Fotografi

Lupakan Flash! Ini Tips Membuat Foto Lebih Dramatis

membuat foto lebih dramatis

Kamu bakal percaya nggak kalau ternyata siapa saja, bahkan pemula sekali pun, bisa membuat foto terlihat lebih dramatis nggak perlu mengandalkan flash dan juga tanpa terikat waktu maupun tempat? Nggak mengejutkan sih, kalau kita bisa pakai flash untuk itu. Akan tetapi, apakah benar-benar memungkinkan memotret tanpa flash bisa menghasilkan foto yang dramatis? Well, kalau kamu profesional, hal itu bisa jadi semudah menjentikkan jari. Lalu, bagaimana untuk pemula? Eits, dengan tutorial berikut ini kamu dan semua orang dapat membuat foto lebih dramatis dan memukau di mana saja dan kapan saja tanpa menggunakan flash.

1. Temukan Subjek yang Bersedia Berpose Untukmu

pemilihan model foto

sumber: modelmemasterclasses.com

Nggak perlu menggandeng model profesional untuk melakukan ini, kok. Yang terpenting adalah kamu bekerja sama dengan seseorang yang punya kesabaran tinggi berpose untukmu. Karena, kalau ini adalah pengalaman pertamamu, bukan nggak mungkin kamu merasa gugup dan cemas ketika mencari-cari gimana mendapatkan pengaturan kamera yang pas. Dengan mengajak subjek yang sabar dan suportif akan sangat membantumu merasa rileks. Ini bukan perlombaan, gunakan waktumu dan lakukan secara pro!

2. Pilih Lokasi untuk Melakukan Sesi Pemotretan

pemilihan lokasi pemotretan

sumber: squarespace-cdn.com

Temukan lokasi pemotretan terbaik yang ada di pikiranmu. Tidak perlu menjelajahi kota untuk mencari lokasi fotografi khusus. Karena ruang tamumu bisa menjadi lokasi yang bagus. Apalagi kalau di ruangan tersebut ada jendela besar dengan pencahayaan tidak langsung. Kamu nggak perlu deh, keluar dari pintu rumah. Tapi kalau kamu mencari sebuah tantangan untuk melakukannya, nggak masalah mencari tempat yang asing. Mungkin di rumah modelmu?

3. Coba Ambil Beberapa Jepretan Percobaan Dulu

trial and error pemotretan

sumber: careergirls.org

Nah, sekarang waktu yang tepat untuk menempatkan model dan melakukan beberapa tes foto. Sebagai percobaan pert]ama, kamu bisa mencoba mengambil profile portrait. Tanpa perlu light modifier, kamu cukup aplikasi teknik cahaya dalam foto ini, GenK. Cukup dengan mengandalkan cahaya yang masuk dari jendela di dalam ruangan tempat sesi pemotretan berlangsung. Untuk membuat foto potret yang dramatis, kamu butuh cahaya yang datang dari arah belakang subjek. Kamu bisa mengaplikasikan low light photography jika cahaya terlalu minim, lho. Di sisi lain, kamu tetap bisa membuat foto lebih dramatis walau minim cahaya dengan memotret bayangan lewat shadow photography, GenK.

4. Sesuaikan Composition dan Perhatikan Setiap Perubahan Kecil

cara membuat foto lebih dramatis

sumber: wallup.net

Saat modelmu menghadap ke satu arah, biasanya akan terasa lebih baik dan nyaman, untuk menyisakan lebih banyak ruang di depannya. Seolah mereka punya ruang yang cukup untuk bergerak maju atau melihat ke depan. Sebaliknya, kalau mereka ada di titik dead center, hal itu bisa terasa agak canggung dan sedikit membosankan. Perhatikan bagaimana posisi tubuh dan lengan bisa membuat perbedaan besar. So, sesuaikan pose modelmu untuk mendapatkan posisi terbaik.

5. Ubah Background dengan Sheet Berwarna Gelap

pemilihan background membuat foto lebih dramatis

sumber: phlearn.com

Langkah selanjutnya yang nggak kalah penting untuk membuat foto terlihat lebih dramatis adalah menyingkirkan semua background yang berantakan. Kamu bisa menggunakan reflektor dengan sisi berwarna hitam. Tapi tanpa reflektor pun tetap bisa, kok. Gunakan sprei polos berwarna gelap dan gantung di belakang model. Pastikan sprei bebas kerut, ya. Letakkan sejauh mungkin di belakang subjek. Pengaturan large aperture, misalnya f/2.8, bisa sangat membantu.

Itulah beberapa langkah dan tips membuat foto terlihat lebih dramatis dan menakjubkan tanpa flash atau light modifier lainnya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan kamu memperhatikan detail hingga ke bagian terkecil, ya. Karena meski kamu bisa menggunakan aplikasi atau software photo editor, tapi memperbaikinya secara langsung ketika sesi pemotretan bisa memberikan banyak perubahan berarti. So, gimana sudah siap untuk membuat foto dramatismu sekarang?

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan