Arsitektur & Interior

Cara Membangun Rumah Ramah Lingkungan Biar Alam Tetap Lestari

rumah ramah lingkungan

Ketika membangun rumah baru, kamu pasti ingin bisa berhemat untuk biaya pembangunannya. Di samping itu, kamu pun bisa sekaligus memiliki rumah ramah lingkungan. Bisa, kok. Akan tetapi, kamu mungkin masih bingung mau mulai dari mana. Kamu bisa memperhatikan hal-hal penting dalam membangun rumah yang ramah lingkungan, seperti berikut ini.

Gunakan Pintu dan Jendela Berkualitas

pintu dan jendela rumah

sumber: pexels.com

Tips yang penting dalam memilih pintu dan jendela adalah pastikan bahwa semuanya bisa ditutup rapat. Selain memilih material yang bagus, pemasangan pintu dan jendela harus tepat. Jadi, terutama saat cuaca dingin, udaranya tidak akan masuk menembus celah-celah pintu dan jendela. Lalu, saat cuaca panas, udara di dalam rumah juga bisa dengan mudah bersirkulasi keluar.

Menginstal Sistem Saluran Udara yang Efisien

instalasi udara rumah ramah lingkungan

sumber: pexels.com

Kalau kamu berencana untuk tidak memasang sistem pendingin atau pemanas, seperti misalnya AC untuk mendinginkan udara, maka perhatikan sistem saluran udara di rumahmu. Menurut Energystar.gov, 20% udara yang mengalir melalui sistem saluran penggerak udara panas dan dingin di seluruh rumah, terbuang karena bocor akibat sambungan yang buruk. Pastikan sistem saluran udaramu tersegel dengan benar, ini membantu menghemat energi juga.

Ingat Bahwa Insulasi Itu Penting

insulasi rumah

sumber: pexels.com

Insulasi yang buruk bisa menyebabkan masalah pemanasan dan pendinginan di dalam rumah. Bisa-bisa kamu jadi menggunakan lebih banyak energi daripada seharusnya, karena sistem isolasi yang buruk mempercepat aliran udara panas. Insulasi atau penyekatan penting karena berfungsi untuk mengontrol suhu rumah selama bertahun-tahun. Gunakan produk insulasi yang berkualitas baik. Kamu juga bisa menggabungkan desain rumah tropis supaya rumah kamu anti gerah, lho.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips Untuk Menghidupkan Kembali Desain Retro Di Rumah!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Arsitektur & Interior

Seni Membangun Ruang: Ruang Tidak Hanya Punya Fungsi tapi Juga Ada Citranya!