GenK LIFE

Memilih Musik sesuai Aktivitas, Mana yang Harus Kamu Dengarkan Sekarang?

Musik, adalah bagian dari hidup yang nggak bisa dipisahkan. Sudah bukan rahasia lagi kalau musik memberi kehangatan, semangat dan warna dalam hari-hari kita. Musik menyimpan banyak banget makna. Dan tahu nggak GenKs, kalau memilih musik sesuai aktivitas bisa membawa perbedaan besar pada apa yang lagi kamu kerjakan, lho. Nggak percaya? Intip 10 jenis musik yang harus kamu dengarkan sesuai kegiatan, yuk!

  1. Musik Klasik untuk Meningkatkan Mood

Memilih Musik sesuai Aktivitas

Sumber Gambar : pegipegi.com

Lagi bete? Galau mikirin dia yang udah nggak sendiri? Langsung putar musik klasik, dijamin mood kamu akan langsung balik ceria,lho, guys. Karena menurut riset, mendengarkan musik klasik bisa membantu nenangin tubuh dan pikiran yang lagi kalut, lho.

2. Musik Klasik untuk Mengerjakan Hitung-Hitungan

Memilih Musik sesuai Aktivitas

Sumber Gambar : vecteezy.com

Alunan musik klasik dari Mozart, Beethoven, Bach, efektif banget meningkatkan tingkat akurasi dalam berhitung, lho. Coba, deh, kamu putar komposisi Mozart yang dikenal sebagai Mozart Effect jadi pilihan untuk mereka yang butuh keterampilan bernalar tinggi dan kekuatan memori.

3. Musik Ritme Cepat atau Electronic Dance untuk Fokus pada Detail

Memilih Musik sesuai Aktivitas

Sumber Gambar : roberthalf.com

Saat kamu butuh fokus pada kerjaan, pastikan memutar musik dengan ritme cepat atau electronic dance, ya? Berdasarkan penelitian, orang bisa menyelesaikan tugas dengan tingkat akurasi pengecekan ejaan tingkat tinggi 20% lebih cepat.

4. Musik dengan Dentuman Bass untuk Semangat Kerja

Memilih Musik sesuai Aktivitas

Sumber Gambar : cepro.com

Riset dalam jurnal Psychology of Music membuktikan, mendengarkan alunan empowering atau lagu dengan banyak dentuman bass-nya, sangat mempengaruhi cara kita bekerja dan membantu kreativitas kita. Recommended banget dengerin musik yang empowering sebelum tampil di depan banyak orang.

5. Musik Pop untuk Bekerja Cepat

Memilih Musik sesuai Aktivitas

Sumber Gambar : theconversation.com

Waduh, deadline tugas udah mepet banget, nih, tapi kerjaan yang lain juga masih numpuk! Nggak perlu bingung, GenKs. Kamu cuma butuh musik pop dari Ed Sheeran, Selena Gomez atau Ellie Goulding untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dengan hasil yang sempurna.

6. Musik  RnB untuk Nambah Semangat Saat Olahraga

Sumber Gambar : medicalnewstoday.com

Olahraga sambil ditemani musik bisa bikin kamu makin semangat dan menikmati aktivitas fisik, lho. Asalkan jenis musiknya sesuai, yakni musik yang down beat, seperti RnB, Rap atau EDM. So, pastikan kamu nggak lupa bawa earphone dan music player saat olahraga, ya, guys.

7. Musik Ambivent untuk Meningkatkan Produktivitasmu

Sumber Gambar : medicalnewstoday.com

Nggak tahu harus memilih musik untuk produktivitas dari sekian banyak rekomendasi yang ada? Merujuk riset dari Mindlab International, cara meningkatkan produktivitas yang terbukti paling efektif adalah dengan mendengarkan musik ambivent.

8. Musik Suara Alam untuk Mengalihkan Distraksi

Sumber Gambar : celebrateyoga.org

Suara-suara dari alam, seperti rinting hujan, gemericik air, desau angin, kicauan burung dan suara alami lainnya bisa membantu memperbaiki fungsi kognitif, meningkatkan konsentrasi dan juga kepuasan kita, lho. Nggak heran, musik dari suara alam emang super nenangin.

9. Musik Favorit untuk Motivasi dan Mengurangi Stres

Sumber Gambar : incimages.com

“Duh, aku nggak suka musik pop, musik klasik malah bikin ngantuk dan musik electronic dance terlalu kencang. Musik apa yang cocok untuk mengurangi stres dan memotivasiku, ya?”Nggak perlu bingung, guys, kamu hanya perlu memutar musik favorit yang ada di playlist-mu.

10. Matikan Musik untuk Mempelajari Hal Baru

Sumber Gambar : uptown.id

Dan kalau kamu lagi riweuh mempelajari teori baru yang pasti memakan energi serta menguras emosi, nggak ada musik yang cocok. Seperti yang diungkapkan riset dari University of Wales, di saat seseorang mendengarkan musik, maka akan terjadi penurunan performa untuk melakukan tugas kompleks, guys.

Gimana, GenKs, udah nggak bingung lagi memilih musik sesuai aktivitas yang lagi kamu lakukan, kan?

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan