Arsitektur & Interior

Menarik! 4 Desain Restoran Dengan Konsep Material Ramah Lingkungan

Ijen-interiors-29-img_2653-HyfrBJRIBB-92f61aa5

Saat ini banyak restoran tidak hanya menyajikan hidangan yang nikmat saja, namun memberikan  konsep desain menarik dan memperhatikan dampak dari lingkungan. Di, Indonesia sudah terdapat beberapa restoran yang menerapkan konsep penggunaan material ramah lingkungan. Banyak manfaat yang didapatkan dalam penggunaan material ramah lingkungan tersebut yaitu mengurangi limbah untuk melestarikan lingkungan, meningkatkan kualitas kesehatan serta menunjang produktivitas pengguna. Berikut 4 desain restoran di Indonesia yang mengusung konsep ramah lingkungan dari bahan material bekas:

1. Ijen

Sumber gambar : designboom.com

Restoran yang berlokasi di Jl. Petitenget Seminyak, Bali ini menerapkan konsep bebas limbah. Dari segi struktur bangunan dan perabot restoran ini memanfaatkan berbagai macam material bekas barang yang dapat di daur ulang. Bagian lantai bahan yang digunakan berupa pecahan gelas, pecahan piring dengan campuran semen yang dapat dikatakan seperti tampilan gaya teraso pada umumnya. Tidak kala menarik pada bagian dinding restoran menampilkan penggunaan jendela-jendela tua sebagai dekorasi sehingga memperkuat kesan estetik pada bangunan ini.

Sumber gambar : designboom.com

Desain meja dan kursi restoran sangat menarik perhatian, penggabungan material kayu jenis mersawa dan busa warna-warni dapat dijadikan perabot pengisi ruang dengan tampilan mewah.

Sumber Gambar : designboom.com

Tidak hanya itu, peralatan makan yang digunakan seperti piring terbuat dari porselen yang dikombinasi dengan pecahan botol kaca bekas dibentuk dengan kualitas keamanan dan kebersihan yang terjamin.

Sumber Gambar : designboom.com

Ada juga tempat lilin terbuat dari potongan botol kaca bekas yang sangat berguna dan dibutuhkan untuk restoran yang menyajikan hidangan seafood.

Sumber gambar : dineandwinebali.com

Hampir seluruh bangunan restoran ini menerapkan material ramah lingkungan dan restoran ini menawarkan keindahan pantai dengan konsep terbuka dan sentuhan bahan-bahan alam yang dapat menjadi alternatif konsep restoran.

2. Mutia Garden

Sumber gambar : instagram.com/jimchan9939

Restoran yang satu ini tergolong masih baru berada di Jl. Cut Mutia dan menjadi tempat favorit orang-orang di kota Medan. Mengusung konsep ramah lingkungan dengan penggunaan material strukur bambu secara dominan menjadikan restoran ini tampak megah dan bernilai estetika tinggi.

Sumber gambar : instagram.com/jimchan9939

Mutia Graden merupakan restoran bambu terbesar di Indonesia. Tidak hanya dari sisi eksterior dan interior restoran ini yang keren, namun penataan restoran ini membuat anda ketika berkunjung merasakan ketenangan dan kenyamanan pada saat berada di lokasi ini.

Sumber gambar : instagram.com/jimchan9939

Restoran ini cukup luas dan memiliki 2 area yaitu area indoor dan outdoor. Pemandangan yang disajikan di area outdoor tidak kalah menariknya dengan area indoor. Area outdoor dikelilingi oleh taman layaknya seperti berada di pedesaan.

Sumber gambar : instagram.com/jimchan9939

Sedangkan area indoor ditampilkan kekokohan bambu dengan dekorasi pendukung seperti lampu gantung bambu yang dapat menjadi pelengkap dekorasi di area tengah restoran.

Sumber gambar : instagram.com/jimchan9939

Penataan restoran ini cukup teratur dan dilengkapi fasilitas untuk mengadakan atau merayakan acara penting dengan orang-orang terdekat. Setiap desain yang diaplikasikan pada restoran sangat menarik perhatian masyarakat Medan dan juga para wisatawan yang berdatangan dan mengabadikan momen bersama.

