Creativepreneur and Career

Memahami Collaborative Story Sebagai Strategi Rahasia Marketing

collaborative story

Ada sebuah strategi marketing yang disebut collaborative story, tapi bisa jadi, ada yang belum kenal istilah ini. Istilah marketing ini seketika ramai dibahas, awal mulanya dari sebuah tweet. Jadi, belakangan netizen dibikin heboh karena ada tweet dari akun WeTV dan Netflix Indonesia yang saling bersinggungan. 

Tweet Saling Menyebut Satu Sama Lain

Sumber Gambar : Kumparan.com

Berawal dari pertanyaan seorang follower Netflix, tentang episode kesekian Layangan Putus apakah udah tayang. Nah, padahal series Layangan Putus itu cuma ditayangkan di WeTV. Netflix Indonesia pun merespon tweet tersebut. Mereka santai aja membalas dengan memberitahu, untuk nonton Layangan Putus bisanya di WeTV. 

Kemudian, tweet tersebut juga disambut oleh WeTV dengan ramah. WeTV bahkan juga menyebutkan, ada series Netflix yang punya alur mirip banget sama Layangan Putus, dan memiliki tokoh pelakor yang sama-sama bikin geregetan seperti Lidya, namanya Emily.

Langsung Menarik Perhatian Publik

aplikasi streaming film, WeTV

Sumber Gambar : kompas.com

Tentu aja, meskipun nggak disadari, kedua akun yang saling memposting ini seketika langsung menarik perhatian publik, khususnya para netizen pengguna akun Twitter. Soalnya, Netflix dan WeTV merupakan dua brand di bidang industri yang sama. Market mereka juga sama.

Publik melihat hal tersebut dan berpikir, oh, berarti dua brand ini punya hubungan baik, dan nggak nunjukin tanda-tanda sebagai rival. Jadi, para pengguna sosmed malah berdecak kagum melihat hal tersebut. Soalnya kedua brand ini kompetitif, tapi mereka bisa saling bikin tweet yang kolaboratif.

Memang Netflix dan WeTV adalah layanan streaming yang terpopuler di Indonesia. Sampai sekarang, kedua brand ini kuat dari segi branding, dan punya deretan series serta film berkualitas. Nah, saat Netflix dan WeTV bersinggungan dengan saling kirim tweet beberapa waktu lalu, mereka secara nggak langsung menerapkan yang namanya collaborative story.

Pengertian Collaborative Story

collaborative story

Sumber Gambar : jatimtimes.com

Kolaborasi merupakan cara yang efektif banget buat memaksimalkan branding di era digital ini. Collaborative story adalah cerita yang dibuat di antara dua brand atau lebih, yang bisa berdampak bagi setiap brand tersebut.

Jadi, collaborative story pada dasarnya bisa jadi cara alternatif, yang saling menguntungkan semua brand yang menjalin kerja sama. Kedua brand ini bisa sama-sama promosi ke followers masing-masing. Followers WeTV bisa promosi ke followers Netflix, dan sebaliknya.

Dengan begitu, pengaruhnya yaitu kedua brand sama-sama mengalami peningkatan engagement. Nah, engagement ini penting banget peranannya, terutama untuk marketing digital. 

Tingkatkan Engagement dengan Collaborative Story

collaborative story

Sumber Gambar : maucash.id

Engagement bisa jadi acuan buat memperluas jangkauan serta relevansi sebuah brand di dunia digital. Manfaat engagement besar banget buat menjadi penghubung antara konsumen dan brand, jadi keduanya bisa selalu berinteraksi dengan baik.

Dari kasus tweet Netflix dan WeTV, bisa diketahui bahwa brand-brand ini sangat sering berinteraksi dengan followers mereka. Salah satu cara buat menambah engagement seperti ini adalah dengan bikin konten interaktif. Apa itu? Konten interaktif adalah konten yang nggak cuma fokus buat promosi, tapi juga mengajak followers buat ikutan berpartisipasi. 

Kesimpulan

collaborative story

Sumber Gambar : akseleran.co.id/

Sederhananya, collaborative story yang dibuat dengan cara interaktif, itu kalau di dunia nyata, ibarat orang yang lagi berkelahi. Dampaknya begini:

  • Mengundang perhatian semua orang di sekitar
  • Orang-orang sebelumnya nggak kenal mereka, tapi sekarang jadi mengenalnya
  • Semula orang-orang cuek dan nggak peduli, tapi sekarang jadi penasaran, mau tahu apa sih yang terjadi 

Jadi, strategi rahasia marketing nggak harus selalu saling bersaing buat jadi nomor satu. Justru, dengan bekerja sama seperti melalui collaborative story bersama kompetitor, branding kamu bisa meningkat, profit kamu juga ikutan naik. 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!