Arsitektur & Interior

Kamu Punya Hobi Mengoleksi Barang? Ini Tips Untuk Menata Barang Koleksi

Mengoleksi Barang

Mengoleksi barang sudah menjadi hobi yang sangat umum di tengah masyarakat saat ini. Kok bisa ? Karena mengoleksi sangat menyenangkan dan terbilang mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Berbicara tentang hobi mengoleksi, banyak orang otomatis berfikir hanya barang antik dengan harga mahal dan berharga yang dapat dikoleksi, nyatanya apapun barang yang ada di bumi bisa untuk dikoleksi lho. Selain proses mengumpulkan yang menyenangkan, barang koleksi seperti time travel machine yang bisa membuat kolektornya nostalgia. Nah, tetapi banyak kolektor yang belum menyimpan dan menata barang koleksi dengan baik sehingga terlihat seperti penimbun barang.

Buat kalian yang ingin menampilkan koleksi tapi bingung bagaimana caranya, yuk simak beberapa ide menarik untuk menjadikan koleksi berharga kalian lebih dari sekedar barang pengumpul debu.

Berdasarkan Warna

Ide yang pertama yaitu sesuai dengan warna. Pengaturan bentuk display koleksi dapat diurutkan sesuai dengan skema warna maupun pengumpulan tiap kategori warna. Setiap kombinasi dari roda warna yang digunakan juga mempengaruhi nuansa dan estetika di area tersebut lho. Jika masih bingung, gunakan warna pelangi, seperti pilihan Elsie Larson untuk menampilkan koleksi gelas di area makannya.

Gunakan Etalase Kustom

Menata Barang Koleksi

Sumber: pinterest.com

Untuk kolektor yang memiliki koleksi dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, ini salah satu ide yang bisa digunakan untuk menampilkan koleksi. Penggunaan etalase kustom artinya membuat tempat khusus yang ukuran dan bentuknya telah disesuaikan dengan koleksi. Penggunaan metode ini membuat tampilan koleksi terlihat rapi dan presisi dengan showcase.

Menyebar Setiap Sudut Ruang

Menata Barang Koleksi

Sumber: founterior.com

Berbeda dengan dua ide display sebelumnya yang menyatukan barang koleksi pada satu area, ide display ini justru menyebarkan koleksi di setiap sudut area. Cara ini menjadi salah satu solusi bagi kolektor yang tidak memiliki area khusus untuk menampilkan koleksinya. Tetapi justru ide tampilan koleksi ini dapat memberikan nilai lebih lho. Selain sebagai barang koleksi, koleksi yang diletakkan menyebar juga dapat digunakan sebagai pemanis pada area tersebut.

Menata Barang Koleksi

Sumber: founterior.com

Seperti halnya penyanyi hip-hop Pharrell William dalam mendekorasi penthousenya di Miami, Florida. Pelantun “Happy” tersebut mendekorasi tiap area dengan pop art collection miliknya. Patung mainan karya Brian Donnelly atau lebih dikenal sebagai Kaws terlihat menghiasi ruang keluarga dan balkon lantai dua. Di area lain, Pharrell juga meletakkan koleksi patung mainan Baby Milo.

Baca Juga :   Terrazzo, Indah dan Awet Namun Ramah Dengan Kantong!

Gunakan Wadah Transparan

Sumber: pinterest.com

Selanjutnya yaitu penggunaan tempat penyimpanan transparan untuk menampilkan koleksi. Tempat penyimpanan yang di maksud dapat berupa toples, gelas, vas atau apapun yang memiliki bahan transparan.  Ide untuk menampilkan koleksi dengan meletakkan dalamwadah transparan membuat koleksi terlihat spesial. Penempatan koleksi juga mempengaruhi keseluruhan tampilannya lho.

Sumber: createandbarrel.com

Jika ingin membuat koleksi tampak lebih berharga maka bisa menempatkan satu barang pada setiap wadah, namun jika ingin tampilan yang lebih menarik maka dapat meletakkan beberapa koleksi dalam satu wadah. Selain itu, penyusunan yang direpetisi dapat menciptakan karya seni yang mempercantik ruang.  Seperti contohnya yang dilakukan oleh Danielle Kurtz dalam menampilkan bola karet biasa menjadi suatu karya seni yang menarik.

Ruang Khusus

Sumber: pinterest.com

Terlansir dari hisandhersmag.co.uk , menghabiskan waktu dengan dikelilingi oleh barang-barang favorit dapat meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan. Jika hobi mengoleksi sudah menjadi gaya hidup kalian maka koleksi tersebut tentu membutuhkan ruang khusus untuk menyimpan dan menampilkannya agar dapat bertahan dalam waktu yang lama. Menyusun koleksi juga menjadi salah satu alasan kolektor menyukai hobi ini, selain itu menyusun koleksi juga merupakan salah satu cara untuk melepas stress.

Sumber: dezeen.com

Dengan adanya ruang khusus, maka semua koleksi dapat terlihat dan kolektor  mendapatkan kepuasan tersendiri ketika dikelilingi dengan koleksi yang membuatnya bahagia. Tampilan koleksi dapat juga divariasikan, seperti karya desainer Onion, Arisara Chaktranon, yang merancang display koleksi be@rbrick pada cabinet bertingkat yang diisi dengan tangga dan miniatur tangga untuk membuat tampilan koleksi terlihat seperti rumah beruang.

Nah, sudah ada beberapa ide untuk menampilkan koleksi kalian supaya terlihat rapi dan menarik. Sekarang tentukan mana yang paling sesuai dan paling membuat kalian bahagia ketika melihatnya. Happy collecting!

Penulis: Yoanna Listiyani ( Mahasiswa Prodi Desain Interior, Universitas Kristen Petra)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Apa Aja Sih, Yang Dibutuhkan Ruang Podcast Supaya Tampil Menarik dan Profesional

Arsitektur & Interior

6 Alasan Serat Daun Nanas Jadi Potensi Besar di Produk Interior Rumah Tinggal

Arsitektur & Interior

Tips Interior Rumah Kekinian Untuk Generasi Muda

Arsitektur & Interior

Neon Room Estetik, Suasana Kamar Instagramable dengan Neon Flex

Leave a Reply

Your email address will not be published.