GenK LIFE

Yuk, Berhenti Membandingkan Diri dengan Masa Lalu Agar Lebih Tenang!

membandingkan diri dengan masa lalu

Kamu pasti pernah melihat pemberitahuan di media sosial yang menunjukkan foto maupun update statusmu lima atau sepuluh tahun yang lalu. Mau tidak mau kamu pun melihatnya. Sayangnya, seringkali postingan tersebut tidak membuatmu senang. Sebab, kamu justru jadi membandingkan diri dengan masa lalu. Apalagi, jika pada saat itu kamu suka memposting status galau, atau foto-fotomu yang menunjukkan kondisi fisik berbeda dari sekarang, misalnya lebih padat berisi atau jauh lebih kurus. Tiap orang pasti punya masa lalu. Namun, jangan biarkan hal tersebut menghantuimu. Lepaskanlah masa lalu yang sekiranya terasa membebanimu. Berhenti untuk membandingkan mulai dari sekarang. Berikut hal-hal yang perlu kamu lakukan.

Pikirkan tentang hal-hal yang membuatmu bersyukur

mensyukuri apa yang ada

sumber: pexels.com

Kamu sudah melalui masa-masa sulit, apalagi jika itu berlangsung baru-baru ini, misalnya dalam beberapa bulan terakhir. Menurut Dr. Elena Touroni, psikolog konsultan sekaligus co-founder/CEO My Online Therapy, penting bagimu untuk mengakui bahwa beberapa bulan terakhir adalah masa yang berat. Pengaruhnya besar terhadap kondisi fisik, mental dan emosionalmu. Jadi, sekarang, bersikaplah yang baik kepada dirimu sendiri. Ubah fokusmu terhadap hal-hal baik yang terjadi kepadamu dan membuatmu bersyukur. Catatlah di buku jurnal atau diary, setelah itu kamu bisa membacanya kembali. Hal ini bisa membuat kamu memahami dan mengenali diri kamu lebih mendalam, lho.

Sadari pemikiran kritis yang ada di dalam diri kamu sendiri

kelola pikrian

sumber: pexels.com

Kamu hanya perlu mendengarkan pikiran galaumu, tanpa perlu mempercayainya. Pikiran hanyalah pikiran, bukan fakta. Menurut Dr. Maryhan Baker, psikolog dan parenting coach, kita semua punya dialog internal dengan batin kita, itu bisa jadi sangat kritis. Kamu sampai yakin kalau pikiran galau tersebut pasti nyata, tapi itu salah. Setidaknya sadarilah, kamu boleh galau, tapi dirimu yang sekarang ini lebih baik dan lebih kuat, bisa mengenali penyebabnya dan cara untuk membantu dan memahami diri sendiri.

Baca Juga :   5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri untuk Menjaga Kesehatan Mental

Pikirkan kamu ingin menjadi seperti apa, bukan bagaimana dirimu yang dahulu

self affirmation memahami diri

sumber: pexels.com

Jadi begini, masa lalu itu sudah lama pergi. Kamu tidak perlu berdebat tentang fakta tersebut. Hal yang bisa kamu ubah adalah masa depan. Masih menurut Dr. Maryhan, kuncinya adalah melakukan kebiasaan positif yang baru. Hentikan melakukan kebiasaan lama yang terus-terusan membuatmu mengkritik diri sendiri. Misalnya, sekarang kamu bisa rutin melakukan meditasi untuk fokus terhadap diri sendiri yang berharga.

About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Catat! Ini Dia Financial Planning untuk Gaji UMR

GenK LIFE

Yuk, Kenalan Sama Yang Namanya Bank Asosiatif!

GenK LIFE

Buat Kamu yang Sering Merasa Mager di Pagi Hari, Coba Tips Produktif Ini!

GenK LIFE

Kalau Udah Merasakan Hal Ini, Artinya Tubuhmu Perlu Istirahat, GenK!