juga gaya minimalisme pada desainnya. Prinsip minimalism ini pun turut berkembang hingga sekarang ini, dan selalu up to date, karena jaman sekarang ini , material seperti kayu, baja,besi,logam sudah memiliki banyak sekali motif dan variasi.

Gaya desain minimalis ini merupakan sebuah gaya desain yang tidak mempunyai acuhan waktu dan periode tertentu, melainkan gaya desain ini akan terus berkembang seiring berkembangnya jaman. Beberapa karakteristik yang mencerminkan gaya minimalis ini adalah minimalis, bersih, sederhana dan berkesan santai. Style ini membantu pengguna ruang untuk mendapatkan rasa tenang ,santai dan juga nyaman. Hal ini sangat berguna dalam hal work from home, belajar di rumah dan berbagai aktivitas lain dalam rumah.

  1. Penentuan Warna

Sumber Gambar : Home-design.com

Penentuan warna dasar dalam style simple minimalist ini merupakan suatu hal yang mendasar dan sudah seharusnya diperhatikan. Yang dikarenakan, style ini memiliki warna ciri khas yang monokromatik. Dan juga ,perlu perhatikan juga bahwa style ini tidak bermain terlalu banyak dengan warna. Sehingga warna masih terlihat menyatu, cerah dan juga natural.

Tips penerapan warna dasar yang bisa kamu terapkan dalam tempat tinggalmu, yakni cara “60, 30, dan 10”. Ini merupakan cara dengan menerapkan persentase penggunaan warna dalam sebuah desain. Perhatikan Contoh pewarnaan interor minimalist pada gambar di bawah ini .

Sumber Gambar : Pinterest

Seperti yang bisa kita lihat pada gambar, bahwa pewarnaan dalam desain interior minimalis ini mempunyai perbedaan persentase dalam penggunaan perbedaan warna pada ruangan. Kalian bisa menerapkan tips ini dalam kamar kalian, agar dapat memberikan kesan monokrom dan juga minimalis yang di harapkan.

  1. Penentuan Material

Sumber Gambar : home-design.com

Material yang digunakan oleh style minimalis ini berupa material kayu,kaca, dan juga finishing material yang tidak berpola dan halus, agar menciptakan nuansa minimalis pada ruang.

  1. Penataan Ruang

Minimalist dan Bersih

Sumber Gambar : 99.co

Penataan ruang atau juga Sirkulasi dalam style ini sangat direkomondasikan untuk di buat secara open space atau terbuka. Yang dimana akan membantu memberikan kesan luas dan terbuka dalam ruang. Penerapan sirkulasi open space ini, dapat dilakukan dengan cara menyingkirkan sekat-sekat yang tidak diperlukan di dalam ruang. Dengan sirkulasi open space ini, teman-teman dapat lebih merasakan nuansa luas dan juga nyaman dalam ruang.

 5. Furniture dan Dekorasi

Minimalist dan Bersih

Sumber Gambar : Mansionglobal.com

Furniture dan juga dekorasi adalah hal yang dapat membantu dalam style desain ini. Kita bisa menggunakan ataupun memilih furniture dan dekorasi yang sederhana ,tertutup dan juga simple . Hal ini tentunya akan membantu menambahkan kesan santai dalam style ini.

6. Penerapan Jendela

Minimalist dan Bersih

Sumber Gambar : Archello.com

Penerapan jendela dalam ruang juga merupakan hal yang tidak bisa dilupakan dalam style minimalist ini, karena jendela merupakan hal yang dapat memberikan kesan menyatu dengan lingkungan sekitar yang dimana akan kesan tersebut dapat menambah kesan santai dalam ruang. Oleh sebab itu , peletakan jendela dalam ruang harus diperhatikan agar pemandangan dari luar ruang dapat membantu kesan santai yang tercipta di dalam ruang.

Setelah membaca beberapa poin di atas, apakah kalian sudah menjadi lebih paham akan Minimalist, dan juga cara menerapkannya? Yuk terapkan style minimalist dalam rumah kalian!

Ditulis oleh : Christian Johan(Mahasiswa Jurusan Desain Inteiror, Universitas Kristen Petra)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.