Fotografi

Membuat Background Foto Putih Sendiri, Hasil Profesional!

membuat background foto putih sendiri

Kadang kamu memerlukan background putih untuk dijadikan latar belakang fotomu. Terutama, jika kamu berjualan produk online yang menuntut kamu harus membuat foto yang terlihat profesional. Fotonya jelas dan terang dengan background yang clear. Namun, bukan sekadar editan saja, karena lebih terasa feel-nya kalau kamu menggunakan background alami. Caranya yaitu dengan menggunakan kardus yang disulap menjadi background putih. Mari kita simak langkah-langkah membuat background foto berwarna putih hasil karya sendiri.

Memilih Kardus

membuat background foto dari kardus

sumber: handmadeology.com

Pertama-tama kamu bisa mempersiapkan kardus yang akan digunakan. Pilih yang ukurannya lima kali lebih tinggi daripada objek yang mau kamu foto. Kardusnya boleh kardus bekas atau beli yang baru di toko alat tulis maupun toko grosir.

Memotong Sisi Kardus

Jika kardusmu sudah siap, maka kamu bisa menyiapkan pisau atau cutter. Potong dua sisi kardus yang bersinggungan sehingga menyisakan dua sisi kardus lainnya yang juga bersinggungan, membentuk sudut siku sembilan puluh derajat.

Mengukur White Foam

memilih kardus dan white foam yang baik

sumber: handmadeology.com

Gunakan white foam untuk ditempelkan pada bagian dalam kardus. Ada tiga sisi kardus yang harus kamu tempeli white foam. Pastikan ukuran white foam-nya sesuai dengan sisi ketiga kardus tersebut.

Memotong White Foam

Potong white foam yang sudah kamu ukur sesuai dengan ukuran sisi kardus. Gunakan cutter besar yang tajam sehingga white foam bisa terpotong dengan sempurna. Nah, selain white foam, kamu juga bisa menggunakan material lainnya yang berwarna putih, yang penting teksturnya harus kaku dan datar.

Menempelkan White Foam pada Kardus

membuat background foto dari kardus

sumber: handmadeology.com

Saat kamu sudah memiliki tiga potong white foam yang rapi, saatnya menempelkannya pada bagian dalam kardus. Kamu bisa gunakan double tape agar mudah menempelkannya sekaligus tertempel rapat. Menggunakan isolasi yang bening juga bisa. Pastikan semua sisi bagian dalam kardus tertutupi oleh white foam.

Menaruh Kardus dekat Jendela

menggunakan white foam untuk background foto

sumber: handmadeology.com

Begitu kardusmu sudah siap, kini kamu siap menjadikannya background foto berwarna putih. Kamu bisa menaruhnya di dekat jendela. Akan lebih baik jika kamu menggunakan pencahayaan alami. Maka dari itu, sebaiknya kamu memotretnya pada siang hari ketika cuaca sedang cerah dan matahari bersinar terang. Taruh kardus dengan sisi bagian dalam yang ditempeli white foam menghadap jendela. Cahaya akan masuk melalui jendela kemudian memantul kembali melalui dinding putih di bagian dalam kardus. Ini menciptakan pencahayaan yang rata dan juga soft. Pas banget untuk fotografimu. Terus atur posisinya sampai kamu merasa posisi kardus paling pas untuk pencahayaan yang optimal.

mengatur posisi kardus

sumber: handmadeology.com

Idealnya, tiga sisi kardus yang berwarna putih akan terlihat sama warnanya, tidak ada yang kesilauan terkena cahaya matahari. Namun, cahaya tersebut menyinari dari luar menebus masuk lewat jendela sehingga memberikan efek terang alami.

mengatur posisi kardus

sumber: handmadeology.com

Memotret Objek Fotografi

memotret objek foto

sumber: handmadeology.com

Kamu sudah siap memotret objek fotomu. Taruh objek tersebut di pojokan. Ini membuat background putihnya kelihatan estetik untuk foto kamu dengan sisi dan garis-garis sudut yang terlihat tegas. Kamu juga boleh mengatur kembali posisi kardus maupun objek fotonya hingga menemukan yang paling pas untuk dipotret. Lalu jepret beberapa kali hingga mendapatkan foto yang paling bagus.

foto objek dengan background putih

sumber: handmadeology.com

Demikian cara membuat sendiri background foto berwarna putih yang simpel dengan menggunakan kotak kardus. Gampang banget, kan? Bahkan, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah saja. Makanya, jika ada kardus yang tidak terpakai di rumah, coba untuk tidak langsung membuangnya. Namun, lipat kardusnya dengan rapi dan simpan di tempat penyimpanan. Siapa tahu, kamu membutuhkannya sewaktu-waktu untuk keperluan fotografimu.

About author

Related posts
Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!

Fotografi

8 Tren Fotografi yang Populer Tahun 2022, Keren dan Estetik!

Fotografi

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay untuk Konten yang Ciamik

Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!