Game & Teknologi

Heboh PS5, Begini Cara Membuat Filter Instagram Sendiri!

membuat-filter-instagram-sendiri

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang sangat populer. Nggak cuma berbagi konten, IG sekarang ini merupakan wadah untuk saling adu kreativitas dalam membuat foto atau video paling keren, cantik dan menarik. Filter misalnya, jadi senjata rahasia yang sangat diandalkan untuk menghasilkan sebuah kreasi yang oke punya. Tentu kamu nggak asing, dengan filter PS5 yang lagi hits banget kan? Meski bisa pakai filter di Insta-Story, sebenarnya kamu juga dapat membuat Filter Instagram sendiri dengan bantuan aplikasi, lho. Spark AR Studio salah satunya.

Simak artikelnya sampai habis ya, ada rahasia penting buat kamu yang pengen eksis, lho!

1. Install Aplikasi Spark AR Studio di Gadget Kamu

Aplikasi-membuat-filter-Instagram-Spark-AR-Studio

Tampilan aplikasi Spark AR Studio (Sumber: static.xx.fbcdn.net)

Aplikasi untuk membuat Filter Instagram ini bisa langsung kamu unduh di perangkat mobile milikmu. Caranya cukup dengan mengakses situs web resmi Spark AR Studio. Tapi pastiin dulu gadget-mu udah support sistem operasi Windows 10, Mac OS Mojave 10.14 atau sistem operasi yang lebih tinggi, ya.

2. Intip Dulu Contoh-Contoh Filter yang Ada

contoh-filter-di-spark-ar-studio

Contoh filter yang sudah ada di Spark AR Studio (Sumber: img.reality.news)

Di aplikasi ini ada banyak contoh filter bikinan orang lain yang bisa kamu lihat-lihat dulu sebelum membuat punyamu sendiri. Klik ‘Samples’ dan deretan karya-karya keren pengguna Spark AR Studio. Animasi wajah, gambar melayang di latar, cahaya hingga mengubah bentuk wajah di kamera gadget-mu dan masih banyak contoh lainnya.

3. Sunting Filter yang Kamu Inginkan dan Berkreasilah!

sunting-filter-instgram

Sunting filter Instagram buatanmu (Sumber: i.pinimg.com)

Nah, langkah selanjutnya untuk membuat filter Instagram adalah kamu tinggal mengedit beberapa bagian dari contoh filter yang udah ada supaya karyamu terlihat berbeda dan lebih unik. Klik tab ‘Scene’, dan kamu bisa memolesnya dengan menambahkan sesuatu yang kamu inginkan. Jika sudah, lihat dulu hasil filter-mu dengan mengklik ‘Preview’.

4. Cek Dulu Hasil Filter Buatanmu di Video

Cek-Cek Dulu Hasil Filter Buatanmu di Video

Sebelum dirilis, cek kembali hasil filter Instagrammu (Sumber: pbs.twimg.com)

Uji coba dulu hasil filter bikinanmu pada videomu sebelum membagikannya di akun IG. Kamu bisa membuka webcam di komputer dan mengecek hasil akhir dari filter buatanmu di wajahmu. Kalau nggak mau ribet, langsung aja cek filter-nya di aplikasi Instagram lewat contoh wajah. Nah, kalau hasilnya memuaskan, tinggal disimpan doang, deh.

5. Filter Bikinanmu Siap Di-Export ke IG

export-filter-instagram-ke-IG

Export filter buatanmu ke Instagram (Sumber: apptopi.jp)

Simpan, lalu ‘Export’ ‘File’ filter untuk Instagram. Kamu bisa memilih agar filter buatanmu dapat diakses dan digunakan di semua jenis perangkat. Jadi makin banyak orang yang menggunakan karyamu. Tekan ‘Export’, lalu pilih file ‘.arexport’ dan selesai.

6. Unggah dan Bagikan Filtermu ke Seluruh Dunia via IG

Unggah-dan-Bagikan-Filter

Setelah semuanya oke, unggah filtermu (Sumber: media.thetab.com)

Langkah selanjutnya untuk membuat Filter Instagram adalah memposting karyamu di Instagram atau Insta-Story. Login ke akun IG-mu dan ketik alamat https://www.facebook.com/sparkarhub/ dan klik ‘Upload Effect’. Pilih tujuan filter, yakni Instagram dan jangan lupa beri nama filter bikinanmu, ya. Kamu juga bisa memilih gambar ikon filter-mu di bagian ‘Effect Icon’, lho. Klik ‘Upload’ dan klik ‘Continue.’

7. Jangan Lupa Lakukan Pratinjau untuk Mengecek Filtermu, ya!

pratinjau-untuk-cara-membuat-filter-instagram

Lakukan pratinjau untuk cek filter Instagram buatanmu (Sumber: blogpictures.99.co)

Jika sudah diunggah, jangan lupa lakukan pratinjau postinganmu lewat aplikasi Instagram, ya. Pastikan kamu mengeceknya dengan memilih ‘Preview in App.’ Sedangkan kalau kamu ingin membagikannya, tinggal klik opsi ‘Get a Preview Link.’ Terakhir, atur kapan filter-mu keluar di Instagram dan luangkan waktu mengisi ‘Review Information.’ Pasalnya, sebelum bisa dipakai oleh umum, filter-mu harus melalui proses pengecekan terlebih dahulu.

Itulah trik membuat Filter Instagram sendiri dengan bantuan aplikasi Spark AR Studio. Nah, kalau filter berikut ini khusus buat kamu-kamu yang nggak mau kalah eksis dengan lainnya!

Makin Eksis dengan Filter PS5 di Instagram

Filter-PS5-di-Instagram

Filter Instagram PS5 (Sumber: sm.mashable.com)

Belum lama ini jagat per-Instagram-an dihebohkan dengan postingan PlayStation terbaru, PS5, yang ramai-ramai dibagikan. Usut punya usut, ternyata itu cuma hasil kreasi filter PS5 yang sejak beberapa hari terakhir viral.

Pingin ikutan? Cukup manfaatkan filter-nya dan kamu pun bisa bergaya dengan PS5 anyar hanya dengan mengarahkan lensa kamera kamu ke manapun. Filter PS5 sendiri udah bisa kamu dapetin dari akun IG @aroneverything, lho. Wah, jadi bisa ikutan eksis, deh! Terus, jangan mau kalah sama karya filter PS5 ini. Kamu pasti bisa membuat Filter Instagram yang lebih unik lagi dari ini! Yuk, mulai coba sekarang juga!

About author

Related posts
Game & Teknologi

Peluang Penggunaan Teknologi VR dan AR Untuk Bisnis

Game & Teknologi

Gimana Sih Cara Membuat Channel Telegram?

Game & Teknologi

NFT vs Microstock, Apa Beda dari Keduanya?

Game & Teknologi

3 Jenis Akun TikTok yang Wajib Kamu Ketahui