Arsitektur & Interior

Memaksimalkan Fungsi Ruang dengan Bangunan Mixed Use Building

Perkembangan zaman yang serba modern seperti sekarang ini berdampak pada gaya hidup masyarakat. Salah satu gaya hidup yang mencolok sekarang ini adalah gaya hidup masyarakat yang serba modern. Di daerah perkotaan, konsep ruang hunian secara khusus menjadi kurang efisien dikarenakan tingkat kebutuhan ruang yang sangat tinggi. Namun industri property kini semakin kreatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Industri properti kini menggandeng para desainer untuk menciptakan ide-ide dan solusi untuk dapat memenuhi permintaan konsumen. Salah satu permintaan yang inovatif dan kreatif yang banyak dibutuhkan yaitu pengembangan Mixed Use Building. Mixed Use Building merupakan sebuah bangunan multifungsi yang terdiri dari satu atau beberapa bangunan yang saling berhubungan namun memiliki fungsi yang berbeda.

Mixed Use Building merupakan solusi yang berguna untuk perancangan bangunan dengan tujuan untuk menyatukan berbagai fungsi dan aktivitas di satu lahan yang sama. Kalian mungkin akan sering menemukan Mixed Use Building pada kota – kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Dengan konsep Mixed Use Building, maka sebuah bangunan akan memiliki fungsi serta fasilitas yang saling berhubungan satu sama lain.

Dalam perancangannya, Mixed Use Building dapat mengkombinasikan berbagai konsep serta karakteristik yang membedakan satu sama lain, yang biasanya kita sering temukan adalah bergaya modern, minimalist, japandi, dll. Salah satu konsep yang akan kita bahas yaitu Modern Kontemporer. Nah, kira – kira seperti apakah penerapan konsep modern kontemporer pada desain Mixed Use Building? Mari kita simak bersama.

Gaya Butik yang Mewah

Sumber Gambar : ARSENT & Christian Anugrah

Pada Mixed Use Building lantai satu merupakan butik yang ditujukan untuk lifestyle. Butik ini didesain dengan gaya modern luxury sehingga dapat menarik perhatian pengunjung. Kebanyakan orang tentu tertarik dengan hal yang mewah karena membuat eye catching. Penggunaan kaca, steel, serta marmer pada interior butik ini menambahkan kesan modern yang semakin kental sehingga menonjolkan nilai kemewahan dan estetika.

Sumber Gambar : ARSENT & Christian Anugrah

Selain itu penataan ruang serta perlengkapan yang ada didalamnya juga tampak kekinian sesuai dengan tren sehingga lebih dinamis. Penggunaan elemen garis lurus serta bentuk geometris pada dekorasi menambahkan kesan yang menarik dan tidak membosankan. Pemilihan warna sederhana seperti hitam, putih, abu, dan coklat memberikan aksen dan kesan yang lebih dinamis,  tidak lupa sentuhan warna gold untuk menambah kesan mewah dan elegan.

Desain Café yang Fresh

Sumber Gambar : ARSENT & Christian Anugrah

Café yang terletak pada lantai dua ini terdiri dari café indoor dan outdoor. Pembagian ruang tersebut membuat ruang lebih terang karena cahaya alami dari bagian outdoor dapat masuk ke dalam ruangan indoor.

Penggunaan lantai warna putih membuat cahaya bisa dipantulkan ke seluruh ruang. Selain itu, jendela besar yang transparan namun dilapis stiker sandblast agar tidak silau tetapi cahaya alami dapat masuk ke dalam ruangan. Penggunaan warna-warna coklat kayu pada interior dinding dan plafon membuat suasana semakin cozy, serta warna colorful pada perabotan menambah kesan indah dan mencolok.

Coworking yang Nyaman nan Fun

Sumber Gambar : ARSENT & Christian Anugrah

Momen meeting merupakan momen penting karena para pekerja mengeluarkan ide – ide terbaiknya saat itu. Karena peran penting tersebut, Coworking Space dirancang dengan konsep fun dan friendly sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Tidak hanya dilengkapi dengan perabotan kayu yang nyaman, dekorasi panel dinding yang colorful dapat menaikkan mood, dan juga tulisan-tulisan quotes dari neon yang cantik membuat terasa santai serta unik.

Feels Like Home

Sumber Gambar : ARSENT & Christian Anugrah

Ruang apartemen tidak hanya berisikan kamar tidur namun juga livingroom serta dapur. Desain modern kotemporer merupakan desain yang sedang tren saat ini dan sering digunakan. Menggunakan berbagai aksen minimalis merupakan faktor utama dalam desain modern serta penambahan suasana yang mewah dan perpaduan warna yang serasi.

Mixed Use Building

Sumber Gambar : ARSENT & Christian Anugrah

Sebagai ruang ‘hibernasi’ kenyamanan kamar tidur merupakan faktor utama dan penting disamping ruang lainnya. Tidak hanya kesan mewah namun aspek kenyamanan perlu diperhatikan agar pemilik nyaman tinggal didalamnya.

Sentuhan material seperti marmer atau granit yang ada mampu memberikan tampilan yang nyaman dan lembut. Perpaduan warna yang netral seperti putih uga memberikan kesan elegan serta lebih bersih.

Chill Together

Mixed Use Building

Sumber Gambar : ARSENT & Christian Anugrah

Pada lantai teratas dari Mixed Use Building terdapat rooftop yang dapat digunakan untuk bersantai maupun BBQ. Rooftop ini tidak hanya sebagai ruang bersantai, diskusi, smooking area, namun juga bisa dipakai bekerja. Pemandangan dari atas membuat suasana semakin terasa santai ditambah tiupan – tiupan angin berhembus.

Mixed Use Building

Sumber Gambar : ARSENT & Christian Anugrah

Itu dia beberapa contoh desain yang dapat kalian jadikan referensi untuk mendesain bangunan multifungsi dengan gaya modern kontemporer. Ingat kuncinya! pemilihan warna netral dengan sedikit sentuhan kontras, pencahayaan alami yang maksimal di setiap sudut ruang, dan yang terakhir untuk menambah kesan lebih modern serta menarik kalian bisa menambahkan elemen garis atau material – material natural, jangan lupa mengaplikasikan teknologi untuk mempermudah aktivitas sehari – hari kalian.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.