Film, Animasi & Video

Membuat Stop Motion, Ini 6 Hal yang Perlu Diperhatikan

cara membuat stop motion

Hal Penting untuk Membuat Stop Motion

Jika kamu tertarik untuk membuat stop motion, ingat-ingatlah bahwa prosesnya membutuhkan kesabaran dan perhatian terhadap detail untuk menggerakkan objek perlahan dan memfotonya satu per satu.  Nah, kalau kamu benar-benar berniat mencobanya, ini dia material dasar yang bisa kamu siapkan untuk membuat film animasi stop motion pendek:

1. Model

cara membuat stop motion 3

Contoh model stop motion (sumber: unsplash.com)

Model di sini maksudnya pemeran utama di video kamu. Bentuknya bisa berupa objek apa saja. Bisa kertas, lego, boneka, figurin, mobil-mobilan, atau apapun yang bisa kamu bentuk pergerakannya. Jika kamu ingin membuat model sendiri juga bisa, loh. Konsepnya seperti membuat boneka atau wayang: bentuk yang bisa fleksibel digerakkan. Misalnya dari clay atau plastisin yang dibentuk jadi orang-orangan atau binatang. Pergerakannya nanti bisa kamu atur dengan mengubah-ubah bentuk clay. Kalau kamu sudah akrab dengan 3D modelling, coba cetak karaktermu dengan 3D printer. Siapkan juga armature alias “tulang” di puppet-mu agar gerakannya luwes.

2. Setting Tempat

Setting tempat untuk stop motion (sumber: reddit.com)

Latar belakang tempat bisa di mana saja dan dengan material apa saja. Kamu bisa bereksperimen dengan memakai tempat-tempat di rumahmu, seperti di dekat teras, di atas ubin yang bermotif lucu, di atas karpet, di dekat rumput, di dapur, dan lain-lain. Jika kamu ingin membuat setting khusus, kamu juga bisa membuat studio mini seperti tempat shooting film konvensional. Gunakan skala antara  objek dengan setting khusus ini agar kesatuan antara set dan model terlihat apik. Oh iya, kamu juga bisa membuat latar seperti backdrop di pertunjukan teater. Kamu bisa menggambar sendiri latarnya atau di-print dari gambar latar digital.

Nah, jika kamu lebih senang fokus pada objeknya saja, dan ingin mengedit background belakangan, kamu juga bisa menggunakan green screen layaknya produksi film pada umumnya. Setelah itu, kamu bisa menyisipkan background di post production.

3. Kamera dan Penopang yang Stabil

cara membuat stop motion 4

Contoh proses syuting stop motion (sumber: Hendrikus De Vaan)

Karena stop motion akan bergelut dengan banyak sekali foto, kamu butuh kamera yang bisa menangkap modelmu dengan kualitas baik. Kamu juga bisa menggunakan kamera pada handphone dan tablet. Jangan lupa, gunakan memory card dengan kapasitas mencukupi untuk menyimpan semua foto yang akan jadi amunisi di animasimu. Kamu juga butuh tripod, clamps, C-stand, atau alat penopang yang sesuai dengan kameramu. Fungsinya agar pengambilan gambarmu stabil sehingga adegan fokus pada pergerakan si model, layaknya shooting video pada umumnya. Jika ingin merekam dari angle atas ke arah model yang berada di bawahnya, kamu juga bisa membuat camera rig sendiri, atau mencari perpanjangan tripod yang kuat. 

Terkadang, menekan tombol kamera bisa membuat posisi frame atau kamera berubah. Kamu bisa menghindarinya dengan menghubungkan kameramu ke komputer dengan kabel USB atau Bluetooth. Dengan begitu, kamu bisa menekan shutter button via laptop. Kamu juga bisa melihat preview fotomu dengan aplikasi seperti Adobe Lightroom. Kalau kameramu tidak punya fitur di atas, kamu bisa memakai mode timer atau membeli remote kamera.

4. Pencahayaan

cara membuat stop motion 5

Contoh set lighting untuk stop motion (sumber: fovitec.com)

Pada dasarnya, kamu bisa memanfaatkan pencahayaan natural dari sinar matahari. Tetapi karena cahaya alami berubah seiring pergerakan waktu ke malam hari, kamu jadi berkejaran dengan waktu agar bayangan objek tidak berubah-ubah di hasil foto. Kalau perubahan ini ditangkap kamera, footage-mu akan terlihat tidak konsisten dan janggal. Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan mengandalkan pencahayaan tambahan. Pilihannya bisa lampu meja, lampu LED, dan tambahan soft box. Pilih yang sesuai kebutuhan dan budget-mu.

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *