Film, Animasi & Video

Praktisnya Membuat Opening Video Online lewat 5 Situs Web Berikut!

Membuat-Opening-Video-Online

Attention span bisa kamu jaga dengan menggunakan bumper video di awal dan akhir. Dengan begitu kamu bisa memperkenalkan ciri khas perusahaan, brand, atau diri kamu sendiri kepada penonton hanya dalam hitungan detik. Sebenarnya kami sudah pernah membahas tentang cara membuat opening video online di Adobe Premiere. Akan tetapi diperlukan skill khusus dan latihan yang panjang sebelum akhirnya mahir menggunakan aplikasi tersebut.

Sekarang gilirannya para pemula untuk beraksi nih, karena kami juga menyediakan alternatif lain buat kamu yang ingin mengedit bumper video secara online. Semua bisa kamu lakukan tanpa perlu mengunduh software edit video terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa rekomendasi situs web yang bisa kamu gunakan untuk membuat bumper video. Yuk, kita simak daftar aplikasinya! 

1. MotionDen

Cara membuat opening video online yang pertama adalah lewat situs web Motionden. Dengan membuat intro video di MotionDen, kamu dapat membuat bumper video dalam bentuk grafis dan animasi yang memukau. Hasil editan ini nantinya bisa kamu gunakan untuk intro vlog YouTube, game, dan company profile. Video intro buatanmu akan beres dalam sekejap. Caranya cukup dengan memilih template video favoritmu yang bisa kamu akses secara gratis di sana. Contohnya seperti template “Dark Smoke”, “Pattern Blast”, “Fire Red”, dan “8-BIT GAMING”. 

Selain template gratis, keuntungan lain yang bakal kamu dapatkan adalah aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat intro konten dari mana saja dan di mana saja dengan mudah. Nggak perlu menggunakan kartu kredit atau semacamnya, kamu bisa menikmati fitur di situs ini hanya dengan melakukan sign-up dengan akun Google. Praktis banget, kan? 

2. BiteAble

Berikutnya adalah situs BiteAble yang merupakan aplikasi untuk membuat intro dan outro video secara online. Ibarat burger, video inti merupakan bagian daging, sayur-mayur, dan keju. Sedangkan BiteAble diibaratkan sebagai roti yang membungkus keduanya dari atas dan bawah. 

Ini berarti bahwa aplikasi untuk membuat opening video online yang satu ini bekerja guna “memperlezat” tampilan visual video yang dihidangkan kepada penonton. Sehingga, video tersebut tampak biteable layaknya sepotong burger. Kalau ngomongin burger jadi lapar, yah! 

Aplikasi ini memang sengaja dirancang untuk siapa saja. Meskipun belum berpengalaman, tapi kamu seakan-akan bisa membuat video intro dan outro profesional dari ujung jari tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Sayangnya, nggak semua fitur bisa kamu akses secara gratis. Kamu perlu berlangganan ‘Premium Membership’ untuk menghilangkan watermark dan menggunakan lebih dari 80.000 stok premium footage dari BiteAble.

3. Renderforest

Cara membuat opening video online yang berikutnya adalah dengan menggunakan Renderforest. Aplikasi ini merupakan platform video dengan cloud-based yang membantu kamu mengedit video dengan hasil indah, powerful, dan profesional. Dalam hitungan menit, kamu bisa membuat bumper video untuk berbagai keperluan loh. Misalnya membuat berbagai macam desain grafis dan motion video, bahkan jika kamu bukan ahli videografer atau editor video sekalipun.

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi ini adalah kamu bisa menggunakan lebih dari 195.000 footage HD. Copyright-nya gimana dong? Tenang saja, karena semua footage yang ada di sini sudah bebas copyright. Sehingga bisa kamu gunakan untuk kepentingan komersial. 

Kamu seorang YouTuber? Gunakan situs ini. Mau membuat intro YouTube, animasi, infografis bergerak, menambahkan voice-over, membuat tayangan slide presentasi, dan mempromosikan suatu brand secara gratis pokoknya bisa deh. Eits, ada catatan penting nih. Bahwa nggak sepenuhnya gratis, karena kamu harus berlangganan terlebih dahulu untuk menikmati semua fiturnya.

4. Placeit

Mengedit video terdengar seperti pekerjaan yang rumit dan melelahkan, padahal nggak selamanya begitu, kok! Bahkan seandainya kamu belum pernah mengedit video sebelumnya pun, membuat intro di situs Placeit sangatlah mudah dan hasilnya dijamin spektakuler. 

Mau bikin intro dengan animasi logo, video singkat, dan transisi antara video satu dengan video lainnya bisa kamu lakukan hanya dalam beberapa menit saja, loh. Ditambah dengan fitur yang memungkinkan kamu untuk menggunakan lebih dari 23.806 template kreatif yang tentunya menarik dan berkesan untuk penonton. Membuat opening video online jadi lebih mudah dengan menggunakan situs web yang satu ini. Ingin membuat bumper video kekinian anti-ribet? Placeit adalah jawaban semua pertanyaanmu selama ini.

5. Animaker

Situs Animaker merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang bertujuan membuat video untuk bisnis, presentasi, atau proyek pribadimu dengan gaya yang santai, fresh, dan modern, tetapi tetap bisa dipakai untuk konsep konten yang formal.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat 6 gaya video unik dari satu aplikasi saja, jadi nggak perlu gonta-ganti aplikasi untuk menghasilkan mahakarya yang cetar. Keenam gaya video tersebut yaitu 2D, infografis, handcraft, whiteboard, 2.5D, dan tipografi.

Untuk masalah edit video, ada banyak fitur yang ditawarkan, loh. Pokoknya nggak kalah lengkap dengan aplikasi edit video di PC seperti yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. Beberapa fitur edit video yang ditawarkan di antaranya seperti record, multimove, kamera, curve, efek transisi, efek keluar atau masuk, text to speech, 50+ background music, 175+ efek suara, dan masih banyak lagi.

Itu dia 5 rekomendasi situs web yang bisa kamu gunakan untuk membuat opening video online. Semua fitur yang sudah disebutkan bisa langsung kamu gunakan tanpa perlu meng-install software terlebih dulu. Praktis dan kece abis! 

Polling

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *