Hobi & Kriya

Membuat Resin Art, Cocok Jadi Hobi Bisa Juga untuk Bisnis Modal Kecil

resin art

Resin art kini sedang jadi tren. Nah, kalau kamu menyukai karya seni dan juga senang membuat prakarya resin sendiri, maka kamu perlu tahu tentang resin art ini. Selain pas dijadikan hobi buat kamu yang suka membuat aneka kerajinan, hasil resin art juga bisa dijual, lho! Ayo cari tahu apa itu resin art beserta tips mencobanya untuk pertama kali!

Apa Itu Resin?

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, resin berarti getah. Sementara, pengertian resin eksposi adalah suatu subjek yang terdiri dari dua komponen yaitu resin dan pengeras. Dengan mencampurkan dua komponen tersebut, terjadilah reaksi kimia sehingga cairan resin mengeras menjadi plastik yang padat.

resin

sumber: acrylgiessen.com

Hasilnya berupa subjek baru yang terlihat padat dengan permukaan mulus serta berkilau. Kamu pun pasti sudah sering melihatnya. Contohnya yang paling simpel yaitu gantungan kunci resin bening dengan objek serangga seperti kumbang atau kupu-kupu di dalamnya. Namun, resin art beda lagi, karena kita membawa seni mengolah resin ke level yang berbeda.

Baca Juga :   Karya Seni Indah Ini Terbuat Dari Berbagai Jenis Makanan, Loh!

Cara Membuat Resin Art untuk Pertama Kali

  • Berikut cara membuat resin art:

  • 1. Siapkan ruangan dengan ventilasi udara yang baik. Letakkan bahan-bahan prakaryamu di lantai agar mudah diambil.
  • 2. Tempelkan lakban di setiap sisi painting base untuk resin, agar resinnya tidak menetes keluar.
  • 3. Letakkan painting base dengan alas di atas meja. Misalnya, gunakan alas cup yang ditempatkan di bawah setiap sudut painting base.
cara membuat resin art

sumber: acrylgiessen.com

  • 4. Pastikan kalau permukaan painting base-mu benar-benar datar, supaya resinmu tidak meleleh dan tercampur hingga tak jadi membentuk pola yang indah.
  • 5. Pakai sarung tangan nitril, bukan vinil atau lateks, dan kenakan baju lengan panjang.
  • 6. Gunakan cup plastik untuk mencampurkan resin dan pengeras dengan rasio yang tepat selama tiga menit. Rasio yang ideal adalah 1:1 berdasarkan volume bukan beratnya. Aduk dengan spatula plastik.
bahan resin

sumber: acrylgiessen.com

  • 7. Ini bagian asyiknya. Pisahkan resin dalam cup-cup berbeda. Warnai resin di dalam cup sesuai keinginan. Satu cup resin, satu warna. Misalnya, satu cup resin bening, satu biru tua, satu biru muda, satu putih.
  • 8. Tuangkan resin ke permukaan painting base lalu buat pola dengan menggunakan spatula, pisau, foam roller, sikat atau apa saja. Lakukan sambil memiringkan permukaan painting agar resin merata. Tuangkan semua imajinasimu.
  • 9. Hindari juga kemunculan gelembung udara pada resin. Jika ada, gunakan pemantik api atau blow-dryer untuk menghilangkannya.
About author

Related posts
Hobi & Kriya

Gading Serpong Olympic XI : EUPHORIA

Hobi & Kriya

Cara Mudah Membuat Paludarium untuk Pemula Agar Interior Makin Estetik

Hobi & Kriya

Conture Lab : Menyulap Sampah Menjadi Produk Interior yang Memiliki Nilai Jual

Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut