Creativepreneur and Career

Beberapa Cara Memulai Bisnis Handmade, Biar Nggak Rugi Terus!

Mempunyai keahlian dalam menjalankan suatu bisnis menjadi hal yang sangat menguntungkan jika dimiliki. Terutama buat kamu yang memiliki tangan kreatif, pastinya terdapat potensi bisnis untuk menjalan sebuah usaha bisnis Handmade. Jika kamu mempunyai keahlian menciptakan suatu barang melalui tangan kreatifmu, pastinya ingin kamu manfaatkan menjadi suatu bisnis ya nggak sih? Iya dong! Namun bukan hanya soal memiliki keahlian membuat barang saja, namun seorang pebisnis handmade juga harus memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi situasi pasar loh Genks! Hal tersebut supaya kamu nggak salah sasaran dalam memulai bisnis handmade. Termasuk identifikasi pasar, berikut merupakan cara memulai bisnis handmade buat kamu yang memiliki tangan-tangan kreatif!

  • Identifikasi pasar

Free Pencils on a Document Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi pasar pastinya penting untuk dimiliki. Contohnya disaat kamu ingin menciptakan suatu produk yang notabene bukan merupakan produk baru atau bisa dibilang merupakan produk yang sudah ada pesaingnya di pasaran, maka kamu harus bisa berpikir jernih dengan mengidentifikasi kekurangan dari produk lain tersebut.

Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu terkait dengan pasaran yang ingin kamu dalami. Selain melengkapi kekurangan dari produk lain, kamu juga bisa ‘tampil beda’ dengan produkmu sendiri sehingga mata orang-orang lebih tertuju dengan produk yang kamu buat. Contohnya kamu juga bisa memanfaatkan sesuatu yang sedang trend menjadi barang kreatifitasmu agar bisa bersaing di pasaran.

  • Lebih Mengenal Audiens

Memulai bisnis handmade

Sumber Gambar : pexels.com

Jika sudah menentukan target pasar, saatnya untuk lebih mengenal lebih dekat tentang apa yang audiensmu mau. Contohnya jika kamu ingin menargetkan anak-anak sebagai sasaran penjualan produk kreatifmu, cari tau apa yang anak-anak tersebut ingin miliki seperti mainan. Dengan begitu, kamu tinggal memutar otak untuk membuat suatu barang kreatif yang berhubungan dengan mainan anak.

Hal tersebut juga berlaku jika kamu ingin menjual berbagai kebutuhan bayi, maka besar kemungkinan target pasar yang sedang kamu cari adalah para orangtua yang baru memiliki anak. Kenali apa saja yang mereka butuhkan seperti selimut bayi, kaos kaki bayi, baju bayi dan segala kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan bayi. Dengan begitu, produkmu akan mudah menarik pelanggan berdatangan.

  • Rencana Dalam Bisnis

Memulai bisnis handmade

Sumber Gambar : pexels.com

Setelah mengetahui tentang bagaimana cara mendekati target pasar dan juga siapa saja target pasar yang menjadi sasaran dari produkmu, kini saatnya buat kamu untuk memikirkan prospek dari bisnis yang sedang kamu jalani. Selain melakukan promosi terhadap suatu produk, kamu juga harus mengembangkan usahamu agar tidak hanya bergantung pada satu sumber penghasilan saja.

Perencanaan dalam melakukan promosi untuk event-event tertentu juga harus kamu perhitungkan untung ruginya, jangan sampai lebih banyak kerugian daripada laba yang kamu terima sementara nggak ada keuntungan dalam hal lain yang kamu terima. Kamu juga perlu mengembangkan bisnismu, entah itu dengan menjadi suatu bidang usaha yang lebih professional atau juga memproduksi barang baru.

Selain itu, kamu juga wajib mempersiapkan bisnismu agar tidak jatuh ketika terdapat produk-produk baru yang bisa mengancam eksistensi dari produk yang kamu produksi. Di sini, kamu juga perlu melakukan perencanaan agar produkmu tetap menarik dengan kembali melakukan identifikasi pasar dan menindaklanjuti saran ataupun kritikan  untuk produkmu agar kamu tidak kehilangan daya jual.

Dengan begini, pastinya kamu semakin ingin mengasah kemampuan dari tangan kreatif kamu kan? Selain itu, kesadaran untuk memanfaatkan potensi besar yang kamu punya melalui tangan-tangan kreatif yang kamu miliki tentunya sudah kamu dapatkan dengan membaca ulasan ini. Jadi, tunggu apa lagi? Segera maksimalkan potensi besar dari kreatifitas yang kamu miliki ya Genks!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil