Creativepreneur and Career

Memahami Strategi Pemasaran 4P Beserta Peranannya dalam Bisnis

strategi-pemasaran-4p

Dalam membangun suatu bisnis, strategi pemasaran menjadi sesuatu yang sangat penting. Kamu perlu membuat perencanaan matang untuk ini. Salah satunya yang paling efektif adalah strategi pemasaran 4P. Ini merupakan strategi yang tepat dan menyeluruh, untuk memasarkan produk dan jasa kamu. Strategi ini akan membantu meningkatkan promosi produkmu. Yuk, kita pelajari strategi ini selengkapnya.

Apa Itu Strategi Pemasaran 4P?

strategi pemasaran 4p

Sumber : Unsplash.com

Strategi ini juga dikenal dengan istilah bauran pemasaran. Neil Borden adalah sosok penggagas ide tersebut. Menurut definisi Neil, eksekutif pemasaran merupakan seseorang yang mengombinasikan berbagai bahan, untuk menciptakan resep yang tepat, dalam memasarkan sebuah produk.

Akhirnya, berawal dari gagasan tersebut, McCarthy merangkum semuanya dalam satu konsep, yaitu strategi pemasaran 4P. Nah, 4P adalah product, price, promotion dan place. Atau, produk, harga, promosi dan tempat. Keempatnya adalah aspek penting yang wajib kamu rencanakan dengan matang.

Product (Produk)

Sumber : Unsplash.com

Ini adalah strategi marketing 4P yang pertama. Tentunya kamu harus punya produk untuk dipasarkan. Produk ini berupa barang yang berwujud dan jasa yang nggak berwujud. Ada hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan tentang produk. Hal tersebut di antaranya yakni rancangan, fitur, kualitas, merek, logo, variasi produk, kemasan dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga perlu menjangkau target pembeli yang sesuai dengan rencanamu. Kamu juga bisa bikin kuesioner untuk calon konsumen, atau membagikan produk sampel. Dari sini, kamu bisa memastikan produkmua benar-benar bisa bersaing di pasaran.

Price (Harga)

Sumber : coloraccounting.com

Bukan hal mudah untuk menentukan harga produk. Soalnya, harga inilah yang dipertimbangkan calon pembeli sebelum membeli barang. Harga jual produkmu harus sesuai dengan kualitasnya. Satu lagi, harganya juga harus pas dengan harga pasaran sesuai target pasarmu.

Baca Juga :   Cara Melayani Pelanggan yang Ajukan Komplain, Penting Lakukan Hal Ini!

Misalnya, kamu bikin target pasar golongan menengah. Maka, kamu nggak bisa memberi harga yang terlalu mahal. Nggak bisa juga kalau terlalu murah. Kalau kemahalan, orang jadi enggan membelinya. Kalau terlalu murah, orang meragukan kualitasnya.

Promotion (Promosi)

strategi pemasaran 4P

Sumber : Unsplash.com

Strategi bisnis selanjutnya dalam pemasaran 4P adalah promosi. Semua orang suka harga promosi. Cara ini juga bisa menarik konsumen lebih banyak. Tujuan strateginya adalah memberitahu calon pembeli tentang produk kamu. Juga meyakinkan mereka agar membelinya.

Banyak strategi promosi yang bisa dilakukan. Misalnya, potongan harga atau diskon. Kemudian, promo beli 1 gratis 1, atau diskon untuk barang kedua yang dibeli. Lakukan riset dulu biar ketemu strategi yang pas untuk promosi. Kamu juga bisa promo lewat media sosial, iklan atau menawarkan ke teman.

Place (Tempat)

strategi pemasaran 4P

Sumber : squarespace.com

Terakhir, yaitu unsur strategi yang berupa tempat. Ini benar-benar penting juga karena merupakan tempat usaha. Misalnya, tempat usahamu sulit dijangkau konsumen atau logistik yang mengirimkan barang. Gimana kamu bisa jualan produk kamu? Ya, kan.

Nggak cuma itu. Perhatikan juga lingkungan di sekitar tempat usaha kamu. Ada, nggak, bisnis yang serupa? Ini penting banget. Soalnya, kalau ada saingan yang ternyata berat. Terus, produk kamu nggak bisa bersaing, ini menjadi ancaman buat bisnismu.

Satu lagi, pastikan kalau tempat usahamu cocok dengan kondisi lingkungan di sekitar. Misalnya, kamu mau bikin kedai kopi kekinian dengan harga bersahabat. Bakal lebih baik kalau kamu buka kedai di sekitar lingkungan perkantoran atau kampus. Soalnya, karyawan dan mahasiswa sekarang suka banget kopi kekinian.

Nah, jadi itu tadi sekilas tentang strategi pemasaran 4P. Ada juga contoh-contoh strateginya secara sederhana. Dari sini, semoga kamu mendapatkan insight yang bermanfaat, dalam merancang strategi bisnis.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Memanfaatkan Podcast Untuk Bisnis Agar Makin Cuan Tahun 2022

Creativepreneur and Career

Lighting Designer, Profesi Menjanjikan yang Jarang Diperhatikan

Creativepreneur and Career

Cara Cerdas Buat Menjawab "Kenapa Kamu Ingin Pekerjaan Ini" Saat Interview

Creativepreneur and Career

Kulik-Kulik tentang Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan dan Kiat Menjalankannya