Arsitektur & Interior

Mengenal Memory Foam, Bikin Tidur Jadi Lebih Nyenyak

memory foam

Kalau kamu ingin tidur nyenyak, kamu mesti nyobain yang namanya memory foam. Benda ini menawarkan sensasi tidur bagai di luar angkasa. Rasanya benar-benar nyaman, karena bentuknya akan berubah mengikuti bentuk tubuhmu. 

Tidur nyenyak adalah sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Sekeras apa pun kamu bekerja seharian, setidaknya beri waktu untuk tubuhmu beristirahat barang sejenak. Hilangkan semua beban pikiran dan buat dirimu rileks beberapa jam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Dijamin keesokan harinya tubuhmu jadi bugar dan pikiran lebih fresh lagi. Salah satu cara biar kamu bisa tidur nyenyak adalah dengan menggunakan memory foam.

(sumber: gfycat.com)

Tapi apakah kamu tahu apa itu memory foam yang sebenarnya? Di sini kami akan membahas tentang pengertian, asal usul, dan manfaat dari busa ajaib tersebut. Mari simak penjelasannya, GenK!

Apa Itu Memory Foam?

Ketika kamu datang ke bagian rak bantal di toko perabotan rumah tangga, kamu akan menemukan yang namanya memory foam. Bahannya yang sangat lembut dan empuk ketika dipegang bikin kamu jadi ingin tidur saat itu juga deh.

Akan tetapi, apakah kamu tahu terbuat dari apa itu memory foam?

memory foam 2

Bantal memory foam (sumber: whyyouneedsleep.com)

Memory foam adalah bantal atau kasur yang menggunakan material dari busa viscoelastic sehingga mampu meningkatkan kepadatan bentuk. Namun meskipun padat, material ini mampu melunak ketika mendapatkan reaksi dari panas tubuh. Sehingga ketika kamu berbaring di atasnya, material busa akan mengikuti bentuk tubuhmu. 

Tenang saja, GenK, bentuk busa akan kembali seperti semula saat sudah selesai digunakan. Kebayang gak sih betapa nyamannya jika malam ini tidur di atas material ini?

Memory Foam Berawal dari NASA

Menurut Wikipedia, memory foam pada awalnya dikembangkan pada tahun 1966 di bawah kontrak NASA’s Ames Research Center. Awalnya, material busa ini disebut dengan “slow spring back foam”, ada juga yang menyebutnya dengan “temper foam”.

Tujuan awal penggunaan busa ajaib ini adalah untuk meningkatkan keamanan bantal di pesawat luar angkasa. Penggunaan memory foam sebagai bantalan duduk untuk astronot ini bagus untuk menyerap tekanan dari gravitasi ketika melakukan penerbangan ke ruang angkasa. 

Tempat duduk astronot (sumber: danielrjr.wixsite.com)

Pada awal tahun 1980-an, akhirnya NASA memperkenalkan busa ajaib ini kepada publik. Barulah setelah itu material ini banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan, salah satunya untuk peralatan medis seperti bantalan meja sinar X dan olahraga seperti helm atlet. 

Tidak hanya sampai di situ, penggunaan material busa ini kemudian mulai merambah ke dunia perabotan rumah tangga, seperti kasur dan bantal. Sebuah penelitian membuktikan bahwa material ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas tidur dan istirahat.

Manfaat Memory Foam

Biar kamu makin yakin untuk membeli kasur atau bantal dari busa ajaib ini, kami sudah mengumpulkan beberapa manfaat memory foam yang perlu kamu tahu. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk kita simak sama-sama!

1. Melancarkan peredaran darah

Pada dasarnya ketika kamu tidur dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama, tekanan gravitasi pada bahan yang digunakan sebagai alas tidur dapat memengaruhi sirkulasi darah. Namun semua ini tidak akan terjadi jika kamu menggunakan memory foam, karena busa ajaib ini mampu mencegah terjadinya tekanan yang berlebihan dan meminimalisir munculnya rasa sakit di daerah sensitif.

2. Menopang punggung dengan baik

memory foam 4

Kasur memory foam (sumber: target.com)

Kasur dan bantal dari material busa ini mampu mengikuti bentuk tubuh dan menopang punggung bagian bawah sehingga tulang belakangmu tetap berada dalam posisi netral. Keluhan nyeri punggung dan tegang otot pun tidak akan terjadi lagi, GenK.

3. Awet dan tahan lama

Siapa sih yang gak ingin punya barang awet? Udah beli mahal-mahal tapi cepat rusak. Eits, kasur dan bantal memory foam menawarkan material yang awet loh. Material ini memiliki tingkat keawetan yang tinggi dan mampu bertahan meski sudah beberapa tahun pemakaian. 

4. Anti jamur

Kasur dan bantal dari material ini memang didesain untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri dan jamur. Bagian dalamnya dilengkapi dengan serat berkarbonasi agar menyerap kelembaban dan bau yang tidak sedap. Pori-porinya yang sangat kecil menyebabkan kasur dan bantal ini tidak menyimpan debu dan bakteri. Jadi gak perlu khawatir lagi kalau kamu punya alergi debu, GenK.

Berapa Harga Memory Foam?

memory foam 5

Tidur berkualitas (sumber: synovislife.com)

Sekarang pasti muncul pertanyaan di benakmu, sebenarnya berapa sih harga kasur dan bantal memory foam?

Sebenarnya dari segi harga, material busa ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, mulai dari ratusan ribu rupiah untuk bantal dan harga jutaan rupiah untuk kasur. Namun meski harganya mahal, kualitas memory foam tidak perlu diragukan lagi deh. Apalagi tersimpan banyak manfaat dari penggunaan busa ini. 

Jika kamu tertarik membelinya, kamu bisa langsung datang ke toko-toko perabotan rumah tangga. Di sana sudah banyak yang menjual kasur dan bantal dari material busa ajaib ini. Modelnya pun beragam, ada yang bentuknya datar, agak cekung, terdapat gel di bagian atas, dan lain sebagainya. 

Nah, tunggu apa lagi, GenK? Beli memory foam sekarang dan rasakan nyamannya tidur bagai di luar angkasa. Biar tidur makin nyaman lagi, coba deh nyalakan lilin aromaterapi. Kalau yang ini gak perlu beli, tapi bisa langsung kamu bikin sendiri di rumah, karena kami punya cara membuat lilin aromaterapi yang bisa kamu praktikkan. 

Polling

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.