Film, Animasi & Video

Cara Membuat Screencast Video Buat Kamu Calon YouTuber Tutorial

cara membuat screencast video

3. Rekam Layarmu

merekam layar

sumber: pexels.com

It’s showtime! Waktunya merekam layarmu. Apa kamu ingin merekam seluruhnya atau hanya sebagian saja? Pilih bagian layar yang ingin kamu rekam. Fitur ini semestinya ada di berbagai screencasting tool. Sementara, mikrofon dan audio sistemnya akan terekam secara otomatis. Sangat disarankan kamu membuat video rekaman trial terlebih dahulu. Lalu, sesuaikan lagi audionya, apakah volume suaramu terdengar jelas atau tidak, naik turunkan volumenya sesuai kebutuhanmu.

4. Lakukan Editing dan Sesuaikan Hasil Rekamanmu

proses editing video

sumber: pexels.com

Kalau kamu sudah merekam dengan sempurna, maka kamu beruntung. Kamu pun tidak perlu melakukan langkah ini. Namun, jika hasil video rekamanmu kurang bagus, lakukan editing untuk menyempurnakannya. Mungkin kamu mau memendekkan durasinya, atau memotong beberapa scene yang sekiranya tidak penting. Kamu pun bisa merapikan audiomu dan membuatnya terdengar lebih jelas.

5. Simpan dan Bagikan Hasil Screencast

sharing

sumber: pexels.com

Setelah proses editing selesai, kamu tinggal membagikan screencastmu. Kamu bisa mengunggahnya di YouTube. Jangan lupa beri judul yang sesuai dan juga menarik. Jadi, orang-orang mudah menemukan videomu. Mereka juga tertarik untuk menontonnya. Misalnya, “Tutorial Menghilangkan Background Foto dengan Photoshop. Gampang Banget.” Sedikit lebay boleh asal videomu memang berisi informasi yang akurat.

Demikian tadi cara membuat screencast video. Sederhananya, screencast juga bisa disebut sebagai screen recording. Jadi, rekam video tutorialmu di layar dengan menggunakan tools atau aplikasi. Kamu juga bisa, kok, membuat screencast dengan merekam tangkapan video di smartphone. Jadi, semuanya tergantung kamu, video tutorial apa yang mau kamu rekam. Nggak perlu terburu-buru ingin hasil rekaman videomu sempurna. Semua perlu proses, kamu pasti terbiasa membuat screencast yang bagus seiring berjalannya waktu.

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

5 Film Hidden Gems Ini Sayang Untuk Kamu Lewatkan

Film, Animasi & Video

Dapat Kesan ''biasa Aja'' Dari Netizen Korea Maupun Internasional, Ada Apa Dengan Remake Money Heist Versi Korea?

Film, Animasi & Video

The Loneliest Girl's "Matilda" From Harry Styles' Song

Film, Animasi & Video

Suka Film Perang? Rekomendasi Film ini Khusus Buat Kamu!