3. Soto Rahayu Mulia

Sumber gambar : instagram.com/einstein_architects

Orang Indonesia tidak asing lagi dengan makanan tradisional satu ini yaitu soto. Restoran ini menyediakan bermacam-macam menu soto, dengan bahan-bahan pilihan yang berkualitas. Tidak hanya dari konsep makanan saja yang menarik, namun konsep interior juga tidak kalah menarik perhatian. Restoran yang berada di Jl. Raya Pajajaran Bogor, Jawa Barat.

Sumber gambar : instagram.com/einstein_architects

Mengusung konsep bangunan menyatu dengan alam. Dengan memaksimalkan bukaan di area indoor dan outdoor membuat restoran tampak lebih luas. Menerapkan sistem hemat energi dengan memaksimalkan penggunaan pencahayaan dan udara alami pada siang hari.

Sumber gambar : instagram.com/einstein_architects

Dari sisi Interior lain yang ditonjolkan yaitu penggunaan material ramah lingkungan seperti rotan, kayu, bata, terrazzo dan terracotta. Kombinasi warna-warna yang diterapkan seperti kuning, biru, hijau menghidupkan suasana interior bangunan restoran.

Sumber gambar : instagram.com/einstein_architects

Dekorasi lampu gantung, tanaman hijau serta mural memperkuat nuansa tradisional. Tentunya restoran ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, sehingga anda bersama teman, kerabat dekat, maupun keluarga dapat menikmati hidangan yang disajikan dengan suasana konsep tempat yang nyaman dan menarik.

4 .Openaire

Sumber gambar : instagram.com/semarangprojects

Di kota Semarang tentunya banyak muncul restoran baru yang menawarkan konsep menarik.  Salah satu tempat yang diminati warga Semarang yaitu openaire resto bar market yang berlokasi di Jalan Marina Raya. Restoran ini mengusung konsep alam modern dengan nuansa taman yang dapat membuat daya tarik para pengunjung. Terdapat area indoor dan area outdoor yang menyuguhkan suasana berbeda.

Material Ramah Lingkungan

Sumber gambar : instagram.com/omndutsukamakan

Ketika memasuki area indoor restoran, para pengunjung disambut dengan banyaknya tanaman hijau mengelilingi ruangan sehingga terasa sejuk dan asri. Permainan warna pada area dinding, material kayu pada perabot, serta batu-batu alam mampu memperkuat konsep yang diterapkan dan suasana menjadi nyaman. Selain itu, terdapat banyak bukaan sehingga dapat memaksimalkan pencahayaan dan penghawaan alami yang masuk ke area indoor.

Material Ramah Lingkungan

Sumber gambar : instagram.com/openaire.smg

Pada area outdoor pun menyajikan suasana yang tidak kalah menarik yaitu menikmati sunset dengan alunan musik dan tanaman hijau di sekeliling.

Material Ramah Lingkungan

Sumber gambar : Google.com

Tempat yang luas menjadikan restoran ini menyediakan berbagai macam fasilitas salah satunya spot belanja yang menjual berbagai produk UMKM kota Semarang.

Material Ramah Lingkungan

Sumber gambar: instagram.com/catatancafe.id

Tidak hanya warga Semarang yang tertarik untuk mendatangi restoran ini, banyak orang dari berbagai daerah berbondong-bondong datang ke Semarang untuk dapat menikamti hidangan, keindahan dan keunikan konsep interior restoran ini. Tempat ini bisa menjadi salah satu rekomendasi bagi banyak orang ketika ingin menikmati liburan bersama kerabat, teman maupun keluarga dengan nyaman.

Nah, itulah beberapa restoran yang menerapkan konsep material ramah lingkungan sungguh menarik bukan?

Penulis : Anne Tjahjono (Mahasiswa Prodi Desain Interior, Universitas Kristen Petra Surabaya)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

4 Desain Interior Japandi untuk Inspirasi Gaya Hunian

Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect