Hobi & Kriya

Membuat Aquascape Low Budget untuk Dekorasi Rumah

tips-membuat-aquascape-low-budget

Rasanya pasti lebih menyenangkan jika di rumahmu ada akuarium untuk ikan hias. Apalagi akuarium bisa menjadi dekorasi yang cantik di rumah. Kamu bisa menggunakan konsep aquascape khusus untuk menciptakan habitat ikan yang asli seperti di dalam laut. Nuansa di dalam ruanganmu jadi makin segar dan hidup. Nggak harus mengeluarkan uang sangat banyak, sebab ada tips membuat aquascape low budget. Simak langkahnya!

Mengumpulkan Bahan yang Dibutuhkan

mengumpulkan bahan membuat aquascape

Sumber: gstatic.com

Mengumpulkan bahan untuk membuat aquascape merupakan langkah pertama yang penting. Kumpulkan dahulu semua bahan dasarnya. Kamu bisa mencari bahan-bahannya yaitu akuarium, pasir, pupuk, bebatuan, tanaman, saringan, pompa dan lampu. Untuk akuariumnya cari yang murah saja, banyak, kok, yang harganya di bawah Rp500.000.

Mengatur Bagian Dasar di dalam Akuarium

atur bagian dasar akuarium

Sumber: styx.imgix.net

Langkah selanjutnya, taburkan pasir di bagian dasar akuarium. Jenis pasir yang baik untuk kamu gunakan adalah silika. Harga pasir silika biasanya kurang lebih Rp10.000 per kilogram. Nah, untuk ketebalan ideal pasir di dalam akuarium adalah 2-3 sentimeter. Kemudian, buat melekuk di bagian tengah permukaannya.

Menaburkan Pupuk

Menaburkan Pupuk aquascape

Sumber: imgix.net

Begitu kamu sudah menata pasir di dasar akuarium, sekarang taburkan pupuk di atasnya. Kamu bisa menaburkan pupuk di bagian tengah yang dasar pasirnya lebih tipis. Pupuk berperan penting untuk mendukung pertumbuhan tanaman agar subur. Biasanya, satu kantong pupuk besar dijual dengan harga Rp100.000. Kamu bisa menggunakannya berulang kali.

Menghias Akuarium dengan Bebatuan

menghias akuarium dengan bebatuan

Sumber: gstatic.com

Ini tahap membuat aquascape yang sesungguhnya. Hiasi akuarium kamu supaya terlihat indah. Untuk hiasannya, letakkan bebatuan halus di atas pasir. Harga bebatuan ini juga terjangkau, kamu perlu membelinya dengan harga kurang lebih Rp50.000 saja.

Mulai Bercocok Tanam di Akuarium

Mulai Bercocok Tanam di Akuarium

Sumber: imgix.net

Sekarang adalah bagian inti dari aquascape. Kamu bisa mulai bercocok tanam di dalam akuarium. Terlebih dahulu isikan air setinggi seperempat akuarium. Kemudian, tanam tumbuhan yang sudah disiapkan. Beberapa tanaman yang cocok untuk aquascape adalah Tiger Nymphea Lotus Tenelus atau rumput air, Vallisneria, Spatterdock, Cabomba, Wendtii dan Echinodorus. Harga per satuannya kurang dari Rp15.000.

Memasang Peralatan Pendukung

peralatan pendukung aquascape

Sumber: imgix.net

Sekarang, pasang peralatan pendukung seperti pompa, saringan dan lampu. Tujuannya untuk melancarkan sirkulasi udara, serta menyediakan cahaya untuk kebutuhan ikan dan tanaman. Pastikan akuarium terisi air penuh sebelum kamu memasang peralatannya. Sisakan 5-10 cm bagian yang nggak terendam oleh air. Urutannya adalah, pasang pompa, saringan, kemudian lampu di atas akuarium.

Memasukkan Ikan Hias

Memasukkan Ikan Hias

Sumber: gstatic.com

Fokus membuat aquascape memang bercocok tanam di dalam akuarium. Namun, tentu nggak lengkap tanpa ada ikan-ikan hias cantik di dalamnya. Jenis ikan hias yang cocok buat aquascape di antaranya yaitu manfish, ikan komet dan ikan tetra.

Rutin Memberi Pupuk

Rutin Memberi Pupuk aquascape

Sumber: imgix.net

Beri pupuk ke dalam akuarium secara rutin agar tanaman di aquascape kamu bisa selalu tumbuh subur. Berikan pupuk setidaknya tiga hari sekali untuk menutrisi tanaman di dalam akuarium. Ini akan membuat aquascape kamu selalu terlihat indah dan menakjubkan.

Demikian tips membuat aquascape low budget yang bisa kamu coba di rumah. Tenang saja, biaya nggak menjadi kendala dalam membuat aquascape. Sebab, ada cara yang cerdas yaitu dengan menggunakan bujet terjangkau untuk membuat aquascape di rumahmu. Langkah-langkahnya juga mudah meskipun kamu baru pertama kali melakukannya sekalipun. Selamat mencoba!

About author

Related posts
Hobi & Kriya

7 Tips&Trick Mengelola Limbah Masker Menjadi Pot Untuk Hiasan Ruangan

Hobi & Kriya

Tips Membuat Area Belajar Anak Menjadi Nyaman, Agar si Kecil Betah Belajar

Hobi & Kriya

Ciptakan Fasilitas Belajar Unik untuk Anak di Rumah Berbahan Eceng Gondok

Hobi & Kriya

Ide Vas Bunga Tanah Liat Yang Wajib Kamu Coba Buat!