Creativepreneur and Career

Cara Membangun Bisnis Fashion dengan Brand Sendiri, Cari Tahu di Sini!

GenKs, kamu ingin memulai bisnis fashion karena tergiur melihat akhir-akhir ini yang namanya bisnis produk fashion di pasar online itu cukup menjanjikan? Eits, tapi jangan asal-asalan, lho. Karena meski peluang sukses di bisnis fashion terbilang gemilang, kalau nggak tahu triknya, bukannya untung bisa-bisa kamu malah merugi dan gagal, guys. Nah, berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum membangun bisnis fashion, terutama kamu yang ingin mendirikan brand sendiri. Gimana, sih, caranya?

Langkah #1: Lakukan Riset Produk

Sumber Gambar : treehugger.com

First step yang wajib kamu lakukan sebelum memulai bisnis di bidang fashion adalah riset produk. Langkah ini penting untuk membantumu menentukan produk apa yang akan dijual nantinya. Jangan sampai asal memilih produk yang ingin kamu jual. Dan hindari pula memilih produk hanya berdasarkan asumsi pribadimu. Kamu butuh data sesuai dengan kondisi pasar saat ini agar produkmu bisa diterima, guys.

Langkah #2: Kenali Target Pasarmu

Sumber Gambar : windows.net

Nggak kalah penting dengan langkah step 1, mengenali target pasar sangat dibutuhkan saat kamu akan memulai bisnis. Apa pun. Dengan begitu kamu bisa menciptakan produk yang nggak cuma disukai, tapi sekaligus dibutuhkan konsumen. Target pasar juga akan membantumu menyusun strategi marketing yang paling efektif.

Langkah #3: Perhatikan Kompetitor Bisnismu

Sumber Gambar : hswstatic.com

Eits, bukan maksudnya ingin bersaing secara kotor, lho, GenKs. Memperhatikan kompetitormu artinya kamu harus mempelajari apa kelebihan dan kekurangan produk mereka, gimana cara mereka memasarkan produknya hingga tips dan trik pendistribusiannya. Nah, berbekal informasi itu, kamu bisa bikin produk dengan daya saing yang kuat.

Langkah #4: Susun Business Plan

Sumber Gambar : vecteezy.com

Berikutnya, hal penting yang harus dilakukan sebelum membuka usaha bisnis fashion adalah merancang perencanaan bisnis dengan sangat konkret. Nantinya perencanaan bisnis ini akan jadi pedomanmu dalam menjalankan bisnis. Kamu bisa memakai business plan template yang tinggal diisi. Simple, kan?

Langkah #5: Persiapkan Anggaran

membangun bisnis fashion

Sumber Gambar : news.uga.edu

Peran anggaran sangatlah penting dalam memulai sebuah bisnis. Masalahnya di sini bukanlah sedikit atau banyaknya modal, melainkan gimana kamu mengatur dan mengelola modal itu untuk memulai dan menjalankan bisnismu. Buatlah rincian anggaran dengan tepat dan catatlah semua rencana pengeluaran bisnismu.

Langkah #6: Persiapkan Produk

membangun bisnis fashion

Sumber Gambar : apparelwin.com

Agar bisa bersaing dengan para kompetitormu, pastikan kamu memberikan produk dengan keunggulan yang nggak mereka punyai. Selain itu, rutinlah membuat pembaruan pada produk-produkmu. Dan yang nggak kalah penting dalam menjalani bisnis fashion adalah, selalu sajikan produk orisinil dan berkualitas, mulai dari desain, pemilihan warna hingga logo brand kamu.

Langkah #7: Waktunya Sesi Pemotretan Produk!

membangun bisnis fashion

Sumber Gambar : cloudfront.net

Konsumen akan tertarik membeli jika mereka melihat foto tampilan produk yang bagus. So, pastikan siapkan sesi pemotretan produk fashion-mu sebaik-baiknya, guys. Karena hasil pemotretan produk itu bakal dipajang di katalog website toko online-mu, iklan dan juga postingan media sosial. Pilih model yang sesuai, gunakan background putih, ambil angle foto yang tepat dan foto detail produk adalah tips-tips yang patut kamu perhatikan jika ingin menghasilkan foto produk fashion yang terlihat profesional.

Langkah #8: It’s Time!

membangun bisnis fashion

Sumber Gambar : dribbble.com

Dan tibalah tahap paling dinantikan oleh semua pemilik bisnis, yakni launching produk, baik di website toko online maupun toko offline. Sebelum benar-benar me-launching-nya, kamu bisa memberi pengumuman coming soon sebagai tanda pre-launching produk teranyarmu agar konsumen bersiap menunggu the day. Dan jangan lupa tampilkan beberapa produk sekaligus penawaran spesial darimu.

Gimana, udah siap membangun bisnis fashion dengan brand-mu sendiri, GenKs?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Apa Itu Pinned Post Instagram dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Creativepreneur and Career

5 Skill Penting yang Wajib Dikuasai Content Creator untuk Dapatkan Peluang Sebesar-besarnya

Creativepreneur and Career

Tips Sederhana Tapi Ampuh dalam Membuat Headline Instagram yang Menarik dan Eye-catching

Creativepreneur and Career

Tahap-Tahap Fase Bisnis Kuliner untuk Memulainya