Hobi & Kriya

Cara Sederhana Membuat Fiberglass, Cocok buat Anak Desain

cara membuat fiberglass

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang fiberglass. Atau, kamu baru mengenalnya dan sedang mempelajari cara untuk membuatnya. Sebelum belajar ke teknik pembuatan, kenali dahulu pengertian dari fiberglass itu sendiri.

Fiberglass merupakan suatu serat kaca. Bahannya terbuat dari kaca cair yang kemudian ditarik jadi serat tipis. Lalu, serat tersebut ditenun selayaknya kain. Kemudian, serat yang sudah ditenun atau dipintal akan diresapi resin. Ini menghasilkan material yang kuat dan juga tahan korasi. Berbeda dari kaca pada umumnya yang bersifat pecah belah, fiberglass lebih kuat dan juga tahan lama, tidak mudah pecah.

Cara Membuat Fiberglass dengan Sederhana

membuat fiberglass

sumber: justresin.store

  • Mempersiapkan Peralatan
    • Wadah untuk adonan – Wadah apa saja bisa kamu gunakan, pilih yang ukurannya pas sehingga bisa menampung adonan resin dengan baik.
    • Alat untuk mengaduk – Gunakan alat pengaduk yang terbuat dari bahan kuat dan tak mudah patah. Hindari bahan plastik. Bahan pengaduk yang ideal adalah kayu dan logam.
    • Alat untuk mencetak – Alat cetak yang bagus adalah yang pinggirnya halus, sehingga tidak mempengaruhi hasil cetakan, dengan tidak menciptakan serat pada cetakannya.
  • Mempersiapkan Bahan
alat dan bahan membuat fiberglass

sumber: resinplay.sg

    • Resin – Biasanya ada dua macam resin, yaitu bening dan keruh. Resin bening digunakan untuk menonjolkan aksesori yang berada di dalam kerajinan fiberglass. Sementara, resin keruh untuk kerajinan fiberglass yang berwarna.
    • Katalis – Berfungsi untuk mempercepat proses pengerasan fiberglass.
katalis

sumber: greenlightsurfsupply.com

    • Material – Bisa bertekstur halus atau kasar. Fungsinya untuk melapisi lapisan fiberglass, serta mengikatnya agar tidak gampang retak maupun pecah.
strand mat

sumber: mudahdicari.com

    • Dempol – Atau bisa juga menggunakan polyester. Fungsinya untuk membentuk fiberglass ketika sudah mengeras.
polyester bahan membuat fiberglass

sumber: biltema.fi

    • Bahan tambahan – Kalau ini disesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri.

Takaran Bahan untuk Membuat Fiberglass

takaran membuat fiberglass

sumber: kumbangjantan.wordpress.com

    • Menentukan apa yang akan dibuat – Pada langkah ini, kamu menentukan model fiberglass yang ingin kamu buat. Misalnya, kalau kamu ingin membuat model 3D, maka kamu bisa gunakan software seperti 3D smax atau lightwave, lalu di-print out. Jadilah kertas cetakan dari model 3D.
    • Melakukan proses eksekusi – Kalau cetakan sudah terbentuk, maka kamu bisa gunakan kertas atau koran untuk menutupi bagiannya yang mungkin akan terkena resin.

Membuat adonan fiberglass

Siapkan 1/2 gelas resin dan talk, dengan perbandingan 1:1. Aduk terus. Lalu, tambahkan 10-12 tetes katalis, jangan terlalu banyak supaya adonan tak mudah mengeras.

    • Membuat lapisan pertama – Pertama-tama, pastikan bahwa permukaan bersih. Lalu, oleskan adonan yang sudah dibuat di bodi cetakan. Gunakan kuas. Tunggu 10 menit hingga satu lapis pertama mengering sedikit. Tempelkan mat, satu lapis saja di setiap bagian. Saat semua sudah dilapisi mat, kembali oleskan resin lalu tunggu hingga sedikit kering.
    • Membuat lapisan kedua –  Siapkan komposisi resin 1/2 gelas, katalis 10-12 tetes, sudah, tanpa talk yang hanya digunakan untuk pondasi. Kemudian, untuk langkah-langkahnya yakni pertama tempelkan mat di semua sisi. Lalu, oleskan katalis hingga merata. Kamu bisa bikin 3 lapis mat yang tidak begitu tebal tapi kuat. Kalau sudah, tunggu hingga mengering sempurna, selama 6 sampai 8 jam. Lalu, angkat dari cetakan.
hasil karya resin art fiberglass

sumber: shopee.co.id

    • Proses Finishing – Setelah fiberglass dipisahkan dari cetakan, barulah terlihat hasilnya. Langkah berikutnya yakni menggunakan amplas kasar atau gerinda untuk menghaluskan fiberglass yang sudah jadi. Kikis halus saja agar bentuknya tidak berubah. Terakhir, kamu bisa melakukan dempul, epoxy dan dicat.

Demikian cara membuat fiberglass dengan sederhana. Kamu bisa berkreasi sendiri membuat karya seni dengan beragam desain fiberglass. Dari fiberglass ini, kamu bisa membuat resin art, lho, GenK. Cocok banget untuk dijadikan bisnis di masa sekarang seperti ini. Selamat mencoba.

About author

Related posts
Hobi & Kriya

7 Tips&Trick Mengelola Limbah Masker Menjadi Pot Untuk Hiasan Ruangan

Hobi & Kriya

Tips Membuat Area Belajar Anak Menjadi Nyaman, Agar si Kecil Betah Belajar

Hobi & Kriya

Ciptakan Fasilitas Belajar Unik untuk Anak di Rumah Berbahan Eceng Gondok

Hobi & Kriya

Ide Vas Bunga Tanah Liat Yang Wajib Kamu Coba Buat